Jumat, 14 Mei 2021 11:51
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Para Kepala Suku di Pegunungan Tengah Papua Dukung Otsus Diperpanjang

Para Kepala Suku di Pegunungan Tengah Papua Dukung Otsus Diperpanjang

Keerom (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Minggu, 21 Feb 2021 19:01
Puspen TNI
Para Kepala Suku saat menyatakan dukungannya terhadap Otsus
Para Kepala suku yang tergabung dalam RKPT (Rukun Keluarga Pegunungan Tengah) Kabupaten Keerom, Papua menyatakan dukungan untuk keberlangsungan Otsus bagi tanah Papua terkait Undang-Undang Nomor 21 tahun 2001 tentang Otsus Papua.

Para kepala suku yang hadir menyatakan dukungannya agar program Otsus di Papua harus tetap dilanjutkan, karena sangat berdampak positif bagi masyarakat Papua baik dibidang pendidikan, kesehatan, pembangunan dan kesejahteraan.

Hal ini ditegaskan Simon Kossay salah seorang kepala suku yang menjadi Ketua RKPT. "Pada hari ini tanggal 20 Februari 2021, kami 13 orang kepala suku di Pegunungan tengah duduk bersama ingin menyampaikan dukungan kepada pemerintah tentang kelanjutan Otsus jilid II," tegasnya.

"Hanya saja ada beberapa poin kami minta untuk dirubah agar kedepannya kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah lebih tepat sasaran untuk orang asli Papua," ujarnya.


Menurut Simon percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah sudah bagus tetapi belum merata hingga wilayah pedalaman.

"Kami mengapresiasi sikap dari Presiden Joko Widodo yang sering hadir di Papua, dan kami berharap agar warga kami yang berada di pedalaman dan daerah terpencil tak luput dari perhatian," harapnya.

Vincentius Himan selaku sekretaris RKPT juga mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat yang telah melayani orang Papua lebih dari 21 tahun.

Ia berharap kedepan kalau bisa seluruh jabatan di pemerintahan Papua hingga Kelurahan diisi oleh orang asli Papua. "Keterlibatan tokoh masyarakat adat dan agama juga penting dilibatkan dalam penerapan Otus kedepannya agar pelaksanaan lebih transpararan," jelasnya.

"Kami mendorong pemerintah untuk mengaudit program Otsus agar masayarkat lega dan tidak hanya dirasakan oleh orang-orang tertentu," harap Vincentius.

Para Kepala Suku yang tergabung dalam FKPT Keerom hadir dalam kesempatan itu antara lain, Simon Kossay Ketua RKPT, Vincentius Himan sekretaris RKPT, Kepala suku Mee Piet Giay, Kepala suku Membramo tengah dan Keerom Pius Wanimbo, Kepala Suku Yahukimo Markus Asso, Kepala Suku Tolikora Paleli Enembe, Sekretaris II RKPT Wim Mabel dan Wakil RKPT Y. Riantus.W.

Editor: Erickson

T#g:KeeromOtsusKepala Suku
Berita Terkait
  • Rabu, 05 Mei 2021 18:25

    Diancam Tembak Mati Oleh Teroris OPM, Kepala Suku Kimak: Jangan Takut, TNI-Polri Jaga Papua

    Kepala Suku Kampung Kimak, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua Abelom Kogoya mengajak serta mengimbau warganya untuk tidak terprovokasi ulah Kelompok Teroris OPM di wilayah itu yang masif akh

  • Minggu, 25 Apr 2021 13:25

    Satgas Yonif 512 Pererat Tali Persaudaraan Dengan Kepala Suku Perbatasan Papua

    Dalam rangka mempererat tali persaudaraan dengan tokoh berpengaruh di wilayah perbatasan Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY mengunjungi Yusup Sauri (52) kepala suku di Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (23/04).

  • Jumat, 23 Apr 2021 02:22

    Satgas Yonif 512 peringati hari Kartini dengan murid TK di perbatasan Papua

    Dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Arso XIII mengajak para murid untuk menggunakan pakaian adat di taman kanak-kanak

  • Senin, 19 Apr 2021 01:19

    Selain Lumpuhkan Dunia Pendidikan, KKB Papua Melecehkan Adat di Papua

    Kedok Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang selama ini berpura- pura memperjuangkan masyarakat Papua terkuak. Kebohongannya terbongkar oleh kelakuan aslinya. KKB tidak hanya ingin melumpuhkan dunia

  • Minggu, 18 Apr 2021 12:48

    Satgas Yonif 512 Ajarkan Cara Berhitung Sejak Dini Di Perbatasan Papua

    Untuk membantu pemerintah dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu bersaing di era globaliasi, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Kalibom mengunjungi kampung bin

  • Sabtu, 17 Apr 2021 16:17

    Satgas Yonif 512 Turut Serta Peresmian Polsek Arso Timur, Polres Keerom

    Demi menjaga Sinergitas yang sudah terjalin antara TNI dengan instansi pemerintahan yang ada di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Yamara turut hadir dalam peresmian Pol

  • Sabtu, 17 Apr 2021 13:17

    Cegah Wabah Penyakit Malaria, TNI Laksanakan Fogging Di Kampung Yowong

    Sebagai upaya mencegah perkembangbiakan nyamuk yang dapat menyebabkan sakit malaria dan demam berdarah, prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Braja Sakti melaksanakan fogging di Kampung Yomong,

  • Jumat, 16 Apr 2021 09:16

    Lestarikan Warisan Leluhur, Satgas Yonif 512 Latih Al-Banjari Di Ujung Timur Indonesia

    Untuk menjaga kesenian warisan leluhur agar tidak hilang dikikis perkembangan zaman, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Kotis melatihkan kesenian Hadrah Al-Banjari kepada masyarakat Pir IV

  • Sabtu, 10 Apr 2021 04:10

    Prajurit TNI Yonif 131/Brs bantu perbaiki jembatan gantung yang rusak akibat banjir

    Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Bendungan Tami membantu memperbaiki jembatan gantung yang rusak akibat air sungai meluap di Kampung Arso, Kabupaten Keroom, Papua, Kamis (8/4/2021).

  • Kamis, 08 Apr 2021 12:08

    TNI Buka Layanan Kesehatan Gratis di Papua

    Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan warga, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 131/Braja Sakti Pos Kout Km 31 Kampung Arso 1, Kabupaten Keroom, Papua, membuka layan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak