Kamis, 22 Agu 2019 17:18
  • Home
  • Kesehatan
  • Babinsa Rambigundam Kodim 0824/Jember Dampingi Pelakanaan PSN

Guna Meningkatkan Kesehatan Masyarakat,

Babinsa Rambigundam Kodim 0824/Jember Dampingi Pelakanaan PSN

Jember (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Jumat, 21 Jun 2019 23:21
Siswandi
Penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mudah mewabah di suatu wilayah, karena penyakit tersebut disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti, yang banyak bersarang di tandon air, bak mandi dan tempat-tempat air lainnya, terutama yang terbuka yang berada di rumah-rumah kita.

Dengan kondisi kerawanan tersebut sehingga Dinas Kesehatan Kab Jember melalui Puskesmas, Bidan Desa dengan Posyandu bersinergi dengan pihak terkait termasuk Bintara Pembina Desa (Babinsa) secara periodik melakukan pemeriksaan ke rumah-rumah untuk memberantas perkembang biakan nyamuk aedes aegypti tersebut.


Seperti yang dilakukan di Desa Rambigundam yang dilaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) oleh Petugas Puskesmas 14 orang, Kader Posyandu 10 orang, Kepala Desa Rambigundam Mansyur yang hadir bersama 5 orang perangkatnya serta Babinsa Rambigundam Serka Sismadi. Pelaksanaan kegiatan mendatangi rumah-rumah warga masyarakat memberikan sosialisasi dan pengecekan bak-bak air serta kebersihan lingkungan rumah, untuk memutus rantai perkembangbiakkan nyamuk aedes aegypti.

Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Abd Latif saat kami temui di kantornya, membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut sebagai bagian dari tugas pembinaan teritorial dalam rangka meningkatkan perlindungan kesehatan masyarakat. "Karena pertahanan yang kuat harus didukung oleh masyarakat yang sehat", katanya.

Sementara itu, selaku Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar dalam konfirmasinya juga mengapresiasi kegiatan jajarannya tersebut. "Itulah kompleksitas tugas aparat kewilayahan seperti Babinsa sebagai penyelenggara langsung Pembinaan teritorial di tingkat desa. Di samping dalam rangka menunjang tugas pokok satuan Koramil, juga harus dapat bersinergi dengan aparat lainnya dan berperan aktif serta bersinggungan langsung dengan kepentingan masyarakat", pungkasnya.

Editor: Herda

T#g:DBDPSN
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Sabtu, 09 Feb 2019 10:09

    Fogging Perangi Demam Berdarah

    Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin hari semakin merebak di seluruh pelosok di Kabupaten Jember.

  • Jumat, 19 Mei 2017 22:29

    Babinsa Ramil 0824/08 Mayang laksanakan PSN dampingi Kader Posyandu

    Upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan tindakan antisipasi terhadap serangan nyamuk demam berdarah sehingga dilakukan tindakan pembasmian sarang nyamuk (PSN) secara massal yang dilakukan setiap hari Jum'at.

  • Jumat, 17 Feb 2017 06:15

    Puskesmas Huragi Tabagsel Tangani 7 Kasus DBD

    Setelah lebih dari satu tahun tidak muncul, sejak bulan januari 2017 lalu hingga pertengahan bulan ini, pihak Puskesmas Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten Padang Lawas (Palas), sudah menangani 7 kasu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak