Senin, 26 Agu 2019 15:10
  • Home
  • Opini
  • Habib Rizieq Serobot Doa Dalam Pemakaman Mbah Moen, Mau Cari Panggung?

Habib Rizieq Serobot Doa Dalam Pemakaman Mbah Moen, Mau Cari Panggung?

Medan (utamanews.com)
Oleh: Muhammad Zaky, pengamat sosial politik
Selasa, 13 Agu 2019 03:13
@OposisiNasional
Habib Rizieq dan Dubes Indonesia untuk Arab Saudi
Pentolan FPI yang tak pulang- pulang, Habib Rizieq tampak hadir dalam pemakaman salah satu Ulama Kharismatik Asal Indonesia KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen di Al Ma'la Mekah. Dalam jagat media sosial kemudian menyebutkan bahwa Habib Rizieq lah yang memimpin pembacaan doa pemakaman.

Hal tersebut lantas dibantah oleh Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, ia juga menuturkan bahwa Habib Rizieq Shihab telah melakukan penyerobotan doa.

Agus pun tidak menampik bahwa salah seorang yang turut hadir dalam kerumunan tersebut adalah Habib Rizieq, namun ternyata, Habib Rizieq malah berada di lubang makam yang salah. Dirinya juga mengaku melihat Habib Rizieq yang hadir sejak awal dan berkerumun di lubang yang salah.

Ia juga mengaku telah menggotong langsung jenazah Mbah Moen bersama santrinya yang bernama Muhlsin dan KH Syarif Rahmat. Saat jenazah hendak diturunkan ke liang lahat, tampak banyak orang yang ingin berebut untuk dapat menyentuh keranda.

Kemudian terdengar seseorang yang membacakan talkin setelah proses pemakaman Mbah Moen selesai. Setelah itu, Habib Rizieq langsung membacakan doa dengan suara keras.


Tanpa ada rasa malu dan tanpa adanya aba- aba, Habib Rizieq lantas membaca talkin dengan suara yang keras.

Apa yang dilakukan oleh Habib Rizieq disesalkan oleh Agus, dimana tanpa adanya koordinasi membacakan doa di pemakaman Mbah Moen. Menurutnya hal tersebut jelas sangatlah tidak etis.

Dalam suasana berduka, Agus pada dasarnya tidak melarang orang berdoa di makam kiai NU tersebut. Ia memang tidak mempersoalkan ada orang yang berdoa di Makam Mbah Moen, namun bagaimana pun juga ada budaya NU yang sudah semestinya dihormati oleh semua pihak.

Pemakaman tersebut dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Sementara yang memimpin doa adalah Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi Al- Maliki, yang merupakan sosok ulama terkemuka di Mekah.

Ketua MPR Zulkifli Hasan juga sempat memberikan sambutan atas nama rakyat Indonesia, sebelum jenazah dibawa ke Masjidil Haram untuk dishalatkan dan selanjutnya dimakamkan di Ma'la.

Derajat Mbah Moen bisa kita lihat dengan keistimewaan beliau karena bisa dimakamkan di dekat makam istri nabi dan para keluarga serta sahabat. Selama hidupnya Mbah Moen sangatlah menghormati guru- gurunya dan menjaga tali silaturahim dengan keturunan gurunya.


Sebelum wafat beliau bahkan sempat bertemu dan mereka jugalah yang turut membantu proses pemakaman Mbah Moen di Ma'la. Hal ini tentu menunjukkan bahwa Mbah Moen merupakan sosok yang menghormati dan dihormati banyak orang.

Dalam budaya NU, ulama kalau disuruh berdoa masih menerapkan rasa sungkan, dimana yang senior biasanya yang didorong untuk berdoa dan kiai- kiai yang junior mendampingi. Tentu akan menjadi sesuatu yang tidak etis jika ada seseorang main serobot untuk berdoa tanpa izin shahibul bait yang bertanggunjawab mulai dari perizinan hingga pemakaman seorang yang sangat dihormati oleh Umat Islam di Indonesia.

Apa yang dilakukan oleh Habib Rizieq tersebut ternyata banyak diberitakan dan diamplifikasi oleh kawan- kawannya. Seperti apa yang diberitakan oleh CNN dimana pihaknya menurunkan berita kalau Rizieq memimpin doa di pemakaman Mbah Moen.

Berita tersebut tentu akan menimbulkan keheranan, muncul pula asumsi apakah memang Rizeq merasa bahwa dirinya menjadi seseorang yang penting sehingga berulah demikian, atau hal tersebut hanya upaya untuk mencari perhatian publik saja?

Jika aksi Habib Rizieq tersebut disebabkan oleh rasa kangennya untuk dihormati oleh orang lain atau kangen menjadi sorotan, tentu Ia bisa pulang saja ke Indonesia dan menjadi 'raja' bagi para simpatisannya.

Selain itu Habib Rizieq juga dikabarkan salah liang lahat, Agus telah mengkonfirmasinya bahwa Habib Rizieq sempat berdiri di liang yang salah, kemudian pindah tempat dan masuk ke tengah kerumunan ketika menyadarinya.

Agus mengetahui betul nomor liang lahat untuk Kiai panutan tersebut. Menurutnya, makam Mbah Moen dipastikan berada di posisi yang sangat strategs di Kompleks Pemakaman Ma'la.
Editor: Iman

T#g:fpiMbah MoenRizieq Shihab
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Sabtu, 00 Sep 2019 03:09

    Rekonsiliasi tidak dapat dikaitkan dengan hukum tertentu

    Menanggapi rekonsiliasi yang dilakukan Prabowo dan Jokowi, kubu Prabowo meminta agar kepulangan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menjadi salah satu persyaratan rekonsiliasi. Selain itu ku

  • Rabu, 07 Agu 2019 03:07

    Menolak Perpanjangan Izin FPI, Bukan Berarti Islamofobia

    Izin Organisasi Masyarakat (Ormas) FPI sudah kadaluarsa pada 20 Juni 2019 lalu. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menyatakan perpanjangan izin organisasi tersebut

  • Selasa, 30 Jul 2019 03:30

    Ijtima Ulama 4, Acara Sia-Sia Mencari Simpati

    Bertemunya Prabowo dengan Jokowi di MRT jelas masih terngiang di kepala masyarakat Indonesia, bagaimana tidak keduanya seakan bertemu seperti seorang sahabat lama, keduanya tersenyum dan keduanya pun

  • Minggu, 30 Jun 2019 03:30

    Sering Bikin Gaduh, Perpanjangan Izin FPI Sebaiknya Dicabut

    Masifnya penolakan atas perpanjangan izin ormas Front Pembela Islam (FPI), terwujud dalam petisi yang bertajuk "Stop Izin FPI" yang telah ditandatangani lebih dari 310.000 orang pada Jumat 10 Mei 2019

  • Sabtu, 11 Mei 2019 12:11

    Apa Kontribusi FPI Terhadap Negara?

    Front Pembela Islam (FPI), adalah salah satu Ormas yang sering eksis dan mendapatkan sorotan dari berbagai media, bukan karena dakwahnya, namun karena aksinya yang mereka anggap heroik dengan membuat

  • Selasa, 02 Apr 2019 08:02

    Dubes: Habib Rizieq Tebar Fitnah di Kota Suci!

    Agus Maftuh Abegebriel selaku Dubes RI untuk Arab Saudi menyesalkan pernyataan Habib Rizieq yang menyebut Menlu Retno Marsudi menggalang kemenangan untuk Capres 01 Jokowi, kepada staf KJRI Jeddah dan

  • Kamis, 28 Feb 2019 16:38

    Tuding Tabligh Akbar NU Sesat Sambil Acungkan Tanda 2 Jari, 11 FPI Tebingtinggi Tersangka

    Polda Sumut merilis perkembangan peristiwa ricuhnya Tabligh Akbar dalam rangka peringatan Hari Lahir Nahdhatul Ulama (Harlah NU) ke-93 di Lapangan Sri Mersing, kota Tebingtinggi, Rabu (27/2/2019).Kabi

  • Jumat, 22 Feb 2019 15:12

    AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Jurnalis Saat Munajat 212

    Sejumlah jurnalis menjadi korban kekerasan, intimidasi, dan persekusi oleh massa yang menggunakan atribut Front Pembela Islam (FPI).

  • Jumat, 30 Nov 2018 03:30

    Menakar Mentalitas Munarman, Sang Juru Bicara FPI

    Pengacara pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab, Kapitra Ampera menyebut, Juru Bicara FPI, Munarman, tidak berani karena menudingnya dengan kalimat yang dinilai tak jelas. Kapitra menilai tuduha

  • Jumat, 16 Feb 2018 04:46

    Tolak LGBT, Pengurus FPI Jember Silaturahmi Ke Dandim 0824

    Beberapa isu yang menjadi perhatian masyarakat seperti lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT), perzinaan, penodaan agama, hingga kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), bahkan tersebar isu kalau

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak