Senin, 27 Mei 2019 03:26
  • Home
  • Ragam
  • Forum ACDFM Ke-16 Tingkatkan Kemitraan Strategis dengan Landasan Solidaritas ASEAN

Forum ACDFM Ke-16 Tingkatkan Kemitraan Strategis dengan Landasan Solidaritas ASEAN

Thailand (utamanews.com)
Oleh: Erickson/rls
Jumat, 08 Mar 2019 14:38
Puspen TNI
Forum ACDFM ke-16 dapat meningkatkan kerja sama dan memperkuat kemitraan strategis dengan dilandasi solidaritas ASEAN dalam rangka membangun kawasan ASEAN yang aman, damai, tenteram, dan sejahtera.

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam makalahnya yang dibacakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto di hadapan para Panglima Angkatan Bersenjata Wilayah ASEAN pada Forum ke-16 ASEAN Chiefs of Defense Forces Meeting (ACDFM) tahun 2019, di Royal Cliff Hotel, Pattaya, Thailand, Kamis (7/3/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengucapkan ucapan selamat kepada Jenderal Ponpipaat Benyasri atas pelantikannya sebagai Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Kerajaan Thailand beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menyampaikan bahwa dalam forum ACDFM ke-16 yang memiliki tema "Sustainable Security", TNI menitikberatkan kepada penanganan penanggulangan bencana alam karena isu bencana alam merupakan tantangan global yang tentunya memperoleh perhatian khusus oleh para Pemimpin negara-negara di ASEAN.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Asia Tenggara merupakan suatu kawasan rawan bencana yang disebabkan oleh kondisi geografis dan geologi serta perubahan iklim dunia yang mempengaruhi iklim setiap negara. "Bencana alam telah mengakibatkan kerugian yang berdampak terhadap peningkatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi negara" ujarnya.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga mengatakan bahwa penanganan bencana alam telah menjadi topik penting dan dapat dijadikan momentum bagi upaya pembangunan masyarakat ASEAN yang saling peduli serta berbagi. "Topik yang diangkat dalam isu bencana alam ini terkait dengan upaya kesiap-siagaan, tanggap darurat sampai pemulihan bencana," ucapnya.

Panglima TNI mengungkapkan bahwa kerjasama penanganan bencana alam dalam kerangka ASEAN bertujuan untuk saling memperkuat kerjasama regional yang telah terjalin sejak lama. "Kerjasama tersebut diperlukan guna meningkatkan kedamaian, stabilitas, kemajuan regional serta untuk saling memupuk persaudaraan dan solidaritas terutama di saat salah satu anggotanya tertimpa bencana", ujarnya.

Selanjutnya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa merujuk kepada kesepakatan pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) mengenai pembentukkan standby force guna penanganan bencana alam, maka sebagai bagian dari masyarakat ASEAN, Indonesia mendukung pembentukan standby force oleh setiap negara anggota ASEAN.

"Apabila terjadi bencana besar di negara anggota ASEAN dan jika diperlukan, maka satuan-satuan standby force tersebut dapat secara bersama melaksanakan penanggulangan bencana serta bantuan kemanusiaan di negara manapun," tambah Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa interaksi regional terpadu dapat memberikan kekuatan baru dalam mengendalikan wilayah secara baik dan akan berfungsi sebagai suatu platform dalam menemukan upaya serta solusi melalui berbagai bentuk kerja sama, baik bilateral maupun multilateral.

Sebelumnya, Pangab Kerajaan Thailand Jenderal Ponpipaat Benyasri selaku Ketua Sidang ACDMF ke-16 dalam pembukaannya menyampaikan bahwa Sidang ACDFM ke-16 mengambil tema "Sustainable Security" dikarenakan pentingnya untuk membangun kepercayaan antar negara ASEAN serta mempromosikan kerja sama untuk menghadapi dan mengatasi tantangan yang ada. 

"Dengan dukungan yang berkelanjutan, kita dapat saling membantu untuk membangun kapasitas, membawa perdamaian, keamanan, dan kemakmuran di wilayah ASEAN", ujar Ketua Sidang ACDMF ke-16.

Kegiatan Sidang ACDFM ke-16 diakhiri dengan penandatanganan joint statement pada ACDFM ke-16 dan serah terima Keketuaan Sidang ACDFM ke-17 kepada Vietnam.
Editor: Budi

T#g:ASEANJoni Supriyanto
Berita Terkait
  • Sabtu, 27 Apr 2019 17:27

    Hubungan dan Kerjasama Kedua Angkatan Bersenjata Perkokoh Semangat Kebersamaan Negara-Negara ASEAN

    Hubungan dan kerjasama yang terjalin antara TNI dan Royal Thai Armed Forces (RTARF) memperkokoh semangat kebersamaan negara-negara ASEAN dan konsep geopolitik Indo Pasifik.Hal tersebut disampaikan Pan

  • Rabu, 13 Mar 2019 21:13

    Presiden Jokowi Terima Menlu Thailand

    Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai.

  • Sabtu, 16 Feb 2019 22:56

    Kasum TNI Ikuti Kejurnas Menembak Pangdam Jaya 2019

    Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto menghadiri pembukaan dan mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lomba Menembak Pangdam Jaya 2019 di Lapangan Tembak Rakca Jaya Den Arhanud 003/

  • Minggu, 18 Mar 2018 17:38

    Jokowi Sampaikan 3 Poin Usulan Kerjasama ASEAN-Australia di Samudra Hindia

    Kerja sama ASEAN-Australia selama 44 tahun terakhir telah berkontribusi membangun ekosistem kawasan Asia Tenggara yang damai, stabil, dan sejahtera. Untuk itu, selain menguatkan kerja sama di Samudra

  • Jumat, 09 Mar 2018 11:49

    Panglima TNI: Forum ACDFIM Pondasi Kokoh Kerjasama Negara ASEAN

    Forum Asean Chiefs of Defense Forces Informal Meeting (ACDFIM) merupakan pondasi yang kokoh bagi terciptanya hubungan kerjasama yang kuat diantara negara ASEAN serta dapat meningkatkan persahabatan ya

  • Senin, 28 Agu 2017 13:28

    Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

     Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menghadiri Parade 50 tahun ASEAN bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Sekjen ASEAN Le Luong Minh dan perwak

  • Kamis, 20 Jul 2017 17:20

    Panglima TNI: Negara Asean Wajib Memerangi Ancaman Keamanan di Kawasan Asean

    Menghadapi situasi dan kondisi keamanan di Kawasan Asean dewasa ini, semua negara Asean hendaknya wajib ikut serta memerangi ancaman-ancaman keamanan di Kawasan Asean dalam rangka mengimplementasikan deklarasi 'Masyarakat Asean 2015'.

  • Sabtu, 19 Mar 2016 07:03

    Ancaman Nyata ASEAN Mendatang

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo Perang masa kini adalah perang energi dan ke depan perang ekonomi perang berlatar belakang energi, pangan dan air letaknya di sekitar equator dan ini semuanya

  • Kamis, 25 Apr 2013 16:27

    Pemilu Makin Dekat, SBY Imbau Elit Politik Mencontoh Rakyat

    Dalam kesempatan berdialog dengan masyarakat Indonesia di Myanmar, Rabu (24/4) pagi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono menyinggung pelaksanaan Pemilihan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak