Jumat, 06 Agu 2021 11:07
  • Home
  • Ragam
  • Apel Kendaraan Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Apel Kendaraan Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Tebing Tinggi (utamanews.com)
Oleh: Athar
Senin, 12 Apr 2021 12:32
Istimewa
Dalam rangka Pengamanan Barang Milik Daerah, Pemko Tebing Tinggi melaksanakan kegiatan Apel Kendaraan Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengecek secara fisik, administrasi dan hukum terhadap kendaraan dinas Pemko Tebing Tinggi dan sebagai persiapan Pemko Tebing Tinggi untuk Pemeriksaan BPK atas Laporan Aset TA 2021 juga dalam rangka pelaksanakan Sensus Barang Milik Daerah Tahun 2021.

Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Tebing Tinggi, Senin (12/04/21), dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP, Inspektorat Kota Tebing Tinggi H. Kamlan, SH, MM, Kepala BPKPAD Jefri Sembiring, SE, MM, Assisten Pemerintahan dan Kesra Bambang Sudaryono serta perwakilan OPD se-Kota Tebing Tinggi.

Pada kesempatan ini Sekdako Tebing Tinggi menyampaikan agar tiap OPD menghadirkan seluruh kendaraan dinas yang ada di OPD baik kendaraan dinas jabatan, kendaraan dinas operasional maupun kendaraan dinas lainnya untuk dilakukan pemeriksaan secara fisik, administratif dan hukum guna persiapan Pemeriksaan Laporan Aset TA 2021 yang akan dilakukan oleh BPK.


Dalam arahannya, Sekda menjelaskan agar kendaraan dinas tersebut sudah memenuhi kewajiban seperti membayar pajak kendaraan bermotor agar aspek hukum terpenuhi dan memperhatikan ketentuan dalam penggunaan kendaraan dinas.

"Melalui kegiatan ini pula mari kita manfaatkan untuk melakukan pemeriksaan apakah kendaraan itu sudah memnuhi kewajibannya seperti membayar PKB, bagi yang belum membayar harus segera dilakukan pembayaran dan yang sudah jatuh tempo bisa langsung hari ini dibayar. Bus Samsat Keliling tolong dihadirkan jadi yang belum bayar dapat dibayar hari ini," ucapnya.

"Kendaaran dinas ini memiliki aturan yang banyak, ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi cukup banyak jadi ini bukan suatu kebanggaan, bukan suatu ogah-ogahan, kita mendapatkan amanah menggunakan kendaraan dinas. Apabila terjadi kerusakan kendaaraan dinas, yang kita gunakan diluar dari ketentuan yang ada maka menjadi tanggung jawab pengguna, jika terjadi kehilangan maka wajib ganti," lanjutnya.


Dalam akhir arahannya Sekdako meminta kepada tiap OPD untuk menertibkan kembali pemakaian kendaaran dinas ini, termasuk jika ada kendaraan yang tidak layak agar dilakukan pelelangan agar tidak membebankan anggaran.

"Pada kesempatan ini kami meminta agar data-data kendaraan Dinas yang ada di masing-masing OPD kita tertibkan kembali, kemungkinan ada OPD yg menerima hibah langsung dari Pemerintah Atasan ataupun pihak ketiga lainnya agar dicatat. Dan jika ada kendaraan yang dipakai ASN yang sudah mutasi ke OPD lain agar dikembalikan ke tempat barang tersebut terdaftar. Ini harus menjadi perhatian dan kami minta Bidang Aset BPKPAD harus tegas, kemudian bagi kendaaraan dinas yang tidak layak, yang sudah habis masa operasionalnya yang membutuhkan biaya perawatan yang luar biasa besarnya, agar segera didaftarkan untuk dilelang jangan menjadi beban anggaran," tutup Sekda.
Editor: Herda

T#g:Randis
Berita Terkait
  • Sabtu, 01 Mei 2021 10:31

    Mobil Dinas Pemko Binjai Hilang, Plt Inspektorat Belum Tegas Apa Sanksinya

    Hilangnya Mobil Dinas milik Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, nopol BK 1164 R, jenis Toyota Avanza berwarna hitam, juga dibenarkan oleh Plt Inspektur Daerah Kota Binjai, Drs Eka Edi Saputra.

  • Jumat, 30 Apr 2021 19:40

    Mobil Dinas, Laptop dan HP Sekretaris Inspektorat Binjai Hilang Dicuri Dari Tanah Tinggi

    Salah satu Mobil Dinas Milik Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, berjenis Toyota Avanza berwarna Hitam, Nopol 1164 R, yang dipakai oleh Sekretaris Inspektorat Binjai, Asri Darmawansyah AP SE, raib dibawa pencuri.

  • Jumat, 30 Apr 2021 07:40

    SOMASI: Dimana Keberadaan Kendaraan Dinas Mantan Pimpinan DPRD Tanjungbalai?

    Ketua Solidaritas Masyarakat Indonesia (SOMASI) Fitra R. Panjaitan, menyatakan, masih terdapat beberapa kendaraan dinas yang tidak sesuai peruntukannya, seperti yang terjadi di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungbalai.

  • Rabu, 30 Des 2020 22:30

    Dankolakops Korem 174/ATW Kunjungi Pos Jajaran SSK D Satgas Pamtas Yonif 125/Simbisa

    Sebagai wujud perhatian pimpinan kepada bawahannya  yang sedang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG sektor selatan, Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) Korem 174/ATW Brig

  • Selasa, 29 Des 2020 21:29

    Danrem 174 Merauke Inspeksi Kesiapan Randis Jajaran Korem Merauke

    Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko yang juga sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174 memimpin apel dan melakukan inspeksi l

  • Jumat, 31 Jul 2020 09:21

    Danseskoad Adakan Uji Kelayakan Kendaraan Satuan

    Komandan Seskoad didampingi oleh Wadan Seskoad, Inspektorat Seskoad, dan Dirlem Seskoad adakan pemeriksaan uji kelayakan kendaraan berat antara lain Bus dan Truk Seskoad, bertempat di Detasemen Markas

  • Selasa, 05 Mar 2019 10:05

    Jaga Aset, Bakamla Apel Randis

    Sebanyak 53 kendaraan dinas (Randis) diperiksa oleh Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R., yang dalam hal ini diwakili oleh Plt. Sestama Bakamla RI Laksma Bakamla Eko Jokowiyono, S.E.,M.Si.,

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak