Jumat, 06 Agu 2021 11:10

DPRD Sumut Kunjungi Desa Hatapang

Labuhanbatu Utara (utamanews.com)
Oleh: Darwin Marpaung
Sabtu, 25 Jan 2020 06:25
Darwin Marpaung
Menindak lanjuti berbagai pengaduan dan keluhan masyarakat serta sebagai bentuk kepedulian DPRD Prov. Sumut terhadap masyarakat Hatapang yang terkena banjir.  yang mana masyarakat pada waktu itu, telah menyampaikan dengan lisan dan tulisan baik melalui media sosial maupun secara lisan.  

Mereka sampaikan bahwa terjadinya banjir bandang yang meluluh lantakkan rumah masyarakat di Desa Pematang dan hatapang diduga akibat bersumber dari aktivitas kegiatan yang dilakukan oleh PT. LBI dengan menumbang pohon-pohon kayu yang ada di hulu Desa Hatapang. 

Sebelumnya DPRD Prov. Sumut Komisi B telah melaksanakan (RDP) Rapat Dengar Pendapat di Ruang Komisi B Kantor DPRD Sumut di Medan, dengan mengundang  Pemerintah  Provinsi  dan Pemerintah Kab. Labura,  Dinas Kehutan Sumut, KPH V Aek Kanopan Penggiat Lingkungan Hidup ( DPN Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup) Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat Hatapang. 

Hasil RDP memutuskan,  agar Tim DPRD Komisi B bersama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara untuk turun melihat langsung lokasi terjadinya banjir bandang tersebut.  

DPRD pun menjadwalkan waktu kunjungannya ke Hatapang pada hari Jum'at (24/1/2019). 

Komisi B yang dipimpin oleh Viktor Silaen, SE,. MM., itu sampai ke Desa Hatapang pada pukul 9:00 wib hingga pada pukul 12:00 Wib. 

Tim DPRD datang bersamaan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, KPH Wil  V Aek Kanopan, Camat NA IX-X , Kapolsek Aek Natas, Kepala Desa Hatapang, Babinsa Desa Hatapang, DPN LKLH, serta puluhan warga  hatapang turun melihat titi permanen yang putus akibat  dihantam banjir bandang.

Tak hanya titi yang putus, terlihat dipinggiran Sungai dan permukiman masyarakat terdapat potongan-potongan kayu yang panjang dan besar. 

Dilokasi itu, salah satu dari pihak masyarakat meminta,  ''apapun ceritanya izin  PT. LBI harus dicabut dan segala aktivitasnya harus dihentikan,'' kata Pardamean Sipahutar. 

Setelah mendengar permohonan  dari Masyarakat, agar kegiatan PT.LBI segera dihentikan. Nah,  menampung aspirasi masyarakat tersebut pihak DPR meminta kepada pihak dinas kehutanan supaya membuat surat kepada PT. LBI agar menghentikan sementara aktivitasnya sebelum tim investigasi turun untuk meneliti apa sebenarnya penyebab terjadinya banjir bandang. 

''Saya minta pihak Dinas Kehutanan membuat surat penghentian sementara aktivitas  PT. LBI.  hal itu,  untuk menghindari terjadinya konflik dan keresahan yang dirasakan oleh  masyarakat''.  kata Zeira Salim Ritonga Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut''. 

Menyahuti permintaan DPRD itu , Dinas Kehutanan meminta agar pihak masyarakat membuat surat permohonan penghentian aktivitas PT. LBI yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Utara, Dinas Kehutanan Sumatera Utara, dan DPRD Prov. Sumatera Utara. 
Editor: Budi

T#g:dprdsu
Berita Terkait
  • Senin, 26 Jul 2021 17:36

    DPRD Sumut Dalami Informasi Oknum Kepala Sekolah Langgar Permendikbud Nomor 6 tahun 2018

    Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hendro Susanto, berjanji akan segera mencari informasi resmi ke Dinas Pendidikan Provsu, terkait Oknum Kepala Se

  • Jumat, 25 Jun 2021 05:25

    Ranperda Pertanggungjawaban APBD Sumut TA 2020 Disetujui

    Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumatera Utara (Sumut) Tahun Anggaran (TA) 2020, disetujui menjadi Peraturan

  • Jumat, 18 Jun 2021 17:58

    Usai Datangi MTs Negeri, Hendro Silaturahmi ke MAN Binjai

    Usai mendatangi Sekolah MTs Negeri Binjai, yang beralamat di Jalan Pekan Baru, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Anggota DPRD Sumut dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini sel

  • Jumat, 18 Jun 2021 15:48

    Soal 16 Siswa Siluman, Ketua Komisi A DPRD Sumut Temui Kepala Sekolah MTs Negeri Binjai

    Guna menindaklanjuti laporan dari masyarakat, serta adanya kabar santer dipemberitaan terkait adanya dugaan 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai yang beralamat di Jalan Pekan Baru, Kelurahan Rambung

  • Kamis, 10 Jun 2021 09:30

    DPRD Minta Bank Sumut Perkuat Layanan ke Masyarakat

    Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) Daerah Pemilihan 2,  meminta Bank Sumut terus memperkuat layanan kepada masyarakat. Dengan begitu diharapkan jumlah nasabah bank d

  • Rabu, 09 Jun 2021 21:19

    Terima Kunker DPRD Sumut, Bupati Dairi Harap Anggaran Untuk Infrastruktur

    Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Pemkab Dairi, Jalan Rumah Sakit Umum Kecamatan Sidikalang, Rabu (9/6/2021) Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menerima kunjungan kerja (Kunker) anggota DPRD Prov

  • Rabu, 09 Jun 2021 10:09

    Kinerja Membaik, PDAM Tirtanadi Dapat Dukungan dari Anggota DPRD Sumut

    Memasuki hari kedua kunjungan kerja (Kunker), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) Daerah Pemilihan (Dapil) 2 meninjau pembangunan di Kecamatan Sunggal. Salah satunya Instalas

  • Senin, 07 Jun 2021 20:07

    Walikota Medan Terima Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Sumut

    Anggota DPRD Provinsi Sumut memberikan apresiasi terhadap lima program prioritas Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, SE., MM. Menurut anggota dewan, program yang telah ditetapkan tersebut dapat membawa perubahan untuk kota Medan.

  • Senin, 07 Jun 2021 18:37

    Walikota Binjai Terima Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Sumut

    Tim DPRD Sumatera Utara dari Daerah Pemilihan XII (Binjai - Langkat) melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kantor Walikota Binjai, Senin (7/6).

  • Senin, 07 Jun 2021 17:57

    Walikota Tebing Tinggi Terima Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Sumut

    Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. menerima kunjungan kerja anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Daerah Pemilihan (Dapil) IV Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai, da

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak