Sabtu, 15 Mei 2021 09:57
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • 1 Pelaku Lempar Kaca Mobil Di Jalinsum Perbatasan Labura - Asahan Ditangkap Polisi

1 Pelaku Lempar Kaca Mobil Di Jalinsum Perbatasan Labura - Asahan Ditangkap Polisi

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Kamis, 18 Mar 2021 10:28
Istimewa
Pelaku saat ditangkap di hutan kawasan kabupaten Toba
Salah seorang tersangka pelaku pelempar kaca mobil yang terjadi di jalan lintas Sumatera Utara perbatasan Kabupaten Labuhanbatu Utara dengan Kabupaten Asahan, yang viral di media sosial, berhasil ditangkap polisi dari persembunyiannya, di sebuah gudang di tengah hutan di Liang Balik Kecamatan Parsoburan Kabupaten Toba, Rabu (17/03/2021) Sekira pukul 05:30 Wib.

Adapun pelaku yang berhasil ditangkap bernama EBIS (38) warga Dusun I Desa Tanjung Pasir Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Sedangkan korbannya Nur Rofi (30) sopir, warga Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara Kabupaten Metro Provinsi Lampung.

Kejadian pelemparan kaca mobil oleh pelaku dan rekannya terekam Video lalu diunggah di media sosial dan menjadi viral, tampak dalam rekaman Video tersebut pelaku bersama rekannya menaiki sepeda motor melempar kaca mobil yang dinaiki korban.




Informasi yang dihimpun awak media ini, Kamis (18/03/2021), sebelumnya tim gabungan unit Jatanras Polres Asahan bekerjasama dengan unit Reskrim Polsek Pulau Raja dan Polsek Kualuh Hulu melakukan pengejaran terhadap salah seorang tersangka yang informasinya melarikan diri ke Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas.

Namun setelah dilakukan penyelidikan, tersangka tidak berada di Gunung Tua. Selanjutnya Tim kembali ke wilayah hukum Polsek Pulau Raja dan Polsek Kualuh Hulu untuk melakukan penyelidikan lanjutan.

Tidak berselang lama, tepatnya Selasa (16/3/2021) Sekira pukul 15.30 Wib, Tim mendapat informasi bahwa pelaku berada di Kecamatan Parsoburan Kabupaten Toba, bersembunyi di sebuah gudang di tengah hutan di Liang Balik. Selanjutnya tim melakukan pengejaran dan mendapati pelaku, lalu bergerak cepat melakukan penangkapan. Saat akan diringkus pelaku melakukan perlawanan sehingga tim memberikan tindakan tegas dan terukur.


Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto kepada awak media menjelaskan, "Setelah mendapatkan laporan dari Nur Rofi (30) sopir korban pelemparan warga Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara Kabupaten Metro Provinsi Lampung dan melihat aksi 2 pelaku di media sosial pada Kamis (11/3/2021) sekira pukul 16.00 Wib, Unit Jatanras Satreskrim Polres Asahan melakukan koordinasi dengan unit reskrim Polsek Pulau Raja."

Pelaku saat terekam video melakukan perbuatan pidana.

"Setelah melihat aksi kedua pelaku di Medsos dan berdasarkan Laporan Polisi dari korban, team Jatanras di bawah komando Iptu Mulyoto dan Unit Reskrim Polsek Pulau Raja serta Polsek Kualuh Hulu Polres Labuhanbatu melakukan penyelidikan dan olah TKP.

"Tim berhasil menemukan dan langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku atas nama EBIS (38) warga Dusun I Desa Tanjung Pasir Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara dari persembunyiannya di sebuah gudang di tengah hutan di Liang Balik Kecamatan Parsoburan Kabupaten Tobasa. Sebelumnya Tim sempat melakukan penyelidikan ke Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas karena informasinya pelaku berada di daerah tersebut," ungkapnya.

Saat akan diringkus, pelaku melakukan perlawanan sehingga tim memberikan tindakan tegas dan terukur. "Pelaku melawan saat akan ditangkap, tak ingin buruannya kabur, tim terpaksa melumpuhkan pelaku dengan timah panas di bagian betis, kemudian di bawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan medis," sebut Kapolres.


Selanjutnya pelaku beserta barang bukti berupa 1 unit Sepeda Motor Yamaha Vixion warna merah di bawa ke Mapolsek Pulau Raja untuk proses penyidikan lebih lanjut, sementara seorang pelaku lagi masih di buru tim jatanras bersama unit Polsek Pulau Raja" ujar perwira menengah berpangkat dua melati ini sembari menyebutkan kepada pelaku dijerat dengan Pasal 170 ayat (1) Subs Pasal 406 dari KUHPidana

Diberitakan sebelumnya, Dunia maya dihebohkan dengan postingan di media sosial tentang adanya pelaku pelemparan kaca mobil yang diduga berada di jalan lintas sumatera wilayah hukum polsek pulau raja polres asahan berbatasan dengan wilayah hukum polsek kualuh hulu polres labuhanbatu beberapa hari lalu.

Terekam video pelaku dua orang mengendarai sepeda motor terlihat melakukan pelemparan ke kaca mobil, diduga pelaku tersebut melakukan perbuatannya karena pengemudi tidak memberikan sejumlah uang yang diminta.

Pasca kejadian korban yang idetintasnya belum diketahui hingga berita ini terbit di media Utamanews.com, belum membuat laporan polisi atas kejadian yang dialaminya.


Hal itu dikuatkan dengan keterangan Kapolsek Pulau Raja Polres Asahan, melalui vedio yang di unggah netizen di you tube.

Kapolsek Pulau Raja mengatakan, sampai sekarang yang merasa dirinya korban belum membuat laporan ke Polsek Pulau Raja.

"Kita mencari korban dan kita himbau untuk membuat pengaduan agar bisa kita tindak lanjuti, memastikan kejadian ini betul ngak diwilayah Polsek Pulau Raja."

Sebelum kejadian ini pun kita sudah melakukan patroli di daerah rawan kriminalitas, baik berbaju dinas dan preman, Ujar Kapolsek pulau raja.

Sementara itu dilain sisi hal senada juga disampaikan Kapolsek Kualuh Hulu Polres Labuhanbatu AKP Sahrial Sirait, Jum'at (12/03/2021) melalui selulernya menerangkan bahwa pasca kejadian dan beredarnya vedio pelemparan mobil dimedia sosial pihak yang merasa menjadi korban belum membuat laporan polisi.


"Polsek Kualuh Hulu hingga saat ini belum menerima pengaduan dari korban, oleh karena itu kita kesulitan untuk menindak lanjutinya. Dan sepertinya tempat kejadian perkaranya berada di wilayah hukum Polsek Pulau Raja," Sebut AKP Sahrial

Meski demikian jika korban membuat pengaduan di Polsek Kualuh Hulu akan segera kita tindak lanjuti, karena dasarnya ada laporan dari pihak yang dirugikan atau yang merasa terancam atas tindakan pelaku tersebut.

"Personil Polsek Kualuh Hulu sebelum kejadian tersebut juga sudah melakukan giat patroli di daerah rawan kejahatan, untuk mengantisipasi tindakan kriminal," Ungkapnya.

AKP Sahrial Sirait juga mengharapkan kepada masyarakat agar sesegera mungkin membuat laporan polisi jika mengalami tindakan kriminal. "Agar pelaku bisa segera tertangkap dan kejadian-kejadian serupa tidak terulang lagi," pungkasnya.
Editor: Budi

T#g:Kapolres AsahanKapolres LabuhanbatuTobaviral
Berita Terkait
  • Rabu, 05 Mei 2021 17:55

    Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Toba 2021, Sekda Dairi Bacakan Amanat Kapolri

    TNI-Polri bersama Forkopimda Kabupaten Dairi melaksanakan apel gelar pasukan Ops Ketupat Toba 2021, bertempat di halaman Mapolres Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Rabu (5/5/2021).

  • Minggu, 18 Apr 2021 20:18

    PMKRI Minta Polisi Tangkap Joseph Paul Zhang

    Di media sosial seseorang bernama Joseph Paul Zhang mendadak viral karena menentang warga untuk melaporkannya ke polisi karena mengaku sebagai nabi ke-26. Dalam video yang berdurasi sekitar 3 menit ya

  • Senin, 12 Apr 2021 20:12

    Kapoldasu Resmikan Pos Polisi Pariwisata Danau Toba

    Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dalam kunjungan kerjanya meresmikan Kantor Pos Polisi Pariwisata Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) di Desa Pardomuan, Kecamatan Ajiba

  • Senin, 12 Apr 2021 10:22

    Kapolda Sumut Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2021

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Toba 2021 bertempat di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Senin (12/04/21).

  • Sabtu, 10 Apr 2021 14:40

    Reskrim Polsek Siantar Martoba Ringkus Pelaku Curanmor di Naga Pita

    Reskrim Polsek Siantar Martoba meringkus pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) bernama Muhammad Kholik (27) warga Jalan Tangki Kelurahan Naga Pita, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar,

  • Kamis, 01 Apr 2021 17:01

    Pangdam I/BB Terima Kunjungan Sahli Bid. Sosbud Sesjen Wantanas

    Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, menerima audiensi Sahli Bidang Sosbud Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) Mayjen TNI Ana Supriatna, S.IP., M.SI beserta rombong

  • Sabtu, 27 Mar 2021 22:27

    Temui Edy Rahmayadi, Menparekraf Sampaikan 3 Hal Soal Percepatan Pariwisata Danau Toba

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima kunjungan silahturahmi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, di Rumah Dinas Gubernur S

  • Sabtu, 27 Mar 2021 16:57

    Polres Dairi & Kodim 0206 Bersinergi Bersihkan Danau Toba

    Kapolres Dairi bersama Dandim 0206/Dairi melaksanakan gotong royong membersihkan sekitar kawasan Tao Silalahi (Danau Toba) di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Sabtu (27/3/202

  • Jumat, 26 Mar 2021 12:46

    Polda Sumut Kawal dan Amankan Program Pembangunan Nasional di Danau Toba

    Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, siap mengawal dan mengamankan seluruh program pembangunan nasional di Sumatera Utara Utara."Salah satunya adalah proyek prioritas di Danau Toba menu

  • Rabu, 24 Mar 2021 20:54

    Isu Begu Ganjang, Polres Dairi Tangkap 10 Tersangka Pengrusakan

    Buntut kasus pengrusakan dua unit rumah, yakni milik Jamapor Sagala dan Boy Sagala di Dusun Jumala, Desa Pegagan Julu II, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, karena dituding warga memiliki/memelihara b

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak