Jumat, 29 Mar 2024 19:16
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Danramil 0824/14 Dampingi Pok Tani Pada Pelatihan Pembuatan Obat Pembasmi Jamur Padi

Jember (utamanews.com)

Oleh: Rls

Rabu, 12 Jul 2017 23:02

Danramil 0824/14 Panti Kapten Inf Agus Harijanto bersama Babinsa dan PPL Bu Yani S, Bu Umi dan Bu Tri Pamungkas melaksanakan pertemuan dengan Kelompok Tani Randu-1 Desa Serut Kec Panti Kab Jember, Rabu pagi (12/7).

Danramil 0824/14 Dampingi Pok Tani Pada Pelatihan Pembuatan Obat Pembasmi Jamur Padi
Pada pertemuan tersebut, Kapten Inf Agus Harijanto memberikan arahan agar petani lebih waspada terhadap berbagai hama yang mengancam tanamannya, karena pada saat seperti sekarang ini tanaman pada masa pertumbuhan sehingga sangat rawan terhadap serangan hama penyakit atau organisme pengganggu tanaman (OPT).

Acara dihadiri oleh Babinsa Jajaran Ramil 0824/14 Panti, Kelompok Tani Randu-1 dan anggotanya sebanyak 25 orang, yang memperhatikan dengan seksama arahan Kapten Inf Agus Harijanto. 

Selanjutnya PPL Bu Yani S dalam arahannya berharap agar petani mampu mengenal gejala dini serangan jamur maupun bakteri, agar petani mampu memahami dan dapat mengembangkan aneka sumberdaya hayati untuk fungisida maupun bakterisida, dan petani paham dan trampil membuat aneka formula fungisida dan bakterisida dalam mengantisipasinya.

Ketua Kelompok Moh Selvi Alamulhuda pada kesempatan tersebut juga menyampaikan terima kasih atas arahan yang diberikan. 

"Terkait dengan pendampingan pada program ketahanan pangan ini yang melibatkan Koramil dengan Babinsanya, yang sangat membantu petani karena ada pengarahan seperti ini baik menyangkut tehnis maupun antisipasi dan pengendalian hama sehingga kami petani sangat terbantu sekali," tuturnya.

Selanjutnya Bu Yani memperkenalkan cara membuat insektisida maupun fungisida organik yang sangat dianjurkan dalam rangka mengurangi kandungan pengaruh kimia pada tanaman pertanian, yaitu insektisida atau fungisida organic corine peanibacilius yaitu racun pembasmi jamur padi dengan bahan isolate murni peanibacilius sp, larutan PK, aquades, gula, minyak sayur dan kentang. 

Petani dan Babinsa yang hadir serius memperhatikan pemaparan Bu Yani soal bagaimana cara pembuatannya hingga cara penggunaannya pada tanaman padi. 

"Hal tersebut merupakan pengetahuan bagi kita semua dimana bahan-bahan di sekitar kita ternyata di samping dapat digunakan untuk obat, bermanfaat pula di bidang pertanian, dan tentunya dengan pemakaian bahan organik akan lebih baik bagi kita yang mengkonsumsi hasil pertaniannya nanti," jelasnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi menyampaikan terima kasih kepada jajarannya dan unsur dinas Pertanaman Pangan yang telah melaksanakan tugas pendampingan dengan baik.

"Upaya-upaya organik tersebut tentunya memberikan pengetahuan baru bagi kita semua, di samping bahannya mudah didapat, harganya murah dan menyehatkan petani serta hasil pertaniannya," ujarnya.

Editor: Dian

T#g:Kodim 0824fungisidapetani padiPupuk organik
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️