Senin, 14 Jun 2021 00:17
  • Home
  • Politik
  • Gubernur Sumut Kukuhkan 29 TPAKD Kabupaten/Kota

Gubernur Sumut Kukuhkan 29 TPAKD Kabupaten/Kota

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Selasa, 20 Okt 2020 18:10
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut/ Veri Ardian
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengukuhkan 29 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota. Diharapkan TPAKD tersebut dapat bekerja dengan nyata, serta mendorong percepatan pemulihan perekonomian daerah di masa pandemi Covid-19.

Diketahui, pandemi Covid-19 telah berdampak pada banyak sektor, termasuk sektor ekonomi yang melemah akibat daya beli masyarakat menurun. Untuk itu dilakukan berbagai upaya termasuk memperluas akses keuangan masyarakat, salah satunya dengan pembentukan TPAKD.

Sebanyak 29 TPAKD yang dikukuhkan adalah Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhan Batu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Pakpak Bharat, Samosir, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidimpuan, Pematangsiantar, Sibolga dan Tanjungbalai.


"Diharapkan dengan pengukuhan ini, TPAKD bergerak secara konkret, terutama pada masa pandemi ini demi menggerakkan ekonomi rakyat. Untuk maksimalkan potensi wilayah masing-masing," Kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai pengukuhan TPAKD Sumut di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (20/10).

Gubernur yang juga Ketua Pengarah TPAKD Sumut juga mengharapkan pemerintah kabupaten/kota agar tetap optimis bisa keluar dari kesulitan ini, dengan terus mengoptimalkan potensi wilayah masing-masing. Sehingga perekonomian daerah yang cenderung menurun beberapa waktu terakhir dapat segera kembali pulih.

Terbanyak di Indonesia

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tirta Segara mengapresiasi pembentukan 29 TPAKD di Sumut. Karena ini merupakan pembentukan TPAKD yang terbanyak di Indonesia.


Dengan pengukuhan hari ini, jumlah TPAKD yang telah terbentuk saat ini adalah 197 TPAKD, yang terdiri dari 32 TPAKD tingkat provinsi dan 165 TPAKD tingkat kabupaten/kota. "TPAKD di Sumut ini merupakan yang terbanyak yang telah membentuk TPAKD," Ujar Tirta.

Kata Tirta, OJK berkomitmen untuk terus memperluas akses keuangan di Indonesia. Namun upaya tersebut tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak saja. Perlu sinergi dan kerja sama antara seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah daerah, OJK, Bank Indonesia maupun industri jasa keuangan. Apalagi OJK sedang melaksanakan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2020 yang diadakan OJK.

"Peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui inklusi keuangan hanya dapat dicapai dengan sinergi dan kerja sama antara seluruh pemangku kepentingan," Kata Tirta.


Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut yang juga Sekretaris TPAKD Sumut Ernita Bangun mengatakan, sebelumnya sudah ada 4 TPAKD yang dibentuk di Sumut, yaitu Langkat, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Padanglawas Utara. Ernita juga memaparkan ada program percepatan pembentukan Jamkrida, sinergi program Laku Pandai 'One Village One Agent', menuju UMKM Sumut bermartabat, swasembada serta ketahanan pangan, optimalisasi sektor kelautan perikanan dan akselerasi perluasan gerakan Ayo Menabung.

Selain itu, juga diadakan penandatanganan nota kesepahaman tentang kerja sama pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) klaster pertanian, antara pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, PT Bank Sumut, PT Asuransi Jasindo dan Perusda Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara.

Turut hadir Kepala OJK Regional V Sumbagut Yusuf Ansori, Pjs Walikota Medan Arif Sudarto Trinugroho, dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.
Editor: Tessa

T#g:Edy RahmayadiTPAKD
Berita Terkait
  • Rabu, 09 Jun 2021 20:29

    Menparekraf Sandi Kunjungi Desa Wisata Paloh Naga, Edy Rahmayadi: Pariwisata Tulang Punggung Ekonomi Daerah

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, bersama dengan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, mengunjungi salah satu destinasi

  • Selasa, 08 Jun 2021 18:08

    Gubernur Edy Rahmayadi Resmikan Masjid Silaturrahim di Binjai Timur

    Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, bersama Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah, MAP, meresmikan Masjid Silaturrahim, yang beralamat di Jalan Dr Wahidin, tepatnya di lingkungan IX Kelurahan Sumber Mu

  • Selasa, 01 Jun 2021 13:01

    Gubernur Edy Rahmayadi Gandeng Forum CSR Sumut Sinkronkan Program Pemerintah

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi optimis taraf hidup masyarakat akan meningkat apabila seluruh pihak terkait bersinergi. Untuk itu, Gubernur menggandeng Forum Corporate Social Responsibil

  • Jumat, 28 Mei 2021 10:28

    Edy Rahmayadi Sambut Baik Perayaan Waisak Permabudhi, Mohon Maaf Tak Bisa Hadir

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut baik perayaan Waisak yang akan digelar Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Sumut pada 30 Mei 2020 di Kota Medan. Diharapkan perayaan ter

  • Jumat, 21 Mei 2021 22:21

    Edy Rahmayadi Sambut Baik Kunjungan Imam Palestina Syech Mahmoud

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima dan menyambut baik kunjungan Syech Mahmoud Mohammed Abd Ell-al, Imam Masjid Palestina di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman Nomor

  • Selasa, 18 Mei 2021 05:18

    Gubernur Edy Sidak Usai Libur Lebaran

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Senin (17/5).

  • Kamis, 06 Mei 2021 20:16

    Responsif tanggapi keluhan Bobby, Korwil I GMKI: Fungsi koordinasi adalah tugas Gubernur

    Protes Walikota Medan Walikota Medan Bobby Nasution kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang tidak mengkoordinasikan lokasi isolasi atau karantina dalam penanganan WNI tiba dari luar

  • Senin, 03 Mei 2021 15:43

    Abaikan Petunjuk Gubernur Edy Rahmayadi, Walikota Binjai Tetap Akan Sholat Ied di Lapangan Merdeka

    Guna mencegah kerumunan saat pandemi Covid-19, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menghimbau untuk meniadakan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah.Hal itu disampaikan Gubsu dalam rapat mengenai peniada

  • Minggu, 02 Mei 2021 14:01

    Edy Rahmayadi Terus Pertahankan Tradisi Buka Puasa dengan Tahfiz dan Anak Yatim

    Bulan Ramadan umat muslim berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya. Sebagian besar dari orang bahkan memiliki tradisi yang dipercaya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

  • Senin, 26 Apr 2021 19:26

    Edy Rahmayadi Tetap Lakukan Pelantikan Dalam Suasana Duka

    Walau masih dalam suasana duka, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi tetap melakukan pelantikan delapan kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Sumut. Hal itu mend

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak