Sabtu, 22 Feb 2020 21:15
  • Home
  • Pendidikan
  • Tanoto Foundation Paparkan Program PINTAR di Batu Bara

Tanoto Foundation Paparkan Program PINTAR di Batu Bara

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Sabtu, 16 Nov 2019 12:06
Istimewa
Pemerintah Kabupaten Batu Bara sebagaimana harapan Bupati, Ir H Zahir MAP, akan melakukan peningkatan kemampuan tenaga pendidik dengan berbagai program kegiatan. Untuk itulah Plt Kadisdik mengundang Tim Tanoto Foundation untuk memaparkan Program PINTAR (Pengembangan Inovasi Untuk Kualitas Pembelajaran) dalam Desiminasi atau Program pengembangan untuk Kecamatan yang selama ini belum tersentuh oleh Program PINTAR Tanoto Foundation. 

Demikian dikatakan Ilyas Sitorus usai memimpin rapat bersama Tim Tanoto Foundation bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Perupuk, Jumat, (15/11/2019).

Program PINTAR (Pengembangan Inovasi Untuk Kualitas Pembelajaran) dari Tanoto Foundation merupakan program yang fokus pada peningkatan mutu guru, kepala sekolah dan pengawas di jenjang pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTs) melalui perbaikan manajemen sekolah, pembelajaran aktif dan pengembangan budaya baca.

"Program ini cukup serius dan berdurasi waktu cukup panjang, yang akan menyiapkan sumberdaya sekolah secara matang yang menjadi dasar pendidikan anak-anak kita sebelum naik ke jenjang berikutnya. Program ini berstandar nasional dan sudah diakui bagus oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan," ujar Plt. Kadisdik Batu Bara.


Banyak hal yang ingin diketahui para awak media usai pertemuan tersebut, salah satunya adalah kenapa Dinas Pendidikan mengundang Tanoto Foundation untuk ekspose mengenai Program PINTAR-nya? Mengapa bukan yang lain. Bukankah banyak juga lembaga-lembaga yang membidangi dan menagani peningkatan mutu sekolah?

Terkait hal tersebut Ilyas mengatakan, "Kita sudah melihat dalam kurun waktu satu tahun Tanoto Foundation bersama kita di Batu Bara, dan telah banyak berbuat untuk pengembangan dan peningkatan mutu pembelajaran di Bara Bara. Itu semua mereka lakukan tanpa dukungan dana dari Dinas Pendidikan, oleh karenanya kita akan meminta agar Tanoto Foundation akan mengembangkan program PINTAR ke seluruh Kecamatan yang belum terjangkau selama ini, kita berharap ada fasilitator di setiap kecamatan serta penyebarluasan ke semua sekolah dan semua guru dapat dilakukan secara berkelanjutan."

Masih kata Ilyas, Tanoto Foundation telah banyak berbuat dan telah melatih lebih dari 435 guru, kepala sekolah, dan pengawas, Fasilitator daerah berjumlah 13 orang, untuk jenjang SD, SMP 7 orang dengan sebaran Sekolah Dasar berjumlah 32 Sekolah di Kecamatan Talawi, di Kecamatan Lima Puluh sebanyak 12, Kecamatan Sei Suka 8 sekolah, Kecamatan Air Puluh 10 sekolah, dan desiminasi untuk SD dan SMP sebanyak 16 sekolah.


Semua itu untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya dalam pembelajaran melalui Program PINTAR (Pengembangan Inovasi Untuk Kualitas Pembelajaran) dengan dana murni dari Tanoto Foundation. Disamping itu juga Tanoto Foundation berupaya memperbaiki lingkungan sekolah belajar melalui pengembangan kapasitas pengawas, kepala sekolah dan guru serta pendidikan orang tua dan partisipasi masyarakat. Tanoto Foundation juga mendapat penilaian baik dan bagus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Selama satu tahun mereka melakukan banyak hal, dan saya bertanya kepada sekolah-sekolah, guru-guru dan kepala sekolah termasuk pengawas tentang bagaimana manfaat dari Program PINTAR Tanoto Foundation. Umumnya mereka mengatakan baik dan mereka berharap program sejenis dapat diteruskan dan disebarluaskan ke semua kecamatan yang ada di Batu Bara," tandas Ilyas.

Tim Tanoto Foundation yang hadir dalam pertemuan tersebut Rimbananto Goverment Liason Planning Spesialist, dan Boby Widanto District Coordinator secara bergantian memaparkan program-program yang telah dikembangkan baik di tiga kecamatan di Batu Bara, maupun di luar Provinsi Sumatera Utara sambil memutar Vidio Program PINTAR yang mereka lakukan dan akan lakukan kelak jika keinginan Bupati Batu Bara terwujud sebagai mitra pemerintah untuk semua Kecamatan bisa terjangkau program ini.


Rimbananto juga mengatakan, paling tidak dengan Program PINTAR ini akan didapat manfaat sedikitnya akan terjadi sebuah Inovasi pengembangan profesional guru, Inovasi pendampingan (Suvervisi), Inovasi peningkatan budaya baca, meningkatnya peran serta masyarakat serta Sekolah akan mejadi model pembelajaran.

"Melalui program PINTAR Tanoto Foundation menjadi mitra pemerintah dalam mendukung program peningkatan kualitas pendidikan dasar di Indonesia Khususnya di Batu Bara, fokus pelatihan guru dalam program PINTAR adalah pembelajaran aktif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang Literasi, Numerasi dan Sains, termasuk Budaya Baca juga melalui Program PINTAR Tanoto Foundation menjalankan berbagai kampanye dalam meningkatkan minat dan kemampuan baca di sekolah. Tidak hanya sampai disitu, Program PINTAR juga akan melatih Kepala Sekolah Mitra untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah," kata Rimba.

Output dari Program PINTAR ini adalah masuk dan berkembang, serta tersedia sekolah mitra PINTAR dan Fasilitator di semua kecamatan. Semua sekolah dan guru dapat mengakses program PINTAR dengan mudah dan mandiri dengan skenario pembelajaran memilih kecamatan dan gugus yang akan dimasuki program tersebut.

"Memilih Guru/Kepala Sekolah terbaik dari gugus yang akan menjadi calon Fasilitator, dan melakukan TOT untuk calon Fasilitator dengan dana sharing, yaitu dari dana BOS, dibantu dana dari Tanoto Foundation, menugaskan fasilitator turun ke gugus dan menyebarluaskan pelatihan dalam setiap pertemuan. Sedangkan sasarannya adalah Gugus dipilih dari 9 kecamatan di luar kecamatan yang sebelumnya sudah mendapatkan program sejenis dari Tanoto Foundation", pungkas Rimba.

Editor: Ade

T#g:pendidikanTanoto Foundation
Berita Terkait
  • Rabu, 26 Feb 2020 15:26

    Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

    Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan seseorang, tidak hanya itu pendidikan juga berperan besar bagi kemajuan dan perkembangan sebuah bangsa. Sebuah bangsa yang maju dan

  • Selasa, 25 Feb 2020 15:25

    7 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat, Tanpa Kursus!

    Di zaman yang sudah serba canggih ini, kita tidak bisa hanya mengandalkan bahasa Indonesia saja untuk berkomunikasi dengan orang lain.Kamu juga perlu mempelajari bahasa asing, utamanya bahasa Inggris.

  • Selasa, 18 Feb 2020 15:18

    10 Universitas Terbaik Dunia

    Peringkat universitas dunia merupakan publikasi tahunan peringkat universitas-universitas dari seluruh dunia berdasarkan kumpulan data dari sumber-sumber terpercaya. Ada beberapa jenis/versi perangkin

  • Jumat, 31 Jan 2020 23:31

    Dedikasi Satgas Yonif 755 Kostrad Terhadap Pendidikan Anak-Anak Papua

    Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 755/Yalet/20/3 Kostrad mengajar dan membagikan buku tulis untuk siswa-siswi PAUD Herera Kampung Trimuris, Distrik Memberamo Hilir, Kabupaten Mamberamo Ra

  • Sabtu, 25 Jan 2020 16:55

    Satgas Pamtas 133/YS Ajari Murid SDN 25 Perimpah Peduli Lingkungan

    Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 133/YS Pos Sei Beruang yang dipimpin oleh sertu Joni Herman mendatangi SDN 25 Perimpah untuk melaksanakan kegiatan karya bhakti di desa sungai

  • Senin, 16 Des 2019 03:16

    Homeschooling Eksklusif Rentan Terpapar Radikalisme

    Kegiatan belajar mengajar pada homeschooling dinilai cukup rentan terpapar radikalisme. Hal ini mencuat pasca terjadinya Bom bunuh diri di Jawa Timur yang melibatkan anak sebagai pelakunya. Diduga, or

  • Jumat, 22 Nov 2019 08:32

    Ilyas Sitorus: Dewan Pendidikan Berperan Meningkatkan Kualitas Pendidikan

    Plt Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus saat membuka kegiatan Sosialisasi tentang Peningkatan Mutu Pendidikan di Aula Kantor Dinas Pendidikan, Kamis (21/11), mengatakan bahwa peran Dewan P

  • Rabu, 20 Nov 2019 06:40

    Plt. Kadisdik Ilyas Sitorus: Peran Guru Sangat Penting Membantu Mengembangkan Potensi Siswa

    Plt. Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus mengungkapkan bahwa peranan guru di sekolah tidak hanya sebagai transmitter dari ide tetapi juga berperan sebagai transformer dan katalisator dari nilai dan sika

  • Sabtu, 16 Nov 2019 11:46

    Tantangan Pendidikan di Sumatera Utara

    Masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya, yang salah satunya bergantung pada kualitas pendidikannya. Apalagi belakangan ini, kemajuan global terutama dalam bidang

  • Jumat, 08 Nov 2019 20:18

    Ilyas Sitorus Dampingi Stuart Weston Cek Implementasi Program PINTAR Tanoto Foundation

    Setelah satu tahun Tanoto Foundation melakukan kegiatan dan pendampingan terhadap Modul 1, Stuart Weston (Technical Adviser Basic Education) melakukan kunjungan dan langsung melihat proses pembelajara

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak