Senin, 26 Jul 2021 11:25
  • Home
  • Ragam
  • Dir Lantas Polda Sumut Cek 7 Pos Penyekatan di Perbatasan

Dir Lantas Polda Sumut Cek 7 Pos Penyekatan di Perbatasan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Rabu, 12 Mei 2021 11:42
Istimewa
Guna mendukung Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, serta himbauan larang mudik, Direktur Dit Lantas Polda Sumut Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK memantau 7 pos penyekatan di Wilayah perbatasan Provinsi ini.

"Pada hari ini memantau dan memeriksa pos perbatasan di Pakpak Bharat- Karo-Aceh Tenggara dan tugu perbatasan Tapteng-Aceh Singkil. Sedangkan sebelumnya memantau pos perbatasan Langkat-Aceh, Labuhanbatu-Riau, Padanglawas-Riau dan Madina-Sumatera Barat", kata Kombes Valentino SH SIk, Selasa (11/5/2021) malam.

Kegiatan Pemantauan dan pemeriksaan pos-pos perbatasan telah dilakukan sejak 6 Mei hingga menjelang lebaran, Selasa. "Ini hari terakhir saya memantau pos-pos perbatasan. Saya selalu ingatkan anggota yang bertugas benar-benar melaksanakan tugasnya. Jangan sampai melakukan negosiasi dengan pemudik, apalagi pungli ke pemudik," sebutnya.


Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, memberikan semangat dan perlengkapan penunjang di Pos Pam kepada petugas, seperti rompi Lantas, senter dan bantuan logistik untuk membantu pelaksaan tugas di lapangan. 

Kombes Valentino berharap agar petugas pos PAM dapat menyampaikan himbauan ini kepada masyarakat dengan tegas terkait aturan. "Namun tetap kedepankan senyum, sapa, salam pada saat pemeriksaan dan memutar balikan kendaraan yang berniat mudik", ujarnya.

"Hingga malam hari, kendaraan yang diputar balik mencapai 3.498, terdiri kendaraan roda dua 852 unit, mobil penumpang 1.674, bus 387, mobil barang 455 dan kendaraan khusus (Ransus) 130", ungkap Kombes Valentino.

Penyekatan ini dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah melaui Satgas Penanganan Covid-19 yang menerbitkan SE No. 13 tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H, dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama Ramadhan dan Lebaran.


"Oleh Karena itu, mobilisasi masyarakat dibatasi dengan penyekatan. Namun kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat, dan tidak semua kendaraan diputar balik, seperti angkutan cargo/barang serta melayani masyarakat yang melakukan kegiatan non mudik", katanya.

Kombes Pol Valentino mencontohkan, perjalanan dinas dengan melengkapi surat tugas, mengunjungi keluarga sakit, kemalangan, keperluan berobat ibu hamil, melahirkan dan pelayanan kesehatan darurat, dengan satu pendamping.

"Terkait sejumlah wilayah aglomerasi yang dapat pengecualian, yakni kabupaten/kota berdekatan yang mendapat izin melakukan pergerakan, namun dibatalkan, juga bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19", pungkas Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK.
Editor: Budi

T#g:Dirlantasmudikperbatasan
Berita Terkait
  • Selasa, 13 Jul 2021 18:03

    Pemasangan Batu Kiri-Kanan Badan Jalan TMMD Terus Dikebut Satgas Kodim 0204/DS

    Pemasangan batu koral sebagai pembatas kiri-kanan badan jalan TMMD terus dikebut personel Satgas Kodim 0204/Deliserdang.Pekerjaan ini ikut dibantu warga sekitar Dusun VIII Pagar Gunung, Desa Mabar, Ke

  • Jumat, 02 Jul 2021 22:22

    TNI Beri Motivasi Dan Bangkitkan Semangat Belajar Anak-Anak Perbatasan Papua

    Menghadapi masa pandemi Virus Covid-19 yang tak kunjung usai, Pos Wembi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY berinisiatif untuk mengajak anak-anak belajar bersama di Kampung Wembi, Distrik Mannem

  • Rabu, 30 Jun 2021 11:50

    Bersama Pemerintah, Satgas Yonif 512/QY Tekan Angka penyebaran Covid-19 Di Tapal Batas Papua

    Dalam rangka menekan angka penyebaran Virus Covid-19 di wilayah perbatasan Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY bersama dengan aparat TNI-Polri dan Pemda Kabupaten Keerom melakukan sweepin

  • Jumat, 25 Jun 2021 19:25

    Kapusjianstra TNI : Wilayah Perbatasan Sangat Penting Karena Menyangkut Kedaulatan Negara

    Pengelolaan wilayah perbatasan adalah hal yang sangat penting, karena menyangkut kedaulatan negara. Terdapat kencenderungan wilayah perbatasan menjadi daerah rawan degradasi kedaulatan, karena pendudu

  • Sabtu, 29 Mei 2021 14:29

    Koramil Selakau Laksanakan Pengawasan Di Posko Penyekatan

    Berlokasi di Desa Semelagi Besar, Kecamatan Selakau tepatnya di perbatasan Sambas - Singkawang, anggota satuan Koramil 06/Selakau  menggelar operasi penyekatan dan pengawasan penanganan Covid-19 Kabupaten Sambas, Jumat (28/5/2021).

  • Minggu, 23 Mei 2021 17:03

    Jemput Bola, Polsek Pasar Minggu Gelar Swab Antigen Di Pemukiman Warga

    Polsek Pasar Minggu terus mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca perayaan Idul Fitri 1442 H tahun ini. Upaya tersebut dimaksimalkan dengan melakukan swab antigen kepada warga eks-pemudik di lingkungan mereka tinggal.

  • Kamis, 20 Mei 2021 13:20

    Cegah Pemudik, Polsek Beringin Pantau Akses Jalur Rakit

    Polsek Beringin Polresta Deli Serdang eksis laksanakan patroli ke daerah perbatasan Kabupaten Deli Serdang- Kabupaten Serdang Bedagai guna cegah pemudik yang nekat melaksanakan mudik, Rabu (19/05/2021).

  • Rabu, 19 Mei 2021 05:19

    Tiga Pilar Tanjung Duren 'Jemput Bola', Swab Warganya Usai Mudik Lebaran

    Tiga Pilar Tanjung Duren jemput bola untuk lakukan swab antigen kepada warga baru kembali dari kampung halamannya di Jalan Gelong Baru Utara RT 15/07, Tomang, Gropet, Jakarta Barat pada Selasa (18/5/2021).

  • Minggu, 16 Mei 2021 16:06

    Polsek Tanjung Duren Sediakan 300 Swab Test Gratis

    Sebanyak 244 warga Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat meninggalkan Jakarta untuk berlebaran di Kampung Halamannya beberapa waktu lalu.

  • Sabtu, 15 Mei 2021 22:15

    Antisipasi lonjakan Covid-19, Warga Jakarta Barat yang mudik akan di-3T

    Tiga Pilar Jakarta Barat akan bersinergi untuk mengantisipasi warganya yang baru saja melakukan aktifitas mudik ke kampung halaman pasca perayaan hari raya Idulfitri 1 Syawal 1442 H.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak