Senin, 06 Jul 2020 00:30

DPRD Sumut Kunjungi Desa Hatapang

Labuhanbatu Utara (utamanews.com)
Oleh: Darwin Marpaung
Sabtu, 25 Jan 2020 06:25
Darwin Marpaung
Menindak lanjuti berbagai pengaduan dan keluhan masyarakat serta sebagai bentuk kepedulian DPRD Prov. Sumut terhadap masyarakat Hatapang yang terkena banjir.  yang mana masyarakat pada waktu itu, telah menyampaikan dengan lisan dan tulisan baik melalui media sosial maupun secara lisan.  

Mereka sampaikan bahwa terjadinya banjir bandang yang meluluh lantakkan rumah masyarakat di Desa Pematang dan hatapang diduga akibat bersumber dari aktivitas kegiatan yang dilakukan oleh PT. LBI dengan menumbang pohon-pohon kayu yang ada di hulu Desa Hatapang. 

Sebelumnya DPRD Prov. Sumut Komisi B telah melaksanakan (RDP) Rapat Dengar Pendapat di Ruang Komisi B Kantor DPRD Sumut di Medan, dengan mengundang  Pemerintah  Provinsi  dan Pemerintah Kab. Labura,  Dinas Kehutan Sumut, KPH V Aek Kanopan Penggiat Lingkungan Hidup ( DPN Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup) Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat Hatapang. 

Hasil RDP memutuskan,  agar Tim DPRD Komisi B bersama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara untuk turun melihat langsung lokasi terjadinya banjir bandang tersebut.  

DPRD pun menjadwalkan waktu kunjungannya ke Hatapang pada hari Jum'at (24/1/2019). 

Komisi B yang dipimpin oleh Viktor Silaen, SE,. MM., itu sampai ke Desa Hatapang pada pukul 9:00 wib hingga pada pukul 12:00 Wib. 

Tim DPRD datang bersamaan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, KPH Wil  V Aek Kanopan, Camat NA IX-X , Kapolsek Aek Natas, Kepala Desa Hatapang, Babinsa Desa Hatapang, DPN LKLH, serta puluhan warga  hatapang turun melihat titi permanen yang putus akibat  dihantam banjir bandang.

Tak hanya titi yang putus, terlihat dipinggiran Sungai dan permukiman masyarakat terdapat potongan-potongan kayu yang panjang dan besar. 

Dilokasi itu, salah satu dari pihak masyarakat meminta,  ''apapun ceritanya izin  PT. LBI harus dicabut dan segala aktivitasnya harus dihentikan,'' kata Pardamean Sipahutar. 

Setelah mendengar permohonan  dari Masyarakat, agar kegiatan PT.LBI segera dihentikan. Nah,  menampung aspirasi masyarakat tersebut pihak DPR meminta kepada pihak dinas kehutanan supaya membuat surat kepada PT. LBI agar menghentikan sementara aktivitasnya sebelum tim investigasi turun untuk meneliti apa sebenarnya penyebab terjadinya banjir bandang. 

''Saya minta pihak Dinas Kehutanan membuat surat penghentian sementara aktivitas  PT. LBI.  hal itu,  untuk menghindari terjadinya konflik dan keresahan yang dirasakan oleh  masyarakat''.  kata Zeira Salim Ritonga Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut''. 

Menyahuti permintaan DPRD itu , Dinas Kehutanan meminta agar pihak masyarakat membuat surat permohonan penghentian aktivitas PT. LBI yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Utara, Dinas Kehutanan Sumatera Utara, dan DPRD Prov. Sumatera Utara. 
Editor: Budi

T#g:dprdsu
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Kamis, 04 Jun 2020 18:04

    KPK terima Rp422,5 juta dari sejumlah saksi terkait kasus DPRD Sumut

    Selama pemeriksaan saksi-saksi, penyidik telah membuat tanda terima pengembalian uang Rp422.500.000 untuk kemudian sesuai mekanisme Undang-Undang, berikutnya dimintakan izin penyitaan kepada dewas (Dewan Pengawas KPK).

  • Selasa, 26 Mei 2020 20:26

    Wagub Berharap Pansus Covid-19 DPRD Sumut Dapat Mengawasi Kinerja GTPP

    Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi terbentuknya Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Sumut. Diharapkan pansus ini dapat membant

  • Rabu, 15 Apr 2020 20:25

    Gubernur dan DPRD Sumut Bahas Perkembangan Penanganan Covid-19

    Gubsu Edy Rahmayadi mengadakan pertemuan dengan anggota DPRD Sumut di Pendopo Rumah Dinas, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (15/4). Pertemuan tersebut membahas tiga hal yaitu fisik, non fisik dan menjaga jalannya perusahaan.

  • Jumat, 20 Mar 2020 15:50

    Pimpinan DPRD Sumut Akui Ada Anggota Diisolasi Di RSUP Adam Malik Medan

    Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution mengakui bahwa ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari DPRD Sumut yakni Aulia Rizky Agsa.

  • Kamis, 19 Mar 2020 12:49

    H. Santoso DPRD Sumut: Libur bukan untuk liburan, Ayo cegah Covid-19

    H. Santoso, S.H. Anggota DPRD Sumut meminta para orangtua siswa yang diliburkan sekolahnya untuk tidak membawa anak tersebut liburan.

  • Kamis, 20 Feb 2020 10:00

    Komisi E DPRDSU Tantang Rumah Sakit Di Medan Deklarasi "Dokter Kami Fulltimer"

    Dimas Tri Adji, S.I.Kom., Ketua E DPRD Sumut menyatakan bahwa bila tidak ada terobosan baru, bila semuanya berjalan sesuai aturan yang ada, pelayanan kesehatan di Sumatera Utara, khususnya di kota Med

  • Jumat, 24 Jan 2020 07:24

    Terkait Banjir di Hatapang, DPRD Sumut Berkunjung Ke Labura

    Terkait banjir bandang yang terjadi pada 28 Desember 2019 yang lalu, Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara, berkunjung ke Labuhanbatu Utara dan meminta keterangan dan

  • Rabu, 08 Jan 2020 08:38

    Zeira Salim Anggota DPRD Sumatera Utara Minta Izin PT. LBI Dicabut

    Terkait banjir bandang yang melanda Dua (2) Desa tiga (3) Dusun yang merusakkan Seratus Lebih Rumah Warga dan 5 Orang Meninggal Dunia 2 orang lagi belum ditemukan jasadnya hingga sampai saat ini.Berda

  • Sabtu, 02 Nov 2019 19:12

    Plt Wali Kota Hadiri Syukuran Pelantikan Ketua DPRD Sumut

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menghadiri syukuran atas pelantikan Drs Baskami Ginting sebagai Ketua DPRD Sumut di Rumah Dinas Ketua DPRD Sumut Komplek Tasbi Blok RR Me

  • Selasa, 17 Sep 2019 08:47

    Edy Rahmayadi Sebut DPRD Sumut Teman Berpikir dan Bekerja

    Sebanyak 100 Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) periode 2019-2024, resmi dilantik, Senin (16/9), dalam Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Sumut, di Gedung DPRD Sumut, Jalan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak