Jumat, 24 Sep 2021 21:27
  • Home
  • Opini
  • Staf Ahli Gubsu, Gunakan Keahliannya

Staf Ahli Gubsu, Gunakan Keahliannya

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Osriel Limbong, Direktur Sumut Institute
Senin, 09 Sep 2019 09:09
Istimewa
Osriel Limbong
Masa pemerintahan Gubernur Sumatera Utara sudah lewat 1 tahun, namun gubernur masih aja sibuk dengan menjawab statemen-statemen, atau argumentasi yang lebih banyak berbau politik, sehingga program kerja yang dicanangkan dalam visi dan misinya ketika kampanye, dan pidato sambutan ketika dilantik jadi Gubernur Sumut, hingga saat ini tidak ada mengindikasikan ke arah yang dimaksud.

Dan kita juga melihat di APBD 2019 penyerapan anggaran utk kegiatan pembangunan serapannya rendah baru 58.66%, sementara di tahun 2019 sudah masuk triwulan 4 berjalan atau tahun anggaran baru akan masuk, yaitu RAPBD 2020, sementara RPAPBD tahun 2019 masih polemik antara eksekutif dan legislatif.

Kondisi dan permasalahan yang ada di Pemprovsu, kita melihat belum dimaksimalkannya fungsi dan kedudukan Staf Ahli Gubernur Sumut oleh Gubernur, sehingga program kerja sudah ditetapkan lewat ABPD tahun 2019, tidak dapat berjalan dengan lancar, sebab gubernur masih konsern pada pejabat teknis yaitu eselon 2 di tiap SKPD, pada hal jika itupun diproses dengan baik tentunya penyerapan anggaran sudah maksimal, namun hal tersebut tidak juga.


Untuk kita ketahui bersama bahwa, kedudukan dan fungsi staf ahli telah diatur pada Permendagri No. 134 tahun 2018, diperkuat oleh Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016, salah satunya, bahwa staf ahli bekerja berdasarkan keahliannya, sesuai yang diatur pada BAB II Pasal 3 di ayat 1 dan 2 yaitu, Kepala Daerah dalam menjalankan tugasnya dapat dibantu oleh Staf Ahli, dan staf ahli dapat ditugaskan mewakili kepala daerah di forum-forum resmi, baik ilmiah, koordinasi kab/kota dan lain-lainnya.

Berdasarkan struktur organisasi di Pemprovsu, bidang keahlian hanya 3 bidang, namun sifat pengabungannya sangat kompleks, sehingga kita meragukan kemampuan seorang staf ahli dalam memahami, mengaktualisasikan bidangnya, sehingga terkesan posisi staf ahli merupakan eselon 2 tempat buangan, pada hal di Permendagri tahun 2018 jelas dikatakan bahwa rekruitmen staf ahli adalah PNS karier sebab lewat proses lelang.


Salah satu sukses program dan sukses penyerapan anggaran dapat ditunjang dengan kinerja staf ahli Gubsu, namun jika tidak diberdayakan fungsinya, maka lamban proses kinerja Setiap OPD, dimana staf Ahli secara tugas dan kedudukannya dikoordinir oleh Sekretariat Daerah, yang artinya program kerja yang dimanage secara administrasi dapat dikerjakan atau didelegasikan ke staf ahli. Sehingga target dan perencanaan pembangunan dapat dilaksanakan secara maksimal dan terukur. Menurut saya, Sekda dan staf ahli adalah thing tank (tim pemikir dan perencanaan) kepala daerah yang dapat dipertanggung jawabkan, jika didudukkan berdasarkan keahlian seorang PNS di bidangnya.

Akhirnya kita berharap Gubsu dapat mencermati hal tersebut di atas, sehingga di APBD 2020 dan seterusnya di periode kepemimpinan Gubernur Pak Edy Ramahyadi dapat diemban oleh beliau, sehingga masyarakat Sumut dapat merasakan program pembangunan yang diatur dalam APBD Sumut. 
Editor: Sam

T#g:GubsuOsriel LimbongStaf Ahli
Berita Terkait
  • Selasa, 20 Jul 2021 15:30

    Medan Belum Capai Target Vaksinasi, Skema Jemput Bola?

    Kasus penyebaran terpapar covid-19 di Indonesia semakin melonjak naik dan kasus kematian juga, hal ini disebabkan beberapa Indikator yaitu, semakin lemahnya masyarakat menegakkan disiplin Protokol Kes

  • Selasa, 20 Jul 2021 13:30

    Gubernur dan Wagub Sumut Laksanakan Salat Iduladha di Rumah

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah melaksanakan Salat Iduladha 1442 H di rumah. Hal ini sesuai anjuran pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI)

  • Rabu, 09 Jun 2021 16:29

    Sumut Institut Nilai Bobby Paham Soal Pengelolaan Sampah PD. Pasar Jadi Potensi Pendapatan

    Pengelolaan Perusahan Daerah (PD) Pasar Kota Medan di era kepemimpinan Bobby - Aulia, harus memberikan perubahan yang sangat signifikan, baik secara manajemen, penerimaan retribusi, pelayanan fasilita

  • Rabu, 19 Mei 2021 01:19

    Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Edy Instruksikan Tutup Hiburan Malam

    Usai libur Idulfitri tahun 2021 terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Sumut. Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Gubernur Sumut menginstruksikan kepada Bupati/Walikota untuk melakukan pengetatan Prokes, termasuk menutup hiburan malam.

  • Rabu, 21 Apr 2021 19:41

    Ketua Harian DPD KNPI Sumut Dukung langkah Wagubsu

    Langkah yang dilakukan oleh Wagubsu Musa Rajekshah yang melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Kesehatan Sumut dinilai sudah tepat.

  • Rabu, 24 Mar 2021 22:54

    Perhimpunan Pergerakan 98 Sarankan Bupati Samosir Perkuat BUMdes Wisata

    Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Samosir, Vandiko Timotius Gultom - Martua Sitanggang, disarankan menyerahkan pengelolaan tempat wisata desa di Samosir kepada Badan Usaha Milik Desa atau BUM

  • Minggu, 13 Des 2020 17:20

    Wagub Sumut resmikan Mesjid H Sudirman, di Binjai Utara

    Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, atau akrab disapa Ijek, Minggu( 13/12) meresmikan Mesjid H Sudirman, yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Nangka, Kecamatan Binjai Utara.P

  • Kamis, 26 Nov 2020 00:26

    Wagub Sampaikan Pentingnya Jaga Persatuan dan Kekompakan

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri tausiah dan Salat Subuh berjemaah di Masjid Agung Sibolga, Jalan S Parman, Kelurahan Pasar Belakang Sibolga, Rabu (25/11). 

  • Minggu, 22 Nov 2020 20:22

    Musa Rajekshah Berpesan Selalu Menjaga dan Mempererat Ukhuwah Islamiyah

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) sekaligus Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumut Musa Rajekshah melantik Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Simalungun masa bakti 2020-2025, Mi

  • Jumat, 18 Sep 2020 11:38

    Kuliah Perdana Magister Poltekpar Medan

    Selain keindahan Danau Toba yang mendunia, masih banyak objek wisata di Sumatera Utara (Sumut) yang potensial untuk dikembangkan dan menarik wisatawan. Diharapkan lulusan maupun mahasiswa yang saat in

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak