Sabtu, 15 Mei 2021 08:19
  • Home
  • Pemilukada
  • Gubernur Edy Rahmayadi Minta KPU, Bawaslu, Polri dan TNI Tegas

Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Suara Ulang (PSU)

Gubernur Edy Rahmayadi Minta KPU, Bawaslu, Polri dan TNI Tegas

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sohibul
Sabtu, 17 Apr 2021 08:17
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Edy Rahmayadi
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta kepada penyelenggara Pemilihan Suara Ulang (PSU) dan pihak terkait lainnya agar bertindak tegas dalam menjalankan tugas. Ketegasan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polri dan TNI menentukan kesuksesan PSU di Sumut.

Ada tiga kabupaten yang akan melakukan PSU di Sumut pada 24 April 2021, yaitu Kabupaten Mandailingnatal, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan. Di Mandailingnatal ada tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilakukan PSU, Labuhanbatu ada 9 TPS dan Labuhanbatu Selatan 16 TPS.

"Di Labuhanbatu dan Labusel ini cukup banyak PSU, jadi kita perlu mewaspadainya. Butuh ketegasan dan profesionalitas dari KPU, Bawaslu, Polri dan TNI agar demokrasi di tiga daerah tersebut berjalan dengan baik. Kita tidak ingin hal-hal yang negatif mencederai demokrasi di Sumut," kata Edy Rahmayadi usai rapat evaluasi PSU Pilkada Serentak Tahun 2020 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Jumat (16/4).


Selain itu, Edy Rahmayadi juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk mengawal jalannya PSU di tiga kabupaten tersebut, bekerja sama dengan KPU, Bawaslu, Polri dan TNI, bila menemukan pelanggaran. Dia juga meminta kepada masyarakat di ketiga daerah tersebut agar dewasa dalam berdemokrasi.

"Masyarakat saya harap lebih dewasa dalam berdemokrasi. Ini memilih kepala daerah yang akan memimpin daerah tersebut beberapa tahun ke depan, masa depan daerah tersebut ada di tangan orang yang kalian pilih," tegas Edy.

Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan mengatakan hal lain yang patut diperhatikan pada PSU kali ini adalah politik uang (money politic). Menurutnya, karena PSU diselenggarakan di bulan Ramadan money politic dengan kedok kegiatan sosial bisa dijadikan upaya paslon untuk mendulang suara.


Bawaslu juga memiliki perhatian khusus untuk PSU di kawasan PT Torganda, karena perkebunan ini berada di dua kabupaten yaitu Rokan Hulu, Riau dan Labusel, Sumut. PSU juga dilakukan di area PT Torganda Kabupaten Rokan Hulu karena MK menilai adanya mobilisasi pemilih.

"Penyelenggaraannya bertepatan dengan Bulan Puasa dan di bulan ini tentu banyak kegiatan sosial seperti sedekah, sumbangan dan lainnya. Terkait TPS di PT Torganda, di kabupaten Rokan Hulu mereka terlebih dahulu melakukan PSU, tanggal 21 April dan kita tanggal 24 April, jadi kita harus mewaspadai ini," terang Syafrida.

PSU Sumut juga menjadi perhatian khusus Polda Sumut, menurut keterangan Karo Ops Polda Sumut Makmur Ginting, pihaknya telah menurunkan pasukan terbaiknya di tiga daerah tersebut. Selanjutnya, Polda akan mengerahkan Brimob untuk pengawalan hingga PSU selesai.


"Kita sudah kirim anggota terbaik kita untuk mengawal ini, dua Kombes, satu AKBP dan satu Kompol. Selanjutnya kita akan kirim Brimob dan pasukan terbaik karena ini menjadi perhatian kita bersama. Kita tidak ingin ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada proses PSU ini," kata Ginting.

Turut hadir Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin, Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto, Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang dan Bupati Labusel Alfi Syahriza. Selain itu juga hadir Forkopimda ketiga daerah yang menyelenggarakan PSU, dan OPD terkait.
Editor: Herda

T#g:PSUPolri
Berita Terkait
  • Selasa, 11 Mei 2021 15:41

    OTT Bupati Nganjuk Wujud Sinergitas KPK dan Polri

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Bareskrim Polri bersinergi melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dalam kasus suap jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nganjuk.

  • Sabtu, 08 Mei 2021 14:48

    100 Hari Kerja Kapolri Dinilai Memiliki Semangat Kepolisian yang Demokratis

    Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat sebagai Kapolri selama 100 hari kerja pada 8 Mei 2021. Ia resmi dilantik sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu pada 27 Januari 2021 lalu.

  • Selasa, 04 Mei 2021 20:34

    Kapolri Pastikan Dukung Program Pembangunan Infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan dukungan terkait dengan pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), dalam rangka mewujudkan cita-cita program pemerintah untuk penguatan ruang digital di seluruh Indonesia.

  • Jumat, 30 Apr 2021 07:30

    Sinergitas TNI-Polri Untuk Rakyat

    TNI-Polri di wilayah Tanjung Balai bersama Rakyat dan Umat Lintas Agama berbagi Takjil di sepanjang jalan Mesjid No.1 Kota Tanjungbalai, Kamis (29/4/2021) petang. Ketua penyelenggara kegiatan ini

  • Senin, 26 Apr 2021 17:26

    Lauching SP2HP Online, Kapolri: Semoga Tidak Ada Lagi Sumbatan Komunikasi

    Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melaunching SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) dan e-PPNS berbasis online di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/4/2021).

  • Minggu, 25 Apr 2021 07:35

    Polres Pematang Siantar Terima Kunker Tim Asistensi & Supervisi Mabes Polri

    Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK menerima kunjungan Kerja (Kunker) Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri Dalam Rangka Operasi Kontijensi Aman Nusa II Penanganan Covid-19

  • Sabtu, 24 Apr 2021 19:14

    Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Cek Pelaksanaan PSU di Kabupaten Labusel

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. RZ Panca Putra S MSi dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin SIP MM melakukan pengecekan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sabtu (24/04/2021).

  • Rabu, 21 Apr 2021 20:21

    Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Gelaran Vaksinasi di Bali

    Di tengah Pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini, tentunya Bali juga terkena dampak dari pandemi tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan keseriusan dari setiap pihak terkait untuk bersama-s

  • Rabu, 21 Apr 2021 14:41

    Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Dukung Penuh PSU 3 Kabupaten Dengan Jaminan Keamanan

    Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, mendukung penuh pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang) Pilkada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan.

  • Rabu, 21 Apr 2021 09:51

    Tokoh Agama dan Masyarakat Dukung PSU di Labuhanbatu, Labusel dan Madina

    Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Mandailing Natal (Madina) pada 24 April 2021 mendapat dukungan penuh dari tokoh agama dan masyarakat.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak