Jumat, 15 Jan 2021 21:58
  • Home
  • Politik
  • Tidak Pakai Masker Denda Rp100 Ribu dan 300 Ribu Akan Diberlakukan di Labuhanbatu

Tidak Pakai Masker Denda Rp100 Ribu dan 300 Ribu Akan Diberlakukan di Labuhanbatu

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Jumat, 18 Sep 2020 20:28
Istimewa
Sanksi berupa denda uang sebesar 100 ribu rupiah akan diberlakukan di kabupaten Labuhanbatu kepada masyarakat perorangan apabila tidak memakai masker. Selain perorangan, para pendagang juga mendapatkan sanksi denda sebesar 300 ribu rupiah.

Harapannya dengan diberlakukannya sanksi dan denda tersebut masyarakat dapat mematuhi dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada pemerintah dalam upaya mencegah, penyebaran covid 19 di Kabupaten Labuhanbatu.

Tetapi sebelum diberlakukan sanksi dan denda tersebut kepada perorangan dan pedagang, terlebih dahulu diterapkan sanksi teguran secara lisan atau teguran secara tertulis serta sanksi sosial berupa kerja sosial, dan penerapan sanksi disesuaikan dengan situasi dan kondisi di masing- masing lokasi.

Demikian disampaikan Sekda Kabupaten Labuhanbatu, Ir. Muhammad Yusuf, M.MA, Kamis (17/9/20) dalam rapat koordinasi bersama Forkopimda dan OPD terkait, membacakan peraturan Bupati nomor 43 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019, bertempat di ruang rapat bupati Labuhanbatu jalan SM Raja Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan.



Sekda kabupaten Labuhanbatu juga menyampaikan saran dan masukan antara lain pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan menjalankan instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019.

Kata Sekda saat itu, "Sebelum kita menertibkan kepada masyarakat saya berharap kepada kasat Pol PP agar menertibkan para ASN kita, bagi yang masuk kantor agar wajib memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke kantor."

Setelah itu sambung Sekda, "Kita menertibkan keluar melalui sosialisasi kepada masyarakat pedagang yang dilakukan oleh dinas kesehatan, Satpol PP dan dibantu Polres serta Kodim."

"Apabila sudah kita sosialisasikan kepada masyarakat dan pedagang tetapi masih ada juga yang tidak mematuhi peraturan bupati Labuhanbatu tentang penanganan covid 19, kita akan memberi teguran, tindakan, bahkan kita berikan denda Rp.100.000 bagi perorangan dan Rp. 300.000 bagi pedagang," sebut Sekda.

Menanggapi Peraturan Bupati nomor 43 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu, H. Kamal Ilham menyampaikan bahwa dinas Kesehatan siap untuk melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat mulai tingkat atas sampai tingkat bawah dalam pencegahan penyebaran covid 19.

Kemudian ungkapnya, "Kabupaten Labuhanbatu untuk sekarang ini berstatus zona kuning jadi kita berharap Labuhanbatu menjadi zona hijau dengan mengadakan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat."



"Kami sangat berterima kasih kepada TNI Polri yang selalu mendampingi kita semua dalam melaksanakan himbauan kepada masyarakat untuk tetap melakukan protokoler kesehatan dengan menjaga jarak mencuci tangan dan memakai masker", sebutnya.

"Saya berharap kepada pihak RSUD Rantauprapat agar selalu bekerjasama dengan dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu dalam data pasien yang terpapar covid 19 dan untuk dirujuk ke Rumah Sakit Medan," pinta Kamal.

Sementara itu Beibi Lismainur (Perwakilan RSUD Rantauprapat), menyampaikan "Kami mohon kepada Ketua Tim Gugus Covid 19 agar benar-benar menegakkan disiplin protokol kesehatan bagi masyarakat."

"Dan kami akan selalu melaksanakan protokoler kesehatan dengan memakai masker dan selalu mencuci tangan," sebutnya.

Di tempat yang sama Kasatpol PP Labuhanbatu, M. Yunus, SH menyampaikan, "Kami akan selalu siap untuk mengawal dan mensosialisasikan kepada masyarakat dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19."

"Kami kami juga akan selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan TNI Polri dan aparat terkait dalam menghimbau kepada masyarakat agar melaksanakan protokoler kesehatan dengan mencuci tangan memakai masker dan hindari tempat keramaian," tegas M Yunus.

Pantauan awak media di lapangan, dalam hal ini Kodim 0209/LB di bawah komando Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, S.E. M.Tr (Han) dan Polres Labuhanbatu dibawah Komando AKBP Deni Kurniawan, S.I.K. M.H, sudah lebih dulu melakukan himbauan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 di masyarakat.

Editor: Budi

T#g:LabuhanbatuMaskerSanksi
Berita Terkait
  • Kamis, 14 Jan 2021 18:34

    TMMD ke 110 Kodim 0209/LB di Kabupaten Labura Akan Dilaksanakan di Awal Maret Tahun 2021

    Komandan Kodim (Dandim) 0209/LB Letkol Inf. Asrul kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han) menghadiri rapat koordinasi dan sinkronisasi bersama Plt Bupati Labuhanbatu Utara, Sekda dan jajaran SKPD kabupate

  • Selasa, 12 Jan 2021 17:32

    Dandim 0209/LB Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap Paparkan Kesiapan TMMD ke-110 TA 2021

    Didepan Pejabat Utama Kodam I/BB yang dipimpin Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, melalui Kasdam, Brigjen TNI Didied Pramudito, Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr

  • Selasa, 12 Jan 2021 14:52

    Kapolres Labuhanbatu Peringatkan Tempat Hiburan Malam Untuk Tidak Buka Sebelum Ada Izin

    Sejumlah pengusaha tempat hiburan malam yang berada di kota rantauprapat membuka usahanya ditengah pandemi covid-19 dan diduga tidak mengantongi izin keramaian yang dikeluarkan polres labuhanbatu.Terk

  • Senin, 11 Jan 2021 18:11

    KPU Optimis Bisa Menangkan Gugatan Sengketa Pilkada Labuhanbatu di MK?

    Terkait Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu optimis atau/ percaya diri bisa memenangkan gugatan sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dilakukan pasangan calon (paslon) E

  • Minggu, 10 Jan 2021 14:20

    Henrico Sopar Hutapea Berharap Laporannya di Polres labuhanbatu Cepat Selesai dan Tersangka Segera Ditangkap

    Henrico Sopar Hutapea (45) warga Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu melalui media ini, Minggu (10/01/2021) sekira pukul 12.07 Wib, menyampaikan harapan semoga laporan

  • Rabu, 06 Jan 2021 18:25

    Buntut Unras Aliansi Ummat Bersatu Cinta NKRI, Kapolres Labuhanbatu Undang Perwakilan Ormas Islam

    Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, S.I.K.,M.H mengundang perwakilan pimpinan ormas Islam Labuhanbatu untuk melakukan dialog pasca terjadinya unjuk rasa sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan

  • Rabu, 06 Jan 2021 08:36

    Kuasa Hukum ASRI Halomoan Panjaitan, SH Optimistis MK Tolak Gugatan Tim Hukum Paslon 2, Erik Adtrada - Elly Rosa

    Terkait viralnya pemberitaan dan media sosial (medsos) oleh oknum yang menggiring opini ke publik dengan mencari-cari kelemahan lain. Apakah opini ini menuding penyelenggaraan Pilkada Labuhanbatu mela

  • Rabu, 06 Jan 2021 06:06

    Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Masuk Zona Merah, Muspika Operasi Masker

    Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Wuluhan Kabupaten Jember, sangat kompak dalam melakukan upaya menekan laju perkembangan Covid 19, apalagi kecatan tersebut saat iniasih masuk daerah zona merah.

  • Selasa, 05 Jan 2021 12:45

    Kodim 0209/LB Terima Sembako Dari PPM Labusel Untuk Disalurkan Kepada Warga Yang Membutuhkan

    Pengurus Cabang (PC) Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Labuhanbatu Selatan menyalurkan bantuan bahan sembako kepada Kodim 0209/LB. Penyerahannya pun diterima langsung oleh Dandim Letkol Inf Asrul Kur

  • Selasa, 05 Jan 2021 07:35

    Korlap Aksi Unras Aliansi Ummat Bersatu Cinta NKRI Di DPRD Labuhanbatu Diamankan Polisi

    Koordinator lapangan (Korlap) yang mengelar aksi unjuk rasa didepan kantor DPRD kabupaten Labuhanbatu yang mengatas namakan Aliansi Ummat Bersatu Cinta NKRI diamankan pihak kepolisian Polres Labuhanba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak