Rabu, 28 Jul 2021 00:38
  • Home
  • Politik
  • Tidak Pro Rakyat, Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Minta Pemerintah Pikir Ulang Tentang Pajak Sekolah dan Sembako

Tidak Pro Rakyat, Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Minta Pemerintah Pikir Ulang Tentang Pajak Sekolah dan Sembako

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Sabtu, 12 Jun 2021 15:52
Istimewa
Pdt DR Willem Simarmata
Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata menilai rencana pemerintah untuk mengadakan Pajak Pertambahan Nilai atas Sekolah dan produk pertanian, perikanan, peternakan, dan lain sejenisnya tidak pro rakyat. Terutama dalam kondisi Pandemi Covid-19 saat ini yang sangat berpengaruh kepada perekonomian masyarakat.

"Kebijakan ini kurang pro rakyat, tidak berpihak kepada mendorong peningkatan daya beli masyarakat. Justru, dugaan kita, akan semakin memperkeruh situasi jika sampai pajak atas sekolah dan bahan pokok ini diberlakukan," ujar Senator asal Sumut itu kepada wartawan, Sabtu (12/6/2021), menanggapi rencana Pemerintah akan menarik Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 12% atau jasa pendidikan lainnya. Pemerintah berencana menghapus jasa pendidikan dari daftar objek non-jasa kena pajak (JKP) pada pasal 4a draf perubahan UU No 6 tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Dalam pasal yang sama, disebutkan barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak dihapus dalam RUU KUP sebagai barang, akan dikenakan PPN.

Dimana dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 99/PMK.010/2020 tentang Kriteria dan/atau Rincian Barang Kebutuhan Pokok yang Tidak Dikenai Pajak Pertambahan Nilai, jenis barang kebutuhan pokok yang dimaksud, yakni beras dan gabah, jagung, sagu, kedelai, garam konsumsi, daging, telur, susu, buah-buahan, sayur-sayuran, dan ubi-ubian.

Justru dalam draf RUU KUP ayat (1) tarf PPN dapat dubah menjadi paling rendah 5 persen dan paling tinggi 15 persen. Padahal pengaturan tentang sembako yang merupakan barang sangat dibutuhkan masyarakat sebelumnya tidak dikenakan PPN, seperti diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 144 Tahun 2000 tentang Jenis Barang yang Tidak Dikenakan Pajak Pertambahan Nilai.

Atas dasar itu, Ephorus (emeritus) HKBP ini sangat berharap agar pemerintah memikirkan ulang pelaksanaan rencana kebijakan tersebut. Bahkan, menurutnya kondisi perekonomian masyarakat sedang sangat terpuruk saat ini.

"Bangsa ini tidak akan kuat tanpa dukungan segenap lapisan masyarakat. Bukan mau mengatakan bahwa pajak tidak perlu, sangat perlu dan penting. Tetapi untuk sektor pendidikan, pertanian, perikanan maupun peternakan belum waktunya. Kondisi perekonomian saat ini harus menjadi perhatian," ujarnya.

Bahkan, Pdt Willem sependapat bahwa seluruh warga Negara wajib membayar pajak. Sebagai bukti kepatuhan kepada Negara dan pemerintahnya. Namun, saat ini seluruh lapisan masyarakat terdampak akan pandemi yang melanda ini.

Berbagai tanggapan telah diolontarkan di media termasuk Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo, yang tidak membantah mengenai kemungkinan pemungutan PPN sembako.

Dia menyebutkan pemerintah tidak akan membabi buta dalam memungut pajak. Adanya ruang yang dibuka dalam draf RUU tersebut akan menjadi kendala di masa mendatang dengan adanya celah untuk memberlakukan PPN untuk kebutuhan pokok dan jasa pendidikan tersebut.

"Kita minta dengan sangat, agar pemerintah memikirkan ulang untuk menerapkan peraturan dan kebijakan tersebut," katanya.
Editor: Budi

T#g:DPD RIRUUWillem Simarmata
Berita Terkait
  • Jumat, 09 Jul 2021 18:29

    Peduli, Pdt Willem TP Simarmata Berikan Bantuan Beras untuk Warga Korban Puting Beliung

    Sejumlah rumah di pinggiran Kota Medan tepatnya di Tanjung Selamat, Deliserdang dan sekitarnya mengalami kerusakan akibat angin puting beliung yang terjadi pada 28 Juni 2021.Atap sejumlah rumah beterb

  • Jumat, 28 Mei 2021 18:58

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Deliserdang

    Selama tiga hari, 21-23 Mei 2021, Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengadakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Wisma HKBP Penara, Desa Wonosari, Kab Deli Serdang.

  • Senin, 17 Mei 2021 21:57

    Senator Pdt Willem TP Simarmata Beri Bantuan Beras untuk Pesantren Mantan Teroris

    Anggota DPD RI asal Sumut Pdt Willem TP Simarmata mengunjungi Pondok Pesantren Al-Hidayah di Jl Sawit Rejo, Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Senin (17/5/2021).

  • Jumat, 02 Apr 2021 10:02

    TP2GD Sumut Usulkan HM Arsyad Thalib Lubis Jadi Pahlawan Nasional

    Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar sidang kajian untuk pengusulan gelar pahlawan nasional. Setelah mengkaji pengusulkan nama Sanusi Pane d

  • Minggu, 28 Mar 2021 18:28

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Kecam Keras Tindakan Biadab Pelaku Bom Katedral

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengecam aksi bom bunuh diri yang menelan korban di Gereja Katedral Makassar Jalan Kajaolalodo - Botolempangan, Minggu (28/3/2021). Bom bunuh diri terjadi sekita

  • Selasa, 09 Mar 2021 16:29

    RUU Pemilu resmi dikeluarkan dari Prolegnas 2021

    Keputusan Rapat Kerja (Raker) Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dengan pemerintah dan Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI menyepakati Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pemilu dikeluarkan da

  • Rabu, 03 Mar 2021 18:33

    Pdt Willem TP Simarmata: Erupsi Sinabung Layak Ditetapkan Sebagai Bencana Nasional

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengatakan bencana erupsi gunung Sinabung sudah layak ditetapkan sebagai bencana nasional. Erupsi terjadi sejak 27 Agustus 2010, dan kemarin kembali memindahkan

  • Kamis, 18 Feb 2021 16:28

    Anggota DPD RI, Dr Willem TP Simarmata Temui Ketua MUI Sumut

    Anggota DPD RI, Pdt Dr Willem TP Simarmata, MA temui Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, Kamis (18/02/2021), di Kantor MUI Sumut Jl Majelis Ulama No 3 Gaharu, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Sumu

  • Selasa, 16 Feb 2021 20:06

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Ajak Gereja Pelihara Kearifan Lokal Jaga Keutuhan NKRI

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata MA bertemu pucuk pimpinan sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) di Kantor Sinode GKPS Pematangsiantar, Selasa (16/2/2021).

  • Jumat, 05 Feb 2021 05:05

    DPD RI Apresiasi Pemprov Sumut Tindaklanjuti Rekomendasi BPK RI

    Badan Akuntabilitas Publik Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (BPD DPD RI) mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) terkait tindaklanjut Ikhtisar Hasil Pemeriks

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak