Jumat, 27 Nov 2020 03:53
KPU
  • Home
  • Politik
  • Gubernur Sumut Kukuhkan 29 TPAKD Kabupaten/Kota

Gubernur Sumut Kukuhkan 29 TPAKD Kabupaten/Kota

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Selasa, 20 Okt 2020 18:10
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut/ Veri Ardian
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengukuhkan 29 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota. Diharapkan TPAKD tersebut dapat bekerja dengan nyata, serta mendorong percepatan pemulihan perekonomian daerah di masa pandemi Covid-19.

Diketahui, pandemi Covid-19 telah berdampak pada banyak sektor, termasuk sektor ekonomi yang melemah akibat daya beli masyarakat menurun. Untuk itu dilakukan berbagai upaya termasuk memperluas akses keuangan masyarakat, salah satunya dengan pembentukan TPAKD.

Sebanyak 29 TPAKD yang dikukuhkan adalah Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhan Batu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Pakpak Bharat, Samosir, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidimpuan, Pematangsiantar, Sibolga dan Tanjungbalai.


"Diharapkan dengan pengukuhan ini, TPAKD bergerak secara konkret, terutama pada masa pandemi ini demi menggerakkan ekonomi rakyat. Untuk maksimalkan potensi wilayah masing-masing," Kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai pengukuhan TPAKD Sumut di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (20/10).

Gubernur yang juga Ketua Pengarah TPAKD Sumut juga mengharapkan pemerintah kabupaten/kota agar tetap optimis bisa keluar dari kesulitan ini, dengan terus mengoptimalkan potensi wilayah masing-masing. Sehingga perekonomian daerah yang cenderung menurun beberapa waktu terakhir dapat segera kembali pulih.

Terbanyak di Indonesia

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tirta Segara mengapresiasi pembentukan 29 TPAKD di Sumut. Karena ini merupakan pembentukan TPAKD yang terbanyak di Indonesia.


Dengan pengukuhan hari ini, jumlah TPAKD yang telah terbentuk saat ini adalah 197 TPAKD, yang terdiri dari 32 TPAKD tingkat provinsi dan 165 TPAKD tingkat kabupaten/kota. "TPAKD di Sumut ini merupakan yang terbanyak yang telah membentuk TPAKD," Ujar Tirta.

Kata Tirta, OJK berkomitmen untuk terus memperluas akses keuangan di Indonesia. Namun upaya tersebut tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak saja. Perlu sinergi dan kerja sama antara seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah daerah, OJK, Bank Indonesia maupun industri jasa keuangan. Apalagi OJK sedang melaksanakan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2020 yang diadakan OJK.

"Peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui inklusi keuangan hanya dapat dicapai dengan sinergi dan kerja sama antara seluruh pemangku kepentingan," Kata Tirta.


Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut yang juga Sekretaris TPAKD Sumut Ernita Bangun mengatakan, sebelumnya sudah ada 4 TPAKD yang dibentuk di Sumut, yaitu Langkat, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Padanglawas Utara. Ernita juga memaparkan ada program percepatan pembentukan Jamkrida, sinergi program Laku Pandai 'One Village One Agent', menuju UMKM Sumut bermartabat, swasembada serta ketahanan pangan, optimalisasi sektor kelautan perikanan dan akselerasi perluasan gerakan Ayo Menabung.

Selain itu, juga diadakan penandatanganan nota kesepahaman tentang kerja sama pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) klaster pertanian, antara pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, PT Bank Sumut, PT Asuransi Jasindo dan Perusda Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara.

Turut hadir Kepala OJK Regional V Sumbagut Yusuf Ansori, Pjs Walikota Medan Arif Sudarto Trinugroho, dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.
Editor: Tessa

T#g:Edy RahmayadiTPAKD
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Senin, 23 Nov 2020 11:23

    Milad I FAHMI UMMI Sumut, Edy Rahmayadi Meminta Anggota Tetap Loyal

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta pada seluruh anggota Forum Silaturahmi Ummi Muslimah Indonesia (FAHMI UMMI) Sumut tetap menjaga loyalitas dan menjalankan organisasi. Karena beror

  • Kamis, 19 Nov 2020 05:19

    KUA PPAS R-APBD 2021 Disepakati Edy Rahmayadi Optimis Pembangunan Sumut Berjalan Lancar

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut menandatangani Nota Kebijakan Umum Anggaran - Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS)

  • Minggu, 15 Nov 2020 18:45

    Hadiri Pembukaan MTQN XXVIII di Sumbar Edy Rahmayadi : MTQ Momentum Lahir kan Generasi Pecinta Alquran

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumut Nawal Edy Rahmayadi menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasion

  • Kamis, 05 Nov 2020 09:05

    Kunjungan Kepala Deputi Hubungan Politik Belanda, Edy Rahmayadi Berharap Kerja Sama Dapat Ditingkatkan

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan penghargaan yang tinggi atas komitmen Pemerintah Kerajaan Belanda dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan di kawasan Danau Toba Sumut. D

  • Rabu, 04 Nov 2020 18:34

    Mendes PDTT Sosialisasikan Permendes 13/2020 Gubernur Edy: Sesuai Visi-Misi Membangun Desa Menata Kota

    Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) mensosialisasikan Permendes Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prior

  • Jumat, 30 Okt 2020 06:30

    Edy Rahmayadi Ingatkan Pemuda Pahami Sejarah Berdirinya Bangsa Indonesia

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengikuti pertemuan konferensi video jarak jauh dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020, sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 Angkata

  • Senin, 26 Okt 2020 20:26

    Tinjau Kesiapan Kedatangan Presiden ke Humbahas Gubernur Yakinkan Konsep Sumut Agraris Segera Diwujudkan

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau persiapan kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam agenda peresmian lahan pertanian terpadu, Food Esta

  • Kamis, 22 Okt 2020 19:22

    Gubernur Teken MoU Perencanaan Mobilitas Perkotaan Berkelanjutan MEBIDANGRO

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menandatangani nota kesepahaman (MoU)  tentang perencanaan mobilitas perkotaan berkelanjutan atau Sustainable Urban Mobility Plan (SUMP) dengan Pemer

  • Kamis, 22 Okt 2020 00:22

    Edy Rahmayadi Minta Kabupaten/Kota Optimalkan Penyerapan Anggaran

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumut untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran. Pasalnya hingga saat ini ada beberapa kabupaten/kota masih mi

  • Rabu, 14 Okt 2020 09:44

    Gubernur Sumut Isi Kuliah Umum di Unika Santo Thomas

    Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan motivasi kepada para mahasiswa Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas di Gedung Convention Hall Bina Media, Kampus I Jalan Setia Budi Medan, Selasa (13/10).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak