Selasa, 28 Sep 2021 21:40
  • Home
  • Ragam
  • Jumlah Kasus Harian Covid-19 Sumut Menurun

Jumlah Kasus Harian Covid-19 Sumut Menurun

Deli Serdang (utamanews.com)
Oleh: Joni
Senin, 19 Jul 2021 21:19
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Pengarahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada seluruh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terkait penangan lanjut Covid-19 di kediaman Gubernur Sumut, Senin (19/7/2021).
Angka kasus penularan harian Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) menurun. Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Irman Oemar usai mengikuti video conference arahan Presiden RI Joko Widodo kepada Kepala Daerah se-Indonesia secara virtual di kediaman pribadinya, Senin (19/7). Turut hadir Wakil Gubernur Musa Rajekshah.

Pada 15 Juli, angka penularan harian sempat menyentuh angka 1.127 kasus. Hingga kemudian akhirnya terus menurun pada tanggal 19 Juli menjadi 611 kasus konfirmasi positif.

"Angka penularan kita sempat menyentuh angka 1.000 kasus per hari, namun terus berfluktuatif hingga akhirnya pada hari ini menurun, menjadi 611 kasus per hari," kata Irman.

Irman juga memaparkan, hingga 19 Juli terdapat kasus aktif sebanyak 8.240 kasus, sembuh secara kumulatif sebanyak 35.579. Sementara positivity rate Sumut saat ini mencapai 6,95%.

Melihat angka tersebut, Gubernur mengingatkan masyarakat agar terus menaati protokol kesehatan. Misalnya senantiasa, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan. Disiplin protokol kesehatan adalah salah satu kunci memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Protokol kesehatan adalah kewajiban, tidak bisa tidak, terutama pakai masker, jika tidak mau tertular pakailah masker, jika tidak mau menularkan ke orang yang rentan juga pakailah masker, jadi protokol kesehatan ini adalah kunci yang paling mudah," kata Irman.

Selain menaati protokol kesehatan, vaksinasi juga adalah kunci lain agar kebal terhadap virus Covid-19. Vaksinasi, membuat seseorang dapat bertahan jika terpapar Covid-19. Sudah banyak kasus yang memperlihatkan keefektifan vaksin dalam menghadapi Covid-19. Apabila terpapar, seseorang yang telah divaksin hanya akan mengalami gejala ringan bahkan tanpa gejala.

Oleh sebab itu, kata Irman, Gubernur terus meminta masyarakat agar tidak menolak divaksin. 

"Masyarakat diharapkan tidak menolak vaksin, segera cari tempat vaksinasi, vaksin adalah kunci agar tidak menderita gejala berat Covid-19," kata Irman.

Disampaikan juga, mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Medan, Gubernur meminta petugas dan aparat yang bertugas di pos agar menggunakan pendekatan yang humanis dalam menegakkan aturan. 

Petugas juga diharapkan jangan menggunakan kekerasan saat menegakkan aturan kepada masyarakat.

"Pak Gubernur tadi menekankan, agar petugas dan aparat menggunakan pendekatan yang humanis, menurutnya pendekatan humanis adalah pendekatan yang paling cocok dalam masa seperti ini," kata Irman.

Selain itu, Gubernur juga meminta para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mengajak umat agar mematuhi protokol kesehatan. 

Diharapkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya protokol kesehatan dapat meningkat dengan setelah diedukasi oleh tokoh agama maupun tokoh masyarakat.

Sementara, Wakil Gubernur Musa Rajekshah, menurut Irman, juga mengajak masyarakat mengonsumsi obat herbal alami yang akrab oleh masyarakat. Selama ini, Sumut memiliki jenis tanaman yang bisa digunakan untuk meningkatkan imun tubuh.

"Pak Wagub juga mengajak masyarakat untuk menggunakan obat herbal, Sumut memiliki jenis tanaman yang sudah sering dijadikan obat oleh masyarakat, misalnya sambiloto bisa meningkatkan daya tahan tubuh," ujar Irman.

Turut hadir Kepala BPKAD Ismael Sinaga, LO BNPB Dahlan Harahap, Plt Kadis Kesehatan Aris Yudhariansyah.
Editor: Herda

T#g:DelituaUpdate Covid-19Update Covid 19
Berita Terkait
  • Selasa, 28 Sep 2021 08:28

    Kasus Konfirmasi Covid-19 Sumut Turun ke Angka 52

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan kabar baik terkait angka konfirmasi Covid-19 di 33 kabupaten/kota dengan total 52 orang, pada Senin (27/9) sore. Hal itu disampaikannya melal

  • Sabtu, 18 Sep 2021 23:18

    Edy: Tren Kasus Covid-19 Sumut Menurun

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta semua pihak tetap konsisten menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) serta berharap percepatan vaksinasi terus didorong agar tren positif ini terus

  • Minggu, 22 Agu 2021 08:22

    Dari Sinyal HP Gadaian, Polsek Delitua Tangkap Maling dan Penadah Spesialis Pecah Kaca Mobil

    Edy Syahputra warga Marindal, kecamatan Patumbak, ditangkap dan diberi tindakan tegas dan terukur oleh aparat Polsek Delitua, Polrestabes Medan.Edy merupakan maling spesialis pecah kaca mobil di wilay

  • Kamis, 05 Agu 2021 01:05

    Lulusan Institut Kesehatan Deli Husada dan Medistra Diberangkatkan ke Luar Negeri

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menepungtawari tenaga kesehatan lulusan Institut Kesehatan Deli Husada Delitua dan Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam yang akan berang

  • Sabtu, 31 Jul 2021 20:41

    Antusias Masyarakat Sumut Untuk Divaksin Terus Meningkat

    Kesadaran masyarakat Sumatera Utara (Sumut) akan pentingnya vaksinasi Covid-19 terus mengalami peningkatan. Herd Immunity (Kekebalan Kelompok) akan cepat tercapai bila kesadaran ini terus meningkat.&n

  • Kamis, 08 Jul 2021 09:48

    Evaluasi dan Monitoring PPKM Mikro, Sergai Keluar dari Zona Oranye

    Pasca berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro periode 22 Juni hingga 05 Juli 2021 di berbagai wilayah di Sumatera Utara, salah satunya di Kabupaten Serdang Bedaga

  • Kamis, 27 Mei 2021 00:27

    Gubernur Edy Rahmayadi Laksanakan Salat Gerhana Bulan

    Edy Rahmayadi melaksanakan Salat Gerhana Bulan di kediaman pribadinya Jalan Pantai Bunga, Desa Pamah, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, Rabu (26/5) malam. Bertindak sebagai imam dan khatib, Us

  • Minggu, 04 Apr 2021 21:44

    Nginap di rumah janda, pria mengaku PM diamankan Prajurit Kodim 0201/BS

    Aktif dan rutinnya Babinsa melaksanakan Komsos guna meningkatkan Pembinaan Teritorial (Binter) dengan warga binaan-nya, membuahkan hasil berkat adanya informasi dari mitra karib, Babinsa Koramil 0201-

  • Senin, 01 Mar 2021 18:21

    Satgas Covid-19 Binjai Konfirmasi Adanya Klaster Keluarga Di Kampung Tanjung

    Terkait adanya kabar simpang siur yang berkembang bahwa beberapa warga di Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, khususnya warga di Sekitar Kampung Tanjung, yang terpapar Covid-19, akhirnya te

  • Selasa, 23 Feb 2021 11:03

    Rentang 11 Hari, 33 Warga Positif Covid-19, 2 Meninggal, Plh. Bupati Sergai: Masyarakat Dihimbau Patuhi Prokes

    Walau proses percepatan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terus dilakukan secara maksimal, namun sebaran pandemi masih menujukkan tren yang cukup men

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak