Senin, 19 Apr 2021 01:17

Relawan Martabat: Jokowi Kreatif dan Tahan Banting

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Sam
Senin, 01 Okt 2018 08:11
Yukie H. Rushdie-IGS Berita
Arnol Sinaga (paling kiri) dan Tohom Purba (paling kanan) berfoto bersama Rolas Sitinjak (berkemeja putih), Ketua Panitia Deklarasi Batak Bersatu Dukung Jokowi-Ma'ruf.
Relawan Martabat untuk Jokowi-Ma'ruf, menjadi salahsatu simpul massa dalam Deklarasi Komunitas Batak Bersatu Dukung Jokowi-Ma'ruf, yang digelar di Gedung Mulia, Jalan Kebon Nanas, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (30/9/2018) malam.

Keputusan ini disebut oleh Tohom Purba, penggagas Relawan Martabat untuk Jokowi-Ma'ruf, karena pihaknya merasa kagum pada Jokowi, yang dinilai sangat "tahan banting" menghadapi segala hambatan yang menghadangnya.

"Ia tetap fokus bekerja. Tidak banyak mengeluh. Tidak banyak mengeluarkan pernyataan politik yang kurang produktif. Karena, memang itulah tujuannya menjadi seorang presiden," kata Tohom Purba, di sela-sela deklarasi.

Kondisi dan situasi kekinian Indonesia, lanjut Tohom, membutuhkan figur pemimpin yang tegar, tidak cengeng, dan sekadar berpolitik. "Indonesia membutuhkan pemimpin yang kreatif. Bukan sekadar memperbaiki yang sudah ada, tapi juga menciptakan yang belum ada menjadi ada. Itulah sebetulnya hakikat dari modern. Menciptakan yang belum ada menjadi ada," kata Tohom.

Dalam kajian Tohom, adalah sangat wajar bila kelompok oposisi senantiasa bersikap kritis terhadap kinerja Jokowi selama ini. Karena, memang begitulah seharusnya dalam beroposisi. "Namun, ada kecenderungan yang mengesankan mereka seolah tidak senang atau bangga melihat negaranya maju. Karena, kalau senang, mereka merasa tidak bisa mengkritik lagi. Sehingga, mereka selalu melihat kemajuan Indonesia dari sudut pandang yang 'nyinyir.' Saya kira itu kurang sehat. Karena, beroposisi pun haruslah dengan cara-cara yang sehat," tambahnya.

Ia menilai, kinerja Jokowi pada periode pertamanya sebagai presiden memang belum sempurna, tapi angkanya tidaklah negatif. "Kalau dunia internasional saja mengakui integritas Jokowi sebagai seorang pemimpin negara, kenapa kami tidak?" pungkas Tohom.


Arnol Sinaga: Jokowi-Ma'ruf, Pilihan Paling Rasional

Di tempat yang sama, Arnol Sinaga, Koordinator Relawan Martabat untuk Jokowi-Ma'ruf, menyatakan bahwa keputusan Relawan Martabat untuk mensedekahkan dukungan politik di Pilpres 2019 kepada pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin merupakan pilihan yang paling rasional.

"Jokowi manusia biasa, yang sarat ketidaksempurnaan. Jokowi bukan Tuhan, yang bisa mengatur alam semesta ini sesuai keinginan semua orang. Tapi, ia sudah bekerja dengan tulus untuk rakyat Indonesia. Ia sudah mengabdi kepada warganya, sejak menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga akhirnya Presiden RI. Itu fakta rasional yang tidak terpungkiri," kata Arnol Sinaga, di antara puluhan ribu Komunitas Batak Bersatu yang menghadiri acara deklarasi tersebut.

Menurut Arnol, seperti juga Jokowi, Prabowo Subianto pun adalah putra terbaik yang dimiliki bangsa ini. Namun, tentu saja, dalam konteks pemilihan kepemimpinan nasional ini, pihaknya harus memilih salah satu dari dua anak bangsa yang terbaik ini.

"Dan, Relawan Martabat menjatuhkan pilihan pada Jokowi. Boleh saja orang bilang ini bukan pilihan terbaik. Tapi, inilah pilihan paling rasional untuk kondisi dan situasi negara saat ini," tandas Arnol.

Selepas Pilpres 2014, lanjut Arnol, muncul dua fenomena unik di negeri ini. Di satu sisi, ada yang selama 4 tahun itu sibuk bekerja untuk dikritik. Di sisi lain, ada yang selama 4 tahun itu sibuk mengkritik, sehingga lupa bekerja. "Tapi, kedua fenomena itu sama-sama dibutuhkan untuk membuat negeri makin maju. Kedua fenomena itu pun dibutuhkan untuk mendongkrak tingkat kedewasaan demokrasi di Indonesia," kata Arnol, yang juga seorang advokat dari Arnol Sinaga and Associates (ASA).


Lokasi Deklarasi Komunitas Batak Bersatu Dukung Jokowi-Ma'ruf penuh sesak dengan kehadiran puluhan ribu massa. Ribuan massa juga terpantau tidak bisa masuk ke dalam Gedung Mulia tersebut.

Kemacetan parah sudah terjadi sejak di kawasan UKI Cawang akibat banyaknya kendaraan yang masuk ke lokasi acara. Meski demikian, massa tetap antusias untuk menghadiri deklarasi tersebut.

"Kita cinta Jokowi. Kami ingin Jokowi presiden untuk periode kedua. Kinerjanya sudah terbukti," teriak massa yang hadir.

Tampak hadir di lokasi acara, politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, pengacara kondang Juniver Girsang, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, anggota DPR Marsiaman Saragih, dan masih banyak lagi.

Ketua Panitia Deklarasi, Rolas Sitinjak, mengaku tidak menyangka banyak massa yang hadir dalam acara deklarasi itu. Padahal, acara hanya dibuat sederhana dengan mendatangkan sejumlah artis Ibukota seperti Rita Butar-Butar, Edo Kondologit, dan lainnya.

Maruarar Sirait yang turut sebagai pengundang dalam deklarasi itu mengatakan, Presiden Jokowi memberikan perubahan yang sangat positif bagi Indonesia. Perubahan positif yang dimaksud Maruarar Sirait adalah Jokowi telah berbuat nyata bagi kemajuan dan masa depan bangsa.

"Kita beruntung punya pemimpin seperti Pak Jokowi. Dia pemimpin yang demokratis, dekat, dan dicintai rakyat," kata Ara, sapaan Maruarar.

Editor: Herda

Sumber: IGS Berita

T#g:DeklarasiJokowimartabatTohom Purba
Berita Terkait
  • Minggu, 18 Apr 2021 14:38

    Deklarasi Tolak Narkoba Menuju Sumut Bersinar di Polresta Deli Serdang

    Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK pimpin deklarasi tolak narkoba menuju Sumut Bersinar (bersih narkoba) di Polresta Deli Serdang, Rabu (15/04/2021).Informasi diperoleh dari Humas Po

  • Rabu, 14 Apr 2021 20:34

    Polres Labuhanbatu Gelar Acara Zoom Meeting Deklarasi Tolak Narkoba Menuju Sumut Bersinar

    Polres Labuhanbatu menggelar acara zoom meeting deklarasi tolak narkoba menuju Sumut bersinar, bertempat di Aula Tunggal Panaluan Mapolres Labuhanbatu Jalan MH Thamrin Kelurahan Rantauprapat Kecamatan

  • Rabu, 14 Apr 2021 22:34

    Presiden Minta Kepala Daerah Berinovasi dan Fokus Program Prioritas

    Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh kepala daerah agar tidak terjebak dengan rutinitas, namun terus mengembangkan inovasi serta fokus pada program prioritas.Hal ini disampaikan Presiden saat mem

  • Minggu, 04 Apr 2021 06:04

    Warga Pegunungan Papua Deklarasi Tolak Kekerasan KKB

    Setelah warga pesisir di Papua menolak kekerasan yang masif dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), kini masyarakat wilayah pegunungan mulai jengah dengan perilaku dan tindak tanduk yang kerap d

  • Minggu, 04 Apr 2021 11:04

    Jumlah Pelayanan Bakti Kesehatan Bermartabat di Pantai Barat Melebihi Target

    Tim dokter dari Program Bakti Kesehatan Bermartabat Sumatera Utara (BKB Sumut) melanjutkan pelayanan kesehatan keliling, ke kawasan Pantai Barat yakni Tapanuli Utara (Taput), Tapanuli Tengah (Tapteng)

  • Sabtu, 27 Mar 2021 16:27

    Deklarasi Pemuda Tolak Narkoba di Kota Binjai

    Maraknya peredaran narkoba dan lokasi judi serta terus beroperasinya Tempat Hiburan Malam (THM) seperti Diskotik dimasa Pandemi Covid-19 ini, membuat Kota Binjai menduduki peringkat nomor dua di Provi

  • Senin, 22 Mar 2021 10:32

    Hari Ini Presiden Resmikan SPAM Umbulan dan Tinjau Vaksinasi di Jawa Timur

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bertolak menuju Provinsi Jawa Timur (Jatim) guna melakukan kunjungan kerja seha

  • Senin, 15 Mar 2021 20:35

    Jokowi: Sikap Saya Tak Berubah, Tidak Ada Niat Jadi Presiden 3 Periode

    Presiden Jokowi kembali menegaskan sikapnya bahwa dirinya adalah presiden yang dipilih langsung oleh rakyat Indonesia berdasarkan konstitusi. Oleh karena itu, pemerintahannya akan berjalan tegak lurus

  • Rabu, 03 Mar 2021 19:23

    Sambut baik pencabutan lampiran Perpres 10/2021, GNPF Ulama: Rezim Jokowi adalah rezim gegabah

    Setelah menuai banyak kritikan dan desakan, akhirnya Presiden Joko Widodo mencabut lampiran Perpres yang mengatur pembukaan investasi baru industri Miras yang mengandung alkohol.Dicabutnya lampiran Pe

  • Senin, 01 Mar 2021 04:31

    Presiden Jokowi Tiba di DIY untuk Kunjungan Kerja

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (28/02/2021) sore, dalam rangka kunjungan kerja.Dari pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak