Sabtu, 30 Mei 2020 03:00
  • Home
  • Pendidikan
  • Ilyas Sitorus Dampingi Stuart Weston Cek Implementasi Program PINTAR Tanoto Foundation

Ilyas Sitorus Dampingi Stuart Weston Cek Implementasi Program PINTAR Tanoto Foundation

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Jumat, 08 Nov 2019 20:18
Istimewa
Setelah satu tahun Tanoto Foundation melakukan kegiatan dan pendampingan terhadap Modul 1, Stuart Weston (Technical Adviser Basic Education) melakukan kunjungan dan langsung melihat proses pembelajaran di SDN 013871 dan SMP Negeri 1 Sei Suka Kabupaten Batu Bara.

Hal tersebut dikatakan Plt Kadisdik Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus saat mendampingi Tim Tanoto Foundation di SD Negeri 013871 Sei Suka, Jumat, (8/11/2019).

Ilyas menambahkan bahwa tim melihat implementasi hasil pelatihan yang diperoleh dari Program PINTAR yang dilakukan oleh guru kepada peserta didiknya. Sudah bagaimana Penerapan konsep MIKIR (Mengalami, Komunikasi dan Interaksi serta Refleksi) dalam penyampaian materi yang diajarkan kepada peserta didiknya. Demikian juga dalam hal pengaturan tempat duduk harus memperhatikan MIA (Mobilitas, Interaksi dan akses) serta Pajangan harus bisa menjadi MASUK (Mobilitas, Apresiasi, Sumber belajar, Umpan balik, Komunikasi).

"Di samping hal tersebut di atas, kunjungan juga dilakukan interaksi antara guru dan siswa tentang proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Tim Tanoto Foundation yang dimotori Stuart Weston melihat kinerja Kepala sekolah dalam penerapan MBS, seperti kegiatan Paguyuban Kelas di SMP dan Pembangunan Mushola di SD Melalui peran serta masyarakat," ujar ncekli safaan akrab Plt Kadisdik Batu Bara ini.


Di tempat yang sama Yusri Nasution, selaku Provincial Coordinator Sumatera Utara dan Bobby Widanto, selaku District Coordinator mengharapkan dari hasil kunjungan ke sekolah ini menjadi acuan bagi tim Tanoto Foundation dalam menentukan standar kualitas program dan akan menjadikan sekolah di Batu Bara menjadi lokasi studi banding bagi Kabupaten baru yang menjadi Mitra Tanoto.

Di akhir kunjungan, Stuart Weston mengatakan, "Saya atas nama Tim sangat senang dan berterima kasih kepada semua pihak yang ikut dalam menyukseskan program ini (Dinas Pendidikan, Pengawas, Kepala Sekokah, Guru dan Orangtua serta Siswa)."


"Selaku Mitra Tanoto Foundation, saya memberikan apresiasi setelah melihat proses pembelajaran yang sedang berlangsung, saya melihat interaksi antara siswa dan guru begitu menyenangkan sehingga proses pembelajaran berlangsung ceria. Siswa aktif dalam kelompok dan pajangan dinding saya lihat adalah hasil karya siswa- siswa dan ini sangat menyenangkan", ujar Stuart Weston selaku Technical Adviser Basic Education.

Menurut Stuart, setelah melihat implementasi hasil pelatihan yang Tanoto Foundation berikan dengan Program PINTAR-nya, sehingga para guru dengan penerapan konsep MIKIR (Mengalami, Komunikasi dan Interaksi serta Refleksi) dalam penyampaian materi yang diajarkan kepada siswa termasuk pengaturan tempat duduk sudah memperhatikan MIA (Mobilitas, Interaksi dan akses.) begitu juga pajangan kami lihat di dalam kelas kelas sudah menjadi MASUK ( Mobilitas, Apresiasi, Sumber belajar, Umpan balik, Komunikasi).

"Kami juga melihat dan menyaksikan program kerja Kepada Sekolah dalam peneraban MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Semua ini sangat membanggakan kami dan tentunya kita semua. Kedepan sekolah-sekolah Mitra kami yang ada di Batu Bara akan kami jadikan sebagai tempat belajar mitra-mitra baru Tanoto Foundation, "ujar Stuart dan mengakhiri perbincangan singkatnya dengan awak media di lokasi sekolah.

Hadir dalam acara tersebut selain Plt Kadisdik Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus, Tim Tanoto Foundation yang terdiri dari Stuart Weston Technical Adviser Basic Education, Yusri Nasution Provincial Coordinator Sumatera Utara, Tarwiyah Training Spesialist, Bobby Widanto District Coordinator, Kepala SDN 013871 Sei Suka Sri Siswati, Ka. SMPN 1 Sei Suka Sugito, Staf Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud RI Erni Malik dan Franky.
Editor: Ade

T#g:Ilyas SitorusSekolahTanoto Foundation
Berita Terkait
  • Jumat, 29 Mei 2020 16:19

    Transisi Menuju New Normal, Gubernur Edy Belum Izinkan Siswa ke Sekolah

    Sumatera Utara (Sumut) memasuki masa transisi, setelah status tanggap darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19 berakhir 29 Mei 2020, sesuai SK Gubernur Sumut Nomor 188.44/174/KPTS/2020. Pemerint

  • Rabu, 13 Mei 2020 11:13

    Google dan Kemendikbud bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi bantu para pengajar tetap online

    Mengajar dari rumah sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi jutaan pengajar, namun biaya yang diperlukan untuk bisa online semakin lama bisa terasa berat.

  • Rabu, 15 Apr 2020 15:45

    Google luncurkan situs "Mengajar dari Rumah" dalam bahasa Indonesia

    Menyediakan alat dan referensi untuk pembelajaran jarak jauh bagi para pengajar dan siswa

  • Minggu, 12 Apr 2020 10:42

    Jabar Perpanjang PBM di Rumah hingga 27 April

    Provinsi Jabar melalui Dinas Pendidikan (Disdik) memperpanjang waktu pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) di rumah hingga 27 April 2020, dengan memperhatikan perkembangan kondisi terkini penyebar

  • Kamis, 02 Apr 2020 07:32

    Pemkab Asahan Perpanjang Kebijakan Siswa Belajar Di Rumah Hingga 22 April 2020

    Kebijakan belajar mengajar di rumah masing-masing dengan metode jarak jauh (daring) di Kabupaten Asahan diperpanjang hingga tanggal 22 April 2020.

  • Sabtu, 28 Mar 2020 20:28

    Di Medan, Belajar Dari Rumah Diperpanjang Sampai 29 Mei 2020

    Mengantisipasi dan upaya preventif menyikapi penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19), serta menjaga sekaligus melindungi masyarakat Kota Medan dari virus berbahaya tersebut, Pelaksana tugas (Plt) W

  • Rabu, 04 Mar 2020 16:14

    Ilyas Sitorus Wajib Laksanakan Perintah Bupati Zahir

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus wajib melaksanakan atas perintah atasannya, yaitu Bupati Zahir. Ilyas Sitorus mengatakan, bahwa Bupati Zahir mendengar, bahwa masih ada s

  • Selasa, 03 Mar 2020 10:03

    Polres Sergai Laksanakan Program Police Go To School

    Polres Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan Program Police Go To School Tahun 2020, Senin (2/3/2020).Kegiatan dipimpin Kasat Sabhara AKP Abdul Rahman, SH, MH dan anggota menjadi inspektur upacara di

  • Kamis, 27 Feb 2020 17:07

    Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batu Bara Hadiri Rakonas PPKD Jakarta

    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ilyas Sitorus, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kebudayaan di Grand Sahid Jaya Jakarta, mulai Tanggal 26 sampai 29 Februari 2020. Kaba

  • Kamis, 13 Feb 2020 22:13

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Bagikan Seragam Sekolah

    Melalui program "Pandawa Peduli", Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad menggelar kegiatan bhakti sosial dengan membagikan seragam sekolah kepada pelajar di SMP Negeri Erambu, Distrik Sota, Ka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak