Rabu, 28 Jul 2021 01:14
  • Home
  • Pemilukada
  • Dandim 0209/LB Dinginkan Kapolres Labuhanbatu Saat Marah Di PSU TPS 09

Dandim 0209/LB Dinginkan Kapolres Labuhanbatu Saat Marah Di PSU TPS 09

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Minggu, 20 Jun 2021 10:10
Istimewa
Dandim 0209/LB Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, S.E.M.Tr (Han) sempat mendinginkan emosi Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K., M.H saat marah di lokasi pemungutan suara ulang (PSU) d itempat pemungutan suara (TPS) 09 di kelurahan Bakaran Batu kecamatan Rantau Selatan kabupaten Labuhanbatu, Sabtu kemarin (19/6/2021).

Kemarahan yang ditunjukan Kapolres Labuhanbatu bukan tanpa sebab, hal itu dikarenakan banyaknya orang yang tidak berkepentingan berkerumun di lokasi PSU tempat pemungutan suara ulang (TPS) 09.

Tindakan tersebut dengan mengusir orang-orang yang tidak berkepentingan berada di TPS untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan dan demi terciptanya pemungutan suara ulang (PSU) yang aman dan kondusif, karena keamanan PSU kali ini menjadi tanggung jawab sepenuhnya Polres Labuhanbatu dibantu institusi TNI dalam hal ini Kodim 0209/LB.

Usai Kapolres Labuhanbatu marah dengan mengusir orang yang tidak berkepentingan, sigap para personil yang bertugas di lokasi PSU mengiring orang-orang dimaksud keluar dari lokasi PSU dan diantaranya para awak media yang sedang melakukan tugas jurnalistik.

Mendapati Kapolres Labuhanbatu yang sedang marah dengan mengusir orang-orang yang tidak berkepentingan di lokasi PSU, Dandim 0209/LB yang saat itu turut serta mendampingi langsung mendinginkan AKBP Deni Kurniawan, dengan mengatakan "Wartawan itu bang", ucap Dandim 0209/LB saat itu.

Setelah lokasi steril, Dandim 0209/LB dan Kapolres Labuhanbatu tampak berbincang-bincang, sempat tersorot kamera mimik wajah Kapolres Labuhanbatu terlihat tidak tegang lagi, meskipun tertutup dengan masker yang dipakainya.

Intensitas PSU di kabupaten Labuhanbatu memang sedikit memanas, karena PSU ini berlangsung untuk kali kedua dan kandidat yang bersaing hanya dua paslon yakni paslon Erik Atrada Ritonga- Elya Rosa Siregar (ERA) nomor urut 02 dan paslon Andi Suhaimi Dalimunthe- Faizal Amri Siregar (ASRI) nomot urut 03 yang sama-sama memiliki dukungan dari masing-masing Ormas dan OKP.

Bukan itu saja, pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di kabupaten Labuhanbatu satu-satunya di Republik Indonesia setelah pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020, tentunya ini menjadi sorotan nasional apabila terjadi hal yang tidak di inginkan tongkat Komando Polres Labuhanbatu jadi taruhannya.

Di sisi lain, Amatan awak media di lokasi, saat berlangsungnya pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 09, disaksikan secara langsung oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM dan Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si.

Kedatangan Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut di kabupaten Labuhanbatu yang sedang melaksanakan PSU untuk memastikan pemungutan suara ulang pemilihan kepala daerah kabupaten Labuhanbatu pasca putusan mahkamah konstitusi (MK) berjalan aman damai dan sukses.

Pemungutan suara ulang (PSU) kali kedua ini untuk sementara dimenangkan oleh paslon Erik Atrada Ritonga-Elya Rosa Siregar dengan perolehan suara 440-410, selilih 30 suara untuk dua TPS.

Berikut ini rincian perolehan suara dua Paslon tersebut, Erik Atrada Ritonga-Elya Rosa Siregar, di TPS 07, 220 suara, Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar 237 suara, selisih 17 suara.

Sementara itu perolehan suara kedua kandidat di TPS 09, Erik Atrada Ritonga-Elya Rosa Siregar, 220 suara dan Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar 173 suara, selisih 47.

Terdata untuk TPS 07 suara terbanyak dimenangkan paslon ASRI sedangkan untuk TPS 09 dimenangkan paslon ERA.

Adapun jumlah pemilih PSU jilid II di TPS 07, sebanyak 529 pemilih sedangkan di TPS 09, sebanyak 413 pemilih dan total pemilih di dua TPS tersebut sebanyak 942 pemilih. Suara sah di TPS 07 sebanyak 457 dan di TPS 09 sebanyak 393, total keseluruhannya 850 suara sah, serta 7 suara tidak sah sebanyak.

Informasi dirangkum awak media, hingga berita ini diterbitkan redaksi, situasi keamanan di wilayah kabupaten Labuhanbatu pasca PSU jilid II aman dan kondusif.
Editor: Budi

T#g:Pilkada Labuhanbatu
Berita Terkait
  • Sabtu, 19 Jun 2021 22:49

    Kapolda Sumut: PSU di Labuhanbatu Berjalan Aman dan Kondusif

    Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak MSi dan Pangdam I / Bukut Barisan meninjau langsung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) jilid II Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Sabtu (19/6

  • Jumat, 18 Jun 2021 08:28

    Jelang PSU Pilkada Labuhanbatu, Polsek Kualuh Hulu Lakukan OPS Yustisi

    Personil Polsek Kualuh Hulu melakukan Razia dan Ops Yustisi penyekatan terhadap pengguna jalan yang keluar masuk di Wilayah Polsek Kualuh Hulu dengan sasaran kelompok Masyarakat, OKP, dan Ormas lainny

  • Senin, 14 Jun 2021 06:14

    Jelang PSU Jilid II Pilkada Labuhanbatu Paslon ASRI Diterpa Fitnah Dan Berita Hoaks

    Pemilihan kepala daerah (Pilkada atau Pemilukada) dilakukan secara langsung oleh penduduk daerah administratif setempat yang memenuhi syarat. Pemilihan kepala daerah dilakukan satu paket bersama denga

  • Minggu, 13 Jun 2021 00:53

    PSU Jilid II, KPU Dan Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Harus Profesional Dan Netral

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Labuhanbatu selaku penyelenggara Pilkada Labuhanbatu akan penggelar PSU (Pemungutan Suara Ulang) Jilid II di dua Tempat Pemungutan Suara yakni di TPS 007 d

  • Jumat, 04 Jun 2021 22:44

    KPU Sumut Hanya Melakukan Supervisi Pada Penyelenggaraan PSU Jilid 2 Pilkada Labuhanbatu

    Terkait penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Jilid 2 Pilkada Kabupaten Labuhanbatu di TPS 007 dan TPS 009 di Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan berdasarkan keputusan sela Mahkamah

  • Jumat, 04 Jun 2021 15:04

    KPU Labuhanbatu Akan Selenggarakan PSU Jilid 2 Gunakan Sisa Anggaran Yang Ada

    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu, Wahyudi tegaskan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua TPS yakni TPS 007 dan TPS 009 di Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau S

  • Kamis, 03 Jun 2021 21:33

    Mahkamah Konstitusi Putuskan PSU Jilid 2 Pilkada Labuhanbatu, Bukti Penyelenggara Tidak Profesional

    Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar lanjutan sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Serentak Tahun 2020 Pasca Pemungutan Suara Ulang (PSU) 24 April 2021 dengan nomor 141/PHP.BUP-XIX/

  • Minggu, 30 Mei 2021 20:50

    KPU Labuhanbatu Hadirkan Alat Bukti Surat Di MK Salahi Ketentuan

    Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Labuhanbatu dalam mengambil alat bukti dari dalam kotak suara tidak melibatkan saksi paslon nomor urut 03 H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T dan Faizal

  • Sabtu, 22 Mei 2021 08:32

    Pakar Hukum Dr. Surya Perdana, SH, Mhum : PSU Pilkada Kabupaten Labuhanbatu 2020 Batal Demi Hukum

    Dr. Surya Perdana, SH, MHum Dosen fakultas Hukum dan Dosen Pascasarjana Univesitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengatakan, Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bu

  • Sabtu, 22 Mei 2021 08:32

    MK Batalkan Putusan KPU Labuhanbatu Tentang Penetapan Calon Bupati-Wakil Bupati Terpilih Pasca PSU

    Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan Surat Keputusan KPU Labuhanbatu Nomor: 70/ PL 02/Kpt/1210/KPU-Kab/V/1210 Tentang Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pada Pemilihan B

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak