Rabu, 27 Jan 2021 17:03
  • Home
  • Opini
  • RUU BPIP Menangkal Ancaman Ideologi Berbahaya

RUU BPIP Menangkal Ancaman Ideologi Berbahaya

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Raavi Ramadhan )*
Senin, 23 Nov 2020 02:23
Istimewa
Pancasila
Pemerintah sedang merancang RUU BPIP yang mengatur tentang Pancasila dan lembaga BPIP. Awalnya masyarakat heran mengapa pancasila perlu dibikinkan Undang-Undang. Namun kini mereka paham bahwa RUU ini sangat penting sebagai pelindungan bagi Pancasila.

RUU BPIP sedang dibuat agar posisi Pancasila dan lembaga BPIP makin kokoh. Sebagai dasar negara, Pancasila memang tak tergantikan. Namun selama ini Pancasila hanya dilindungi oleh peraturan presiden.

Untuk lebih memperkokoh lagi posisinya, maka diperlukan payung hukum yang lebih kuat, yakni dengan membuat rancangan undang-undang.

Jika Pancasila dilindungi oleh Undang-Undang, maka tempatnya makin mantap. Karena jika hanya ada peraturan presiden tentang Pancasila, dikhawatirkan akan ada perubahan ideologi negara. Jika suatu saat presidennya ganti dan ia berbuat curang dengan mengganti dasar negara. Maka diperlukan sebuah UU untuk melindunginya dari perbuatan jelek itu.

Ideologi negara adalah suatu hal yang sangat krusial, karena sebagai prinsip dasar Indonesia. Menurut Muradi, guru besar Universitas Padjajaran, RUU BPIP diperlukan sebagai panduan untuk menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa. Jangan sampai ideologi ini diracuni oleh paham lain dan bahkan mendapat pengaruh dari kaum radikal.


Melindungi ideologi Pancasila sangat penting karena saat ini rawan ada pengaruh dari para oknum. Sudah jelas Indonesia adalah negara demokrasi, namun mereka ngotot ingin mengubahnya jadi negara syariah. Padahal kita hidup di masyarakat yang heterogen, sehingga tidak bisa mengubah ideologi negara seenaknya sendiri.

Sejak era reformasi, masyarakat memang bebas berpendapat tapi sayangnya ada yang ngawur dan meminta ideolog Indonesia diubah. Setelah ada serangan dari pihak yang ingin mengubah jadi negara khalifah, maka ada pula yang ngotot ingin jadikan negeri ini komunis.

Hal ini sangat berbahaya karena paham komunis menyelusup tak hanya di masyarakat tapi sampai ke sekolah. Kaum muda bahkan mengibarkan bendera palu arit sebagai bentuk perlawanan terhadap pemerintah yang mereka anggap zalim. Padahal mereka sama sekali tak mengetahui sejarah dari gambar yang ada dalam bendera tersebut.

Dengan adanya RUU BPIP maka hal ini bisa dicegah, karena ia meningkatkan nasionalisme dan kecintaan pada Pancasila. Masyarakat akan diajak lagi untuk menghayati Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan taat beribadah dan rajin bantu sesama. Apalagi saat ini masih pandemi sehingga kepedulian masyarakat ditingkatkan untuk menolong yang membutuhkan.

Selain mengatur tentang kedudukan Pancasila, maka RUU BPIP juga melindungi BPIP sebagai lembaga yang melestarikan Pancasila. BPIP adalah lembaga negara yang sudah lama sekali berdiri, bahkan sejak orde baru. Namun bukan berarti RUU ini mengajak Indonesia untuk bernostalgia dengan orde baru. Karena eranya jelas berbeda.


BPIP jaman dulu memang mengatur tentang Pancasila dan membuat penataran P4 bagi tiap pegawai dan mahasiswa. Namun sekarang tentu ada cara lain untuk mensosialisasikan Pancasila. Misalnya melalui media sosial untuk membidik kaum muda. Karena cara ini akan lebih efektif dalam mempromosikan rasa nasionalisme dan cinta Pancasila.

Jika pancasila terus disosialisasikan pada masyarakat maka tidak hanya dihafal di lisan, tapi juga meresap sampai ke hati. Banyak orang akan melakukan sila-sila dalam Pancasila dengan senang hati. Sehingga kehidupan bermasyarakat akan lebih tenang dan damai, karena semua orang saling menghormati.

RUU BPIP sangat penting untuk memperkuat posisi Pancasila sebagai dasar negara. Payung hukumnya akan lebih kuat, sehingga tidak ada yang bisa mengubah ideologi Indonesia. Selain itu, dengan memperkuat lembaga BPIP, akan ada usaha baru dalam melestarikan Pancasila dan menanamkan cinta tanah air.

)* Penulis adalah kontributor Lingkar Pers dan Mahasiswa Cikini
Editor: Iman

T#g:BPIPRUU
Berita Terkait
  • Senin, 05 Okt 2020 05:05

    Rencana Mogok Massal Buruh Tak Mendapat Simpati

    Tanggal 6-8 Oktober 2020, buruh akan melakukan mogok kerja secara massal. Alasannya karena mereka menolak RUU Cipta Kerja. Namun sayangnya rencana mogok massal sekaligus demo tidak mendapat simpati. K

  • Rabu, 23 Sep 2020 02:43

    RUU BPIP Membumikan Pancasila

    Pancasila merupakan ideologi tunggal negara. Dengan demikian, diperlukan sebuah undang-undang untuk membumikan Pancasila.Sudah semestinya kita tidak berpolemik lagi terkait dengan Pancasila, karena id

  • Senin, 14 Sep 2020 09:44

    Masyarakat Mendukung RUU BPIP

    Regulasi terkait pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) ke dalam undang-undang dinilai amat penting. Sebab, hal ini merupakan jawaban dari berbagai tantangan ideologis seperti paham komunisme, liberalisme

  • Senin, 31 Agu 2020 21:11

    PP PMKRI Desak Pemerintah dan DPR Sahkan RUU Masyarakat Adat

    Pasca terjadinya penggusuran paksa dan tindakan represif terhadap Masyarakat Adat Besipae, Kabupaten Timur Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, kali ini Masyarakat Adat Kinipan, Lamandau, Kalimantan T

  • Senin, 17 Agu 2020 04:17

    Omnibus Law RUU Cipta Kerja Percepat Pemulihan Ekonomi

    Kondisi Indonesia yang masih di bawah pandemi covid-19 membuat pemerintah membuat peraturan baru. Salah satunya omnibus law RUU Cipta Kerja. Dengan adanya RUU ini maka masyarakat diuntungkan karena me

  • Selasa, 11 Agu 2020 03:11

    RUU BPIP Mendapat Dukungan Masyarakat

    Secara resmi pemerintah telah menarik Rancangan Undang undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dan menggantinya dengan Rancangan Undang undang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Masyarakat pun

  • Minggu, 02 Agu 2020 08:02

    Pasal Kontroversial Tidak Ada di RUU BPIP

    Rancangan Undang-undang Badan Pembina Ideologi Pancasila (RUU BPIP) merupakan payung hukum agar penanaman Pancasila dapat diperkuat. Publik pun meyakini tidak ada pasal kontroversial di RUU BPIP. Prod

  • Senin, 27 Jul 2020 03:27

    Butuh Payung Hukum untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila

    Pemerintah menggodok RUU BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) sebagai payung hukum untuk menanamkan nilai Pancasila. RUU ini berisi tentang fungsi, wewenang, dan struktur BPIP. Namun tidak mengub

  • Jumat, 24 Jul 2020 18:24

    Webinar Komunitas Mikir, 'Habis RUU HIP, Terbitlah RUU BPIP'

    Aktifis mahasiswa di Sumatera Utara masih memantau perkembangan RUU BPIP (Rancangan Undang Undang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) yang diajukan pemerintah ke DPR RI pada tanggal 16 Juli 2020 lalu.

  • Jumat, 17 Jul 2020 20:07

    Elemen buruh di kabupaten Sergai sampaikan aspirasi terkait Omnibus Law via Daring

    Elemen buruh se-kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menyampaikan aspirasinya terhadap pembahasan rancangan undang-undang (RUU) Omnibus Law yang saat ini ramai dibahas di media sosial.Aspirasi ini disam

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak