Sabtu, 06 Mar 2021 18:18
  • Home
  • Opini
  • Masyarakat Adat Papua Dukung Vaksinasi Covid-19

Masyarakat Adat Papua Dukung Vaksinasi Covid-19

Yogyakarta (utamanews.com)
Oleh: Abner Wanggai )*
Senin, 18 Jan 2021 02:18
Internet
Ilustrasi
Vaksinasi corona nasional sudah dimulai di Indonesia, termasuk di Provinsi Papua dan Papua Barat. Masyarakat adat di Bumi Cendrawasih mendukung program ini, agar pandemi segera berakhir. Warga sipil Papua juga diimbau untuk divaksin corona, agar semua orang sehat dan terbentuk herd immunity.

Ketika vaksin corona ditemukan, maka banyak orang yang berharap agar pandemi bisa lekas selesai. Mereka sudah lelah dan jenuh harus work at home dan ingin bekerja di luar rumah. Termasuk juga warga Papua, yang terkena efek pandemi. Mereka ingin kondisi mencekik ini cepat usai, agar perekonomian di Bumi Cendrawasih bisa membaik.

Di Papua, vaksin Sinovac sudah mendarat sejak awal Januari 2021. Namun pelaksanaan vaksinasi baru dimulai di pertengahan bulan, karena menunggu izin EUA dari BPOM dan fatwa halal MUI. Ketika program vaksinasi gelombang 1 sudah dimulai, maka tokoh masyarakat adat Papua mendukung penuh. Karena ia ingin agar warganya sehat dan bebas corona.

Zakarias Horota, Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Domberai, Papua Barat, mendukung vaksinasi di Bumi Cendrawasih. Ia juga menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pemberian vaksin tersebut. Menurutnya, vaksin adalah pilihan sehat untuk hidup di tengah pandemi. Oleh karena itu, semua pihak wajib mendukung vaksinasi di Papua Barat.


Zakarias juga mengingatkan agar semua orang untuk tidak mudah percaya hoax. Tidak mungkin pemerintah mencelakakan masyarakat lewat vaksin, seperti yang dikatakan oleh hoax. Ia percaya pemerintah akan selalu mensejahterakan dan menyehatkan rakyatnya, dan caranya adalah dengan vaksinasi corona nasional.

Memang ada beberapa berita palsu tentang vaksin Sinovac, yang katanya mengandung sel monyet afrika, padahal salah. Juga ada hoax bahwa vaksin ini bisa mengubah DNA manusia, padahal hal itu rumit dan tak bisa dilakukan hanya dengan menyuntik. Hoax paling menggelikan adalah katanya saat disuntik vaksin, jarumnya bisa masuk ke tubuh manusia, padahal salah.

Amatlah menyedihkan ketika hoax vaksin corona juga sudah masuk ke wilayah Papua yang notabena jauh dari ibukota. Di sini memang diperlukan edukasi, tak hanya dari para tenaga medis, namun juga dari tokoh masyarakat seperti Zakarias. Karena ia punya jabatan terhormat dan setiap perbuatannya akan diteladani oleh masyarakat. Sehingga semua warga mau divaksinasi.

Edukasi untuk meluruskan hoax corona sangat diperlukan, karena efek berita palsu ini amat berbahaya. Ketika 1 orang percaya berita palsu, maka akan menyebar ke mana-mana. Akibatnya banyak warga sipil yang tidak mau divaksin, hanya karena hoax yang umumnya beredar di media sosial.


Padahal seharusnya semua orang mau disuntik agar program vaksinasi corona nasional berhasil. Menurut dokter Wiku Adisasmito, Juru Bicara Tim Satgas Penanganan covid, vaksinasi diperlukan untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok). Sehingga ketika semua orang sudah disuntik, tidak ada yang kena corona, karena imunitasnya sangat baik.

Vaksinasi untuk masyarakat di Papua amat penting karena kondisi alamnya yang beda dengan di Jakarta atau Surabaya. Di daerah pedalaman, ada wilayah yang masih berupa pegunungan, dan umumnya transportasi via jalur darat manual alias jalan kaki. Jika mereka kelelahan, imunitasnya menurun. Ketika lalai melepas masker, maka akan mudah tertular corona.

Jika kita ingin pandemi berakhir, maka jalan satu-satunya adalah dengan vaksinasi. Jadi ketika vaksin Sinovac sudah mendarat di Papua, masyarakatnya tinggal menunggu jadwal untuk disuntik. Mereka mau diinjeksi karena sadar bahwa vaksinasi adalah jalan menuju kebebasan, karena tidak ada lagi penularan corona dan pandemi bisa berakhir secepatnya.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Yogyakarta
Editor: Iman

T#g:Tokoh AdatVaksin
Berita Terkait
  • Sabtu, 06 Mar 2021 14:36

    Amir Hamzah tinjau vaksinisasi untuk pelayan publik di kota Binjai

    Pelaksana tugas (Plt) Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, kemarin, Kamis (4/3) meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi tahap II di Dinas Kesehatan, Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur.

  • Jumat, 05 Mar 2021 19:25

    Tokoh Masyarakat di Sumut Dukung Vaksinasi Covid-19

    Para tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) mendukung vaksinasi Covid-19 di Sumut, sebagai upaya penanganan Covid-19 agar cepat berlalu. Hal tersebut terungkap pada sosialisasi vaksinasi Covid-19 yan

  • Kamis, 04 Mar 2021 14:24

    Ketua PGRI Ilyas Sitorus: Keluarga Besar Pendidikan Batu Bara Siap Menerima Vaksin

    Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus didampingi Kepala Puskesmas Lalang dr. Rahmawani Akmal menerima suntikan kedua Vaksin Virus Corona, Kamis (4/3/2021). Penyuntikan vaksin dilakukan oleh Ratna Dewi sela

  • Rabu, 03 Mar 2021 18:23

    Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Mabes TNI

    Dalam rangka mendukung program pemerintah guna upaya percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19, Mabes TNI menggelar kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang ditinjau langsung oleh K

  • Selasa, 02 Mar 2021 19:22

    Bangun Sinergi, Gubernur Edy Rahmayadi Silaturahmi Bersama Insan Pers

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kembali menggelar silaturahmi dengan insan pers di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (2/3) pa

  • Senin, 01 Mar 2021 19:11

    Asren dan Para Pejabat Kogabwilhan I Laksanakan Vaksinasi Tahap Kedua

    Asren Kas Kogabwilhan I Brigjen TNI Bramantyo Andi Susilo beserta para Pejabat Kogabwilhan I melaksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap I Termin ke 2 di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepri Dompak, Tan

  • Senin, 01 Mar 2021 10:51

    Datangi Satgas Covid-19, Plt Walikota Binjai Cek Stok Vaksin

    Dalam 100 hari kerjanya, Plt Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah, melakukan Sidak ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Binjai, Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Senin (1/3)

  • Minggu, 28 Feb 2021 22:48

    Menjadi Contoh Warga, Babinsa Yapen Timur Laksanakan Vaksinasi Covid-19

    Sebagai garda terdepan dalam mensukseskan vaksinasi Covid-19, Babinsa Koramil 1709-02/Yaptim Sertu Yansen Nuboba ikut serta dalam proses pemberian Vaksin Sinovac yang digelar di Gedung Olah Raga PT. S

  • Jumat, 26 Feb 2021 02:26

    Tahap II Vaksinasi Covid-19, Sumut, Lansia dan Pelayan Publik jadi Target

    Orang-orang yang sudah lanjut usia (Lansia) dan para pelayan publik menjadi target Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumatea Utara (Sumut) dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di daerah ini. R

  • Rabu, 24 Feb 2021 19:24

    Sumut Kembali Terima 237.720 Dosis, Awal Maret Petugas Publik dan Lansia Mulai Divaksin

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) kembali menerima vaksin Covid-19 sebanyak 23.772 vial atau 237.720 dosis. Rencananya vaksin ini akan diperuntukkan bagi para petugas publik seperti

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak