Minggu, 13 Jun 2021 03:36
  • Home
  • Pemilukada
  • Perselisihan Hasil Pilkada Medan 2020 Selesai, KPU segera tetapkan Calon Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

Perselisihan Hasil Pilkada Medan 2020 Selesai, KPU segera tetapkan Calon Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Senin, 15 Feb 2021 14:55
Istimewa
Dr. Faisal SH. M.Hum Kuasa Hukum KPU Medan dan Komisioner KPU Kota Medan usai mengikuti sidang daring Mahkamah Konstitusi di Jakarta.
Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan Perkara No 41/PHP.KOT-XIX/2021 gugur. Berkaitan dengan hal tersebut, Dr. Faisal SH. M.Hum selaku Kuasa Hukum KPU Medan, usai mengikuti sidang daring Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Senin (15/2/2021), menyatakan bahwa pihaknya menghormati setiap langkah dan tindakan konstitusional yang dilakukan oleh peserta pemilihan. 

"Termasuk sikap pasangan calon nomor urut 1 Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi selaku peserta pemilihan walikota dan wakil walikota Medan tahun 2020 yang menyampaikan permohonan pembatalan keputusan rekapitulasi hasil pemilihan ke mahkamah konstitusi pada tanggal 18 Desember 2020 lalu," tuturnya.

Menurut Faisal, sebagai muara akhir pemilihan yang dibenarkan oleh UU nomor 1 tahun 2015 tentang pemilihan kepala daerah tentu sikap tersebut patut dihormati. Apalagi Mahkamah Konstitusi melalui peraturannya baik No 6 tentang tata cara penyelesaian sengketa maupun Peraturan nomor 8 tahun 2020 tentang tahapan dan jadwal penyelesain perselisihan telah membuat aturan yang seimbang. 

"Tujuan aturan tersebut dibuat tak lain agar semua pihak yang beperkara memiliki kesempatan yang adil dan sama. Soal terdapat pihak yang tidak mempergunakan seluruh kesempatan secara maksimal yang telah diberikan oleh Mahkamah, tentu kami tak memiliki kapasitas untuk mengomentari itu," ungkapnya.


Namun yang pasti, lanjut Faisal, pasangan calon nomor urut 1 (satu) telah menyampaikan permohonan pembatalan beserta dalil-dalilnya. Demikian juga Komisi Pemilihan Umum Kota Medan juga telah menyampaikan jawaban kepada Mahkamah berdasarkan fakta yang ada.

Hari ini 15 Februari 2021 dipimpin oleh ketua MK Anwar Usman melalui sidang pleno, telah membuat suatu ketetapan bahwa perkara register no 41/PHP.KOT-XIX/2021 atau permohonan perkara perselisihan hasil pemilihan walikota dan wakil walikota Medan tahun 2020 dinyatakan gugur, dengan terlebih dahulu mempertimbangkan bunyi pasal 37 peraturan MK No 6 tahun 2020. 

"Karena itu dengan demikian kami bersyukur perkara tersebut telah dianggap selesai, dan sekaligus bermohon kiranya semua pihak terkhusus warga kota Medan dapat menerima keputusan mahkamah," ucap Dr. Faisal SH. M.Hum selaku Kuasa Hukum KPU Medan.

Terpisah, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Medan Zefrizal menyampaikan bahwa berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan dan jadwal pemilihan serta Surat Dinas KPU No 135 tahun 2021, bahwa 5 (lima) hari setelah mahkamah memutuskan permohonan dinyatakan gugur/ditolak, maka KPU Kabupaten/Kota harus menetapkan calon terpilih.

"Untuk kepastian penetapan calon terpilih di tanggal berapa? Insya'allah besok melalui pleno internal KPU Medan akan bicarakan," pungkasnya.


Editor: Budi

T#g:MKPilkada Medan
Berita Terkait
  • Jumat, 11 Jun 2021 19:11

    Wali Kota Medan Terapkan Sistem Digitalisasi Untuk Menutup Peluang Korupsi

    Pemko Medan terus berupaya menutup peluang korupsi di lingkungan Pemko Medan, salah satunya dengan menerapkan sistem digitalisasi di berbagai sektor yang dianggap rawan terjadinya tindakan korupsi.Hal

  • Jumat, 11 Jun 2021 09:21

    Dialog Interaktif TVRI Nasional "Indonesia Bicara", Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

    Siapa yang tak kenal dengan #BanggaBuatanIndonesia? Salah satu upaya dari Indonesia untuk senantiasa mendorong perkembangan perekonomian dengan mempromosikan karya anak bangsa.Oleh karena itu, untuk m

  • Kamis, 10 Jun 2021 20:20

    Tim Kementerian Kominfo Evaluasi Program Smart City Pemko Medan

    Tim Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika melakukan tinjauan lapangan (field evaluation) secara dalam jaringan (daring) ke Pemko Medan, Kamis (10/6/2021).S

  • Kamis, 10 Jun 2021 21:20

    Sekda Medan Ikuti Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Kelembagaan

    Sekda Medan, Ir. Wiriya Alrahman, M.M., mengikuti Sosialisasi Peraturan Perundangundangan Bidang Kelembagaan yang digelar Kementerian Dalam Negeri secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (lur

  • Kamis, 10 Jun 2021 15:00

    LSM BARAAPI Indonesia Tuding Anggaran Di Dinas Pariwisata Kota Medan TA 2020 Sarat Mark Up

    Ada dugaan penyimpangan atau mark-up beberapa kegiatan di Dinas Pariwisata Kota Medan. Nilai kegiatan tersebut mencapai empat miliar rupiah lebih.Dugaan itu diungkap Direktur Lembaga Swadaya Masyaraka

  • Senin, 07 Jun 2021 20:07

    Walikota Medan Terima Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Sumut

    Anggota DPRD Provinsi Sumut memberikan apresiasi terhadap lima program prioritas Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, SE., MM. Menurut anggota dewan, program yang telah ditetapkan tersebut dapat membawa perubahan untuk kota Medan.

  • Senin, 07 Jun 2021 19:57

    Wali Kota Medan Sampaikan Nota Pengantar Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020

    Pemko Medan tahun ini meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Tahun 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Utara.

  • Senin, 07 Jun 2021 16:57

    GMKI Pematangsiantar- Simalungun Sukses Adakan Kegiatan MAPPER

    GMKI Cabang Pematangsiantar- Simalungun telah selesai adakan kegitan Masa Perkenalan Dan persekutuan (MAPPER) di Aula SDN 122373 Kota Pematangsiantar, tanggal 6-7 Mei 2021.

  • Sabtu, 05 Jun 2021 19:15

    Pemko Binjai Percepat Program Vaksinisasi Covid-19, Hari Ini Sasar Guru dan Tenaga Pendidik

    Upaya percepatan target penerima Vaksinasi di Kota Binjai terus dilakukan. Hari ini, sebanyak 1.000 penerima vaksin dilakukan dengan sasaran Guru dan tenaga pendidik yang dilaksanakan di Gedung Olahra

  • Sabtu, 05 Jun 2021 18:05

    Sampaikan 4 Poin Evaluasi 100 Hari Kerja Boby-Aulia, GMKI Medan: Kurangi sensasi Fokus Kerja

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan menyampaikan 4 poin evaluasi terhadap 100 hari kerja kepemimpinan Bobby-Aulia sebagai Walikota dan Wakil Walikota Medan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak