Senin, 19 Apr 2021 00:39
  • Home
  • Ragam
  • Alperklinas Sumut Laporkan Perkembangan Gugatan Terhadap PT SOL ke DPP

Alperklinas Sumut Laporkan Perkembangan Gugatan Terhadap PT SOL ke DPP

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Minggu, 07 Mei 2017 10:25
Ketua DPD Aliansi Lembaga Perlindungan Konsumen Listrik Nasional (Alperklinas) Sumatera Utara (Sumut), Sances Sitompul, ST., didampingi Sekretaris Manahara Sitompul melaporkan perkembangan proses hukum yang didampingi oleh Alperklinas Sumut terkait pembangunan tower PT SOL (Sarulla Operation Limited), di kabupaten Tapanuli Utara, provinsi Sumut, kepada Ketua DPP Alperklinas KRT Tohom Purba, di Jakarta, Minggu (7/5/2017).

Dalam pertemuan dengan Ketua DPP ini, Sances Sitompul mengatakan bahwa pada 2 Mei lalu, telah digelar sidang perdana perkara gugatan sejumlah warga kecamatan​ Pahae Julu, kabupaten Tapanuli Utara terhadap PT SOL sebagai Tergugat I dan PT Multi Fabrindo Gemilang (Multifab) sebagai Tergugat II.

"Perkara ini teregister dengan nomor 19, 20, 21, 22 dan 24/Pdt.G/2017/PN.Trt. Dan, sudah dilaksanakan sidang perdana, kemudian sidang lanjutan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2017 nanti," tutur Sitompul kepada KRT Tohom Purba, kepada Ketua DPP Alperklinas yang juga baru saja dilantik menjadi Ketua Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (BPPH) Pemuda Pancasila DKI Jakarta, di hotel Grand Cempaka, jalan Mayjen Soeprapto, Jakarta Pusat.

Adapun permasalahan yang didampingi oleh Alperklinas Sumut adalah gugatan masyarakat Pahae Julu yang merasa dirugikan atas pembangunan tiang (pole) dan menara (tower) 11 dan 12 melalui/melintasi tanah, bangunan rumah dan ruang udara hak milik warga selaku penggugat, yang akan dipergunakan untuk menopang penghantar Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

"Kami menduga pihak PT SOL sebagai pengelola atau pelaksana proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) dan PT Multifab selaku sub kontraktor PT SOL melanggar UU Nomor 30 tahun 2009, tentang Ketenagalistrikan dan peraturan pelaksanaannya serta peraturan terkait," tutur Sances Sitompul, yang juga adalah putra daerah dimana pembangunan tersebut dilaksanakan.

Ditambahkannya, sejumlah titik lokasi pembangunan tower yang dibangun saat ini berbeda dengan yang direncanakan sebelumnya, yakni sekitar empat tahun yang lalu. 

"Kami memiliki data bahwa ada warga yang empat tahun yang lalu menerima ganti rugi namun di tanahnya tidak dibangun tower, dan ada juga yang sebelumnya tidak masuk dalam daftar penerima ganti rugi, kini di tanahnya dibangun tower, namun kompensasi hingga kini tidak diberikan," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPD Alperklinas Sumut menambahkan bahwa terkait permasalahan warga Pahae Julu kabupaten Tapanuli Utara ini, DPD Alperklinas Sumut meminta DPP untuk membawanya dalam sidang Fisuel internasional, yang akan berlangsung di Denpasar, Bali tanggal 8-10 Mei nanti, untuk menjadi salah satu pembahasan​.

Laporan dari DPD Alperklinas ini ditanggapi positif oleh DPP dan Ketua DPP Alperklinas KRT Tohom Purba menginstruksikan untuk mengawal terus proses gugatan warga terhadap PT SOL tersebut serta melaporkan setiap perkembangan situasinya.

Editor: Sam

T#g:Sances SitompulTohom Purbaalperklinas
Berita Terkait
  • Kamis, 20 Agu 2020 17:30

    Martabat Indonesia Siap Kawal Pemerintahan Konstitusional

    Masyarakat Pemantau Kewibawaan Aparatur Negara (Martabat) Indonesia, sebuah organisasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang fokus mengamati perkembangan sosial dan kebijakan politik di nusantara, men

  • Jumat, 14 Agu 2020 11:34

    Razman Arif Nasution Pimpin Rapat Pleno I Pengurus Pusat BPPH Pemuda Pancasila

    Pengurus Pusat Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (BPPH) Pemuda Pancasila masa bakti 2020-2024 menggelar rapat pleno perdananya pada Rabu (12/8/2020) siang.Bertempat di Sekretariat Majelis Pimpinan

  • Sabtu, 07 Sep 2019 20:17

    BPPH Pemuda Pancasila MPW DKI Buka Layanan Hukum dan Konsumen Gratis

    Gebrakan mulai dilakukan oleh Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (BPPH), Majelis Pimpinan Wilayah (MPW), Pemuda Pancasila (PP) Jakarta. Ya, menindak lanjuti rapat pleno ke 1 dan ke 2, BPPH MPW PP DK

  • Rabu, 10 Jul 2019 10:00

    BPPH Pemuda Pancasila DKI Jakarta Dukung Bambang Soesatyo Jadi Ketua Umum Golkar

    Dukungan pada Bambang Soesatyo untuk menjadi Ketua Umum Golkar semakin deras. Terkini, BPPH Pemuda Pancasila (PP) DKI Jakarta menyatakan dukungan pada Bamsoet, panggilan akrabnya.Ketua BPPH PP DKI Jak

  • Jumat, 01 Mar 2019 11:01

    TKN Relawan Martabat Bersatu Untuk Jokowi Maruf Akan Gelar Deklarasi di Rumah Aspirasi Rakyat #01

    Relawan Martabat Bersatu, yang tergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Capres Cawapres No 01, memastikan akan melaksanakan deklarasi guna mendukung pemenangan Jokowi-Ma'ruf pada awal

  • Rabu, 19 Des 2018 17:39

    Tohom Purba: BPPH PP DKI Ubah Image Pemuda Pancasila Jadi Lebih Intelektual

    Pemahaman hukum yang baik dapat menghindarkan anggota dan kader Pemuda Pancasila dari perbuatan melanggar hukum.

  • Senin, 01 Okt 2018 08:11

    Relawan Martabat: Jokowi Kreatif dan Tahan Banting

    Relawan Martabat untuk Jokowi-Ma'ruf, menjadi salahsatu simpul massa dalam Deklarasi Komunitas Batak Bersatu Dukung Jokowi-Ma'ruf, yang digelar di Gedung Mulia, Jalan Kebon Nanas, Jatinegara

  • Sabtu, 09 Sep 2017 15:59

    Tohom Purba Kandidat Ketua MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta 2017-2022

    JAKARTA (utamanews.com) - Sehubungan dengan berakhirnya periode Kepengurusan Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi DKI Jakarta 2012-2017, nama KRT Tohom Purba, SH, SE, ST, IP, MM.,

  • Selasa, 09 Mei 2017 19:49

    Alperklinas: Pembangunan listrik PLTPB PT SOL di Luat Pahae sarat pelanggaran

    Aliansi Lembaga Perlindungan Konsumen Listrik Nasional (Alperklinas) sangat mendukung program pemerintah dalam pembangunan Listrik Nasional 35.000 Mega Watt, yang telah dicanangkan oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi).

  • Senin, 08 Mei 2017 18:11

    Alperklinas: Pembangunan proyek PLTPB di Sarulla sarat pelanggaran

    Aliansi Lembaga Perlindungan Konsumen Listrik Nasional (Alperklinas) sangat mendukung program pemerintah dalam pembangunan Listrik Nasional 35.000 Mega Watt, yang telah dicanangkan oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak