Minggu, 25 Okt 2020 18:08
  • Home
  • Kesehatan
  • Upaya Menjaga Keselamatan dan Kenyamanan Penumpang Lion Air Group Konsisten Menjalankan  "Proses Perawatan dan Sterilisasi Seluruh Armada"

Upaya Menjaga Keselamatan dan Kenyamanan Penumpang Lion Air Group Konsisten Menjalankan  "Proses Perawatan dan Sterilisasi Seluruh Armada"

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Budi
Kamis, 30 Jul 2020 16:30
Istimewa
Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group Lion Air Group dalam menjalankan setiap operasional penerbangan tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first) dan upaya agar tidak menyebabkan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) selama masa waspada pandemi.

Lion Air Group memiliki keseriusan dalam setiap pelaksanaan operasional penerbangan, memastikan bahwa pesawat kondisi aman dan laik terbang (safe for flight) guna merencanakan dengan tepat persiapan penerbangan (preparation ready for flight).

Dalam mewujudkan hal tersebut, Lion Air Group secara konsisten dan komprehensif melaksanakan semua perawatan pesawat udara antara lain dari tipe Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO, Airbus 320-200NEO, Airbus 330-300CEO, Airbus 330-900NEO, ATR 72-500 dan ATR 72-600 sejalan program pemeliharaan (approved maintenance program).

Perawatan pesawat udara dikerjakan di pusat perawatan pesawat Lion Air Group - Batam Aero Technic dan di bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada. Seluruh prosedur yang dilakukan telah mengikuti aspek keselamatan pengerjaan seluruh tahapan sampai selesai.

Untuk di Base Maintenance Batam Aero Technic, dalam 1 kali maintenance mampu merawat 15 unit yang terdiri dari pesawat berbadan lebar (wide body aircraft) seperti Airbus 330, pesawat berbadan sedang atau kecil (narrow body aircraft), antara lain Boeing 737, Airbus 320, ATR maupun Hawker, meliputi pekerjaan ringan sampai pekerjaan berat, termasuk painting full body pesawat, pembersihan pesawat (aircraft washing), peremajaan interior pesawat, perawatan komponen pesawat dan lainnya.


Lion Air Group telah mengimplementasikan tahapan pengerjaan yang sebagai berikut:

1. Sterilisasi Pesawat

Menyediakan dan melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku, mencakup ruang kokpit, toilet (lavatory), dapur (galley), kompartemen bagasi, meja lipat pada kursi, sandaran kursi, penutup kursi bagian kepala (head cover), penutup jendela dan dinding kabin, karpet, ruang kargo di bagian bawah kabin pesawat dan lainnya.

2. Kebersihan Pesawat Udara dan Peralatan Pendukung

Peningkatan kegiatan kebersihan pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC), seperti pencucian dan membersihkan (lap) badan pesawat. Selain itu, kebersihan diberlakukan untuk peralatan pendukung seperti kendaraan pendorong pesawat (pushback car), bus penghubung (neoplane), tangga masuk pesawat untuk penumpang dan kargo, kendaraan pengangkut barang dan kargo.

3. Pengecekan dan Pemeliharaan Komponen Pesawat

Pemeriksaan dan perawatan kinerja (performa) secara komprehensif dari seluruh komponen pesawat udara, yaitu pada mesin (preservation engine), perangkat tambahan daya (auxiliary power unit), navigasi, perlatan komunikasi, hiburan dalam penerbangan (inflight entertainment), fasilitas pesawat dan lainnya yang terkait.

Lion Air Group melakukan proses pengecekan sistem sirkulasi udara pada kabin, termasuk HEPA (High Efficiency Particulate Air) filter yang digunakan sebagai alat penyaring sirkulasi udara. Ketika melakukan proses tersebut, petugas telah diberikan pengetahuan mengenai keselamatan dan telah melakukan tes kesehatan.

4. Pengecekan Pesawat Cadangan

Perawatan khusus untuk pesawat yang dipersiapkan sebagai cadangan (standby), sesuai ketentuan dari pembuat pesawat yang dikenal dengan prolong inspection.

Dari faktor sumber daya manusia, Lion Air Group tetap menjalankan program wajib pelatihan (mandatory training) bagi teknisi tetap berjalan salah satunya menggunakan pembelajaran berbasis elektronik (e-learning), antara lain fokus pada safety management system (SMS), faktor utama pada diri dalam bekerja (human factor) serta penguatan dan penyegaran kembali mengenai standar operasional prosedur (SOP).

Dalam tindakan pengerjaan dimaksud, seluruh teknisi dan tim pelaksana terkait tetap peningkatan dari SOP dalam menjalankan protokol kesehatan, yakni mencuci dan membersihkan tangan, pengecekan suhu badan, penggunaan masker, sarung tangan, perlengkapan keamanan (safety equipment), sterlilisasi tempat kerja dan lainnya sebagai upayaguna tindakan preventif dengan mengutamakan kesehatan.

Lion Air Group menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan standar prosedur operasi perusahaan serta ketentuan internasional.
Editor: Yaya

T#g: Covid-19 Covid 19Lion Air Group
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 25 Okt 2020 13:35

    Sempat Diserang Preman Saat Operasi Satgas Covid-19 Mebidang Tetap Intens Tegakkan Protokol Kesehatan

    Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Medan - Binjai - Deli Serdang (Mebidang) terus menegakkan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat. Walau sempat mendapat serangan dari para preman, intensitas pen

  • Kamis, 22 Okt 2020 20:12

    Ini Kronologis Penyerangan Preman Ke Satgas Covid-19 Sumut

    Satgas Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) diserang saat melakukan operasi yustisi protokol kesehatan Covid-19 di Komplek Brayan Trade Centre, Jalan Serbaguna Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli K

  • Senin, 19 Okt 2020 21:19

    Angka Kesembuhan Covid-19 Sumut Capai 80,42%

    Angka kesembuhan Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus membaik. Hingga, Senin (19/10), angka kesembuhan mencapai 80,42%, atau meningkat 3,6 poin dibandingkan dengan minggu lalu 76,82%.Hal

  • Senin, 19 Okt 2020 17:39

    Tekan Laju Perkembangan, Gugus Tugas Covid 19 Kab. Jember Terus Lakukan Operasi, Tingkatkan Kedisiplinan Masyarakat

    Dalam rangka meningkatkan pendisiplinan masyarakat  untukselalu mematuhi protokol kesehatan, operasi yustisi pendisiplinanmasyarakat terus dilakukan,  baik di tingkat Kabupaten maupunditingk

  • Minggu, 18 Okt 2020 16:18

    Masih Langgar Protokol Kesehatan Satgas Covid-19 Mebidang Tutup Hiburan Malam di Capital Building

    Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Medan - Binjai - Deli Serdang (Mebidang) menutup sementara tempat hiburan malam di Capital Building, Jalan Putri Hijau Nomor 1A Medan. Langkah ini diambil Satgas Covid-1

  • Sabtu, 17 Okt 2020 17:47

    Informasi Lonjakan Angka Tertular Covid-19 Di Taput Bantu Warga Lebih Disiplin

    Dalam beberapa minggu ini pada bulan Oktober 2020, lonjakan penderita Covid-19 di Taput (Tapanuli Utara) provinsi Sumatera Utara, naik secara drastis.Dari pantauan laman satuan tugas percepatan penang

  • Rabu, 14 Okt 2020 23:44

    Minimnya Informasi Korban Meninggal Positif Covid-19 di Taput

    Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Provinsi Sumut, dr. Tonny Lumbantobing, M.Kes (56) Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Kabid Yankes), meninggal dunia pada Rabu,(14/10) siang. B

  • Rabu, 14 Okt 2020 10:14

    Edy Rahmayadi: Angka Covid-19 Sumut Terus Membaik

    Angka perkembangan kasus Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) terus membaik. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten/Kota diminta terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan menjalankan peraturan kepala

  • Senin, 12 Okt 2020 22:02

    Angka Sembuh Covid-19 di Kabupaten Sergai Meningkat

    Bertambah banyaknya warga Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang dinyatakan sembuh dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menjadi kabar baik di minggu kedua bulan Oktober.Seperti yang disampaikan

  • Senin, 12 Okt 2020 22:12

    Angka Kesembuhan Covid-19 Sumut Sudah Setara Nasional

    Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) menyatakan bahwa angka kesembuhan Covid-19 di daerah ini sudah mencapai 76,82%. Angka kesembuhan tersebut sudah setara dengan angka kes

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak