Jumat, 18 Jun 2021 09:33
  • Home
  • Politik
  • Edy Rahmayadi Tawarkan 7 Proyek Prioritas untuk Investor Singapura

Indonesia Investment Day 2020

Edy Rahmayadi Tawarkan 7 Proyek Prioritas untuk Investor Singapura

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Rabu, 26 Agu 2020 00:56
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut/ Veri Ardian
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menawarkan tujuh proyek prioritas sebagai peluang investasi kepada para investor Singapura. Ketujuh proyek terdiri dari satu sektor pariwisata yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yakni Kaldera Toba.

Enam proyek lainnya merupakan sektor infrastruktur yakni Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke, Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang terintegrasi dengan KEK Seimangke, Kawasan Industri Kuala Tanjung, Jalur Kereta Api Siantar-Parapat, LRT Mebidang, dan Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center.

Penawaran ini dipresentasikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam kegiatan Indonesia Investment Day (IID) 2020 North Sumatera melalui konferensi video, Selasa (25/8), dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Jalan Balai Kota Nomor 4 Kesawan Medan. Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pula peluncuran website North Sumatera Invest (NSI) sebagai bank data potensi Sumut.

"Kami sadar bahwa investasi adalah kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi setiap daerah. Maka, kami senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambut para calon investor, baik dari sisi ketersediaan data potensi investasi maupun regulasi kemudahan dan insentif, serta ketersediaan SDM sebagai tenaga kerja yang terampil dan profesional," ujar Edy.

Menyikapi situasi ekonomi di masa pandemi, kata Edy, Pemprov Sumut telah melakukan refocusing anggaran sebanyak Rp1,5 triliun dan saat ini telah memasuki tahap kedua. Dimana sebanyak Rp117 miliar dialokasikan untuk penanganan dampak ekonomi.

"Tak bisa dipungkiri, kondisi perekonomian dunia saat ini melemah. Namun, langkah-langkah antisipatif selalu kami persiapkan. Mudah-mudahan, kita optimis keadaan akan segera membaik," harapnya.

Edy memandang positif pelaksanaan IID secara virtual sebagai salah satu upaya untuk bangkit di masa pandemi. "Jika tahun-tahun sebelumnya diselenggarakan secara tatap muka, maka ini artinya pandemi tidak boleh menghalangi kita untuk terus tumbuh. Terima kasih untuk seluruh pihak yang memungkinkan event ini terselenggara," pungkas Edy.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya mengatakan bahwa IID merupakan program unggulan bersifat tahunan KBRI Singapura sejak tahun 2018. Tahun ini, IID dilaksanakan secara virtual melibatkan ratusan investor Singapura dan 11 provinsi di Indonesia Sumut, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau dan Sulawesi Selatan.

"Sumut merupakan provinsi ketiga yang melakukan showcase (memamerkan) potensi daerah setelah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Menyusul tujuh provinsi lainnya yang akan berlangsung hingga Oktober. IID kita harapkan mampu menjembatani dan memudahkan para investor menjajaki proyek-proyek pembangunan di daerah Indonesia untuk dikerjasamakan," ungkap Ngurah Swajaya.

IID 2020, lanjut Ngurah Swajaya, akan ditindaklanjuti dengan virtual meeting atau membuat permintaan pertemuan virtual antara investor yang memiliki minat untuk menanamkan modal dengan penanggung jawab proyek.

"Kita harapkan IID 2020 melahirkan penandatanganan bisnis dan kerja sama antara investor Singapura dan Pemda yang terlibat," tutupnya.

Adapun beberapa rangkaian acara IID 2020 North Sumatera adalah pengenalan beberapa proyek oleh penanggung jawab yakni Kaldera Toba oleh Kepala BPODT Arie Prasetyo, Rusunawa oleh Kepala Dinas PKP Sumut Ida Mariana, Jalur Kereta Api Siantar-Parapat dan LRT Mebidang oleh Kepala Dinas Perhubungan Sumut Abdul Haris Lubis.

Acara diawali dengan menyaksikan video sambutan Gubernur BI Pusat Perry Warjiyo dan Kepala BKPM Bahlil Lahadia, dilanjutkan dengan tanya jawab antara investor dan penanggung jawab proyek, foto bersama dan diakhiri dengan acara puncak peluncuran website NSI oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Wiwiek Sisto Widayat, Kepala Bappeda Sumut Hasmirizal Lubis dan Kepala Dinas PM-PTSP Sumut Arief Trinugroho.
Editor: Herda

T#g:Edy RahmayadiinvestasiSingapurainvestor
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Jun 2021 08:17

    Gubsu Edy Rahmayadi Tekankan Pentingnya Peningkatan SDM Masyarakat Paluta

    Dalam rangka kunker ke Padang Lawas Utara, Gubernur Edy mengatakan bahwa kemajuan suatu bangsa dimasa depan ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusianya (SDM) dan bukan oleh melimpahnya Sumber Daya

  • Selasa, 15 Jun 2021 22:25

    Ayah Mertua Ijeck Meninggal Dunia

    Suasana duka menyelimuti keluarga besar Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah. Setelah meninggalnya ayah mertua Wagub Musa Rajekshah (Ijeck) atau ayah kandung istrinya Sri Ayu M

  • Rabu, 09 Jun 2021 20:29

    Menparekraf Sandi Kunjungi Desa Wisata Paloh Naga, Edy Rahmayadi: Pariwisata Tulang Punggung Ekonomi Daerah

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, bersama dengan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, mengunjungi salah satu destinasi

  • Selasa, 08 Jun 2021 18:08

    Gubernur Edy Rahmayadi Resmikan Masjid Silaturrahim di Binjai Timur

    Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, bersama Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah, MAP, meresmikan Masjid Silaturrahim, yang beralamat di Jalan Dr Wahidin, tepatnya di lingkungan IX Kelurahan Sumber Mu

  • Sabtu, 05 Jun 2021 05:05

    Dit Reskrimsus Polda Kepri OTT Oknum ASN Terkait Ekspor Udang ke Singapura

    Tersangka Inisial WD yang merupakan ASN di Stasiun Karantina Ikan Pengendali Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Batam (SKIPM) diamankan oleh Dit Reskrimsus atas tindak Pidana Korupsi pada kegiatan Eksp

  • Selasa, 01 Jun 2021 13:01

    Gubernur Edy Rahmayadi Gandeng Forum CSR Sumut Sinkronkan Program Pemerintah

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi optimis taraf hidup masyarakat akan meningkat apabila seluruh pihak terkait bersinergi. Untuk itu, Gubernur menggandeng Forum Corporate Social Responsibil

  • Jumat, 28 Mei 2021 10:28

    Edy Rahmayadi Sambut Baik Perayaan Waisak Permabudhi, Mohon Maaf Tak Bisa Hadir

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut baik perayaan Waisak yang akan digelar Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Sumut pada 30 Mei 2020 di Kota Medan. Diharapkan perayaan ter

  • Jumat, 21 Mei 2021 22:21

    Edy Rahmayadi Sambut Baik Kunjungan Imam Palestina Syech Mahmoud

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima dan menyambut baik kunjungan Syech Mahmoud Mohammed Abd Ell-al, Imam Masjid Palestina di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman Nomor

  • Selasa, 18 Mei 2021 05:18

    Gubernur Edy Sidak Usai Libur Lebaran

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Senin (17/5).

  • Kamis, 06 Mei 2021 20:16

    Responsif tanggapi keluhan Bobby, Korwil I GMKI: Fungsi koordinasi adalah tugas Gubernur

    Protes Walikota Medan Walikota Medan Bobby Nasution kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang tidak mengkoordinasikan lokasi isolasi atau karantina dalam penanganan WNI tiba dari luar

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak