Rabu, 23 Sep 2020 10:22
  • Home
  • Kesehatan
  • 8 Jenis Minuman ini Bisa Membuat Kita Gemuk, Hati-hati yang Diet!

8 Jenis Minuman ini Bisa Membuat Kita Gemuk, Hati-hati yang Diet!

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tessa
Minggu, 22 Des 2019 15:22
Dream.co.id
Makanan bukan satu-satunya hal yang patut diwaspadai apabila kita ingin memiliki berat badan ideal atau mencegah kegemukan. Pasalnya, kebiasaan minum jenis minuman tertentu juga turut andil dalam menyebabkan peningkatan berat badan. 

Air putih adalah salah satu jenis minuman yang paling baik untuk kesehatan tubuh. Namun, minum air putih setiap saat terkadang dapat menimbulkan rasa bosan. Alhasil, kita akan mencicipi berbagai jenis minuman dengan pilihan rasa yang bermacam-macam. Padahal, disadari atau tidak, ada beberapa jenis minuman dengan cita rasa enak di lidah tetapi justru dapat menambah kalori karena kandungan gula yang tinggi di dalamnya. Hal ini tentu tidak baik bagi tubuh yang sedang berupaya menurunkan berat badan. 

Apa saja jenis minuman yang dapat membuat kita gemuk? Ini penjelasan selengkapnya:

1. Minuman kopi kekinian

Salah satu minuman yang bikin gemuk adalah es kopi dingin yang kini mudah ditemukan di berbagai tempat makan dan kedai kopi kekinian. 


Sebenarnya, kopi mengandung kalori yang rendah sehingga dapat dikonsumsi sebagai pilihan minuman penurun berat badan. Kopi mengandung kafein yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori. 

Akan tetapi, kalori di dalam kopi bisa jadi tinggi apabila kita minum kopi yang disajikan dengan tambahan sirup, whipped cream, susu tinggi lemak, gula, atau jenis pemanis buatan lainnya. Meski dapat menggugah rasa, kopi kekinian justru bisa menjadi minuman yang bikin gemuk. 

2. Jus buah-buahan

Selain menyehatkan, buah-buahan dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, jus buah dan smoothie buah-buahan justru dapat menimbulkan efek sebaliknya karena mengandung gula. 

Bahkan, jus buah dan smoothie yang menggunakan seratus persen buah segar bisa saja mengandung pemanis tambahan lainnya lebih banyak lagi. Inilah yang membuat jus buah menjadi salah satu minuman yang bikin gemuk. 


Kita boleh saja minum jus buah dan smoothie saat sedang menjalani diet. Namun, pastikan untuk selalu menggunakan seratus persen buah segar tanpa pemanis buatan. Perhatikan porsinya dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan. 

Solusi lainnya, konsumsi buah-buahan segar secara langsung dibandingkan mengolahnya sebagai jus atau smoothie. 

3. Susu cokelat

Minum susu cokelat saat cuaca dingin memang dapat menjadi pilihan. Namun, sebaiknya konsumsi susu cokelat jangan berlebihan. Pasalnya, dalam satu gelas susu cokelat hangat dapat mengandung kalori hampir 400 kal dan 43 gram gula per gelas. 

Kita bisa saja menyeruput susu cokelat tetapi tanpa menambahkan gula ke dalamnya. Sebagai gantinya, kita bisa menambahkan taburan kayu manis guna memperkaya cita rasa. 

4. Minuman soda

Jenis minuman yang bikin gemuk lainnya adalah minuman bersoda. Dalam satu kaleng minuman bersoda bisa mengandung 10-13 sendok teh gula. Padahal, asupan gula harian yang direkomendasikan adalah empat sendok makan. 

Akibatnya, gula berlebih di dalam tubuh akan diubah menjadi lemak sehingga mempersulit cara untuk menurunkan berat badan. Ini sebabnya soda, termasuk diet soda, menjadi jenis minuman tinggi gula yang perlu dihindari, terutama bagi yang sedang diet. 

5. Minuman berenergi

Kebanyakan minuman berenergi mengandung kafein dan gula yang dapat menimbulkan ledakan energi sementara waktu. 

Namun, bagi tubuh yang sedang diet atau ingin menurunkan berat badan, sebaiknya hindari minum minuman berenergi lantaran jumlah gula di dalamnya yang sangat tinggi tanpa mengandung banyak nutrisi. 

Jenis minuman ini hanya dapat memberikan kalori tambahan, tetapi kita akan tetap merasa lapar sesudahnya. Alhasil, kita mungkin akan makan lebih banyak sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. 

Oleh sebab itu, minuman berenergi merupakan salah satu jenis minuman yang bikin gemuk yang patut diwaspadai. 

6. Minuman olahraga (sport drink)

Beberapa orang mungkin ada yang memilih minum minuman olahraga atau sport drink saat mengalami kekurangan dalam tubuh atau dehidrasi setelah berolahraga. 

Bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya konsumsi minuman ini dikurangi karena mengandung banyak gula. 

Jika kita hanya melakukan aktivitas fisik sebanyak 3-5 hari dalam seminggu, sebaiknya cukup kebutuhan cairan dalam tubuh dengan air putih daripada minum sport drink.   

8. Alkohol

Jenis minuman lain yang perlu dihindari saat diet adalah alkohol. Konsumsi alkohol dapat menyebabkan gangguan pada proses pencernaan, meningkatkan nafsu makan, serta membuat kita ingin mengonsumsi makanan  padat yang kemungkinan besar berkalori tinggi.

Selain itu, beberapa jenis minuman beralkohol juga mengandung lebih banyak kalori. Kalori tersebut dapat berasal dari alkohol itu sendiri atau berbagai bahan campuran di dalamnya, seperti soda, sari buah, sirup, dan lainnya. 

Kebiasaan minum minuman jenis tertentu memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari konsumsi minuman yang bikin gemuk agar diet sukses dan berhasil. 

Editor: Yaya

Sumber: sehatq.com

T#g:kesehatan
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 22 Sep 2020 18:52

    Minyak VCO Produk Satgas Yonif 413 Bremoro Atasi Berbagai Penyakit Dalam

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kaliasin mengajarkan masyarakat Kampung Kibay Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom membuat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang memiliki berbag

  • Senin, 21 Sep 2020 12:11

    Dandim 0209/LB, Peduli Kepada Da'i Cilik Ditandai Dengan Pemberian Cinderamata

    Mendengar Lantunan bacaan Ayat suci Al-Quran yang dibacakan Ananda Nasution Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E. M.Tr (Han) diawal acara Tabligh Akbar bersama Ustadz Haikal Hasan, m

  • Jumat, 18 Sep 2020 18:38

    Dandim 0209/LB: 2 Minggu, Perbup Covid-19 di Labura Harus Tersosialisasi

    Hanya dalam kurun waktu dua minggu, penerapan Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Dise

  • Jumat, 18 Sep 2020 12:38

    Dandim 0209/LB Hadiri Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

    Menindaklanjuti instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 Tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019, Pemerintah kabupa

  • Rabu, 16 Sep 2020 16:16

    Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Pasar Sukaramai Medan

    Tim gabungan Polisi, TNI dan Satpol PP Kecamatan Medan Area, melaksanakan Operasi Yustisi tahun 2020 di Pasar Sukaramai jalan AR. Hakim Kelurahan Tegal Sari 1, Rabu (16/09).Operasi yustisi ini dipimpi

  • Selasa, 15 Sep 2020 09:15

    Kodim 0209/LB Terus Giatkan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Tempat Keramaian

    Penegakan disiplin Protokol Kesehatan terus dilakukan seluruh Koramil di Jajaran Kodim 0209/LB tidak terkecuali di wilayah Koramil 04/LB, untuk memberi contoh dan edukasi kepada masyarakat tentang pen

  • Senin, 14 Sep 2020 19:44

    Tiga hari kedepan, ada penindakan sanksi Prokes di Taput

    Operasi Yustisi diberlakukan Tapanuli Utara (Taput) belum pada penindakan. Pada Team gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas kesehatan Taput terjun ke lapangan Senin (14/9). Untuk sosialisasi pendisi

  • Senin, 14 Sep 2020 11:54

    Danramil 01/AK, Melalui Babinsa Terus Giatkan Himbauan Protokol Kesehatan

    Danramil 01/AK Mayor Inf Ertiko Cholifa, S.H., S.Pd instruksikan 6 Babinsanya melaksanakan himbauan kepada masyarakat tentang penegakan disiplin kesehatan dengan pola hidup bersih, selalu mencuci tang

  • Jumat, 11 Sep 2020 23:11

    Pengemudi Bentor Tak Bermasker, Ditegur Petugas Patroli Gabungan Pendisiplinan Masyarakat Terhadap Protokol Kesehatan Kec Puger

    Dalam meutus rantai penyebaran covid 19 di Kabupaten Jember, pelaksnaan Patroli pengawasan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan terus dilakukan secara masih diseluruh wilayah jajaran, terma

  • Kamis, 10 Sep 2020 12:10

    Digelar di Tengah Pandemi, MTQ ke-37 Sumut Berlangsung Lancar

    Disiplin protokol kesehatan menjadi pesan utama yang selalu ditekankan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumut

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak