Minggu, 13 Jun 2021 23:22
  • Home
  • Pemilukada
  • Relis sayangkan media mainstream pelintir kasus personal, jadi berita menghantam Bobby Nasution

Relis sayangkan media mainstream pelintir kasus personal, jadi berita menghantam Bobby Nasution

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Sabtu, 03 Okt 2020 21:33
Istimewa
Dofu Gaho
Relawan Lintas Suku (Relis) yang merupakan gabungan masyarakat kota Medan yang mendukung pasangan Bobby Nasution - Aulia Rachman menjadi Wakil dan Wakil Walikota Medan 2021-2026, mengecam pelintiran berita yang dilakukan oleh media mainstream, detik.com terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan di kolam renang Hairos Medan.

Ketua Relis, Dofu Gaho menegaskan bahwa sangat keliru bila Detik.com mengaitkan kasus Hairos Waterpark dengan Bobby Nasution.

Dofu yang juga dikenal luas sebagai Ketua Aliansi Jurnalis Hukum (AJH) ini menegaskan bahwa seharusnya pers mengedepankan kode etik jurnalistik dalam memberikan informasi yang mencerahkan kepada masyarakat, bukan pembingkaian berita dengan prespektif yang menyudutkan seseorang.


"Sangat disayangkan sekali, media mainstream sekelas Detik.com hari ini telah membuat narasi berita yang terkesan provokatif dan tidak etis dalam kapasitasnya sebagai salah satu media nasional. Bagaimana tidak, kasus pelanggaran protokol kesehatan di kawasan Wisata Hairos Waterpark baru-baru ini, malah dikaitkan dengan pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Medan nomor urut 2, Bobby Nasution - Aulia Rachman, lantaran si General Manager Hairos Waterpark berinisial ES yang menjadi tersangka pada kasus tersebut berstatus sebagai salah satu tim relawan Bobby-Aulia", ujarnya di Medan, Sabtu malam (3/10/2020).

Tokoh pemuda etnis Nias ini menyatakan keheranannya karena detik.com bisa begitu provokatifnya mengait-ngaitkan kasus pelanggaran protokol kesehatan yang tidak ada kaitannya dengan Pilkada Kota Medan 2020 dengan Bobby-Aulia, hanya gara-gara status pribadi ES sebagai ketua tim relawan. 

"Apakah Detik ingin menggiring opini seolah-olah kesalahan yang dilakukan ES ada kaitannya dengan Bobby Nasution? Apakah ini akan dijadikan celah bagi lawan untuk "menyerang" Bobby-Aulia yang sama sekali tidak tahu apa-apa dengan kasus tersebut? Ini ibaratkan, anda berteman dengan seseorang, namun ketika teman anda melakukan kesalahan, anda lantas ikut disalahkan karena anda berteman dengan orang tersebut. Ini logika yang aneh," tuturnya.



Pendukung Bobby-Aulia terdiri beberapa entitas dan kelompok yang sangat beragam, mulai dari kalangan akademisi, praktisi, masyarakat, hingga pengusaha yang semuanya bergabung karena keinginan pribadi untuk mendukung Bobby Nasution. Terlepas dari persoalan pribadinya, Bobby-Aulia tidak pernah ingin mencampuri urusan pribadi masing-masing timnya.

"Insiden penangkapan ES seharusnya menjadi bukti bahwa kasus tersebut tidak ada hubungannya dengan Bobby-Aulia, bahkan tim Bobby-Aulia sendiri tidak ada sedikitpun yang berupaya melindungi ES sebagai tersangka kasus tersebut, karena memang bukan ranahnya Bobby-Aulia dan tidak ada hubungannya juga sama Pilkada Kota Medan 2020, itu murni urusan pribadi ES yang tidak ada hubungannya dengan Bobby-Aulia", tegasnya.

Memang sangatlah keliru dan tidak etis apa yang dilakukan oleh Detik saat ini, dengan narasi dan judul berita yang provokatif seolah-olah mencoba menggiring opini bahwa "kesalahan" ES berkaitan dengan statusnya sebagai pendukung Bobby-Aulia.

"Sebagai media besar, Detik harus bertanggung jawab atas kekeliruan ini karena berita ini ikut mencoreng nama baik Bobby-Aulia dengan narasi yang sangat provokatif seperti ini. Kami mendukung masyarakat yang melaporkan kejadian ini ke dewan pers. Semoga dewan pers bisa memberikan sanksi beredarnya pemberitaan ini. Jangan sampai muncul kesan, media jurnalistik malah jadi alat untuk memprovokasi dan membodoh-bodohi masyarakat hanya demi rating dan jumlah trafik atau bahkan demi kepentingan pribadi oknum pemilik media", pungkasnya
Editor: Budi

T#g:RelisDewan PersPers
Berita Terkait
  • Rabu, 26 Mei 2021 15:36

    Prajurit nominatif Satgas Pamrahwan Maluku dan cadangan jalani Litpers

    Prajurit TNI AD dari Batalyon Arhanud 11/WBY, mengikuti kegiatan penelitian personel (Litpers) dalam rangka Satgas Pamrahwan Maluku yang diselenggarakan oleh Kodam I/Bukit Barisan, Selasa (25/5).

  • Rabu, 19 Mei 2021 09:19

    Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr Beri Pengarahan Kepada Istri Prajurit yang Ditinggal Bertugas

    Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, Ny. Ely Nur Rahmad memberikan pengarahan kepada anggota Persit KCK Cabang 54 Yonif Mekanis 643 PD XII/Tpr di Aula Mulyono, Mayonif Mekanis 643/Wns, Motton Tinggi, Anjongan, Mempawah.

  • Senin, 10 Mei 2021 13:50

    Pemko Medan Terima 1000 Paket Sembako dari Sekretariat Negara Republik Indonesia

    Pemko Medan menerima bantuan paket sembako sebanyak 1000 paket dari Sekretariat Negara Republik Indonesia. Paket tersebut diterima secara simbolis oleh Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM, Senin (10/5/2021).

  • Sabtu, 01 Mei 2021 07:40

    Persit KCK Kompi C 126/KC Beri Bantuan Sembako Ke Panti Asuhan Putri Al-Wasliyah Padang Matinggi

    Jum'at berkah di bulan suci ramadhan 1442 H/2021 Persit Kartika Chandra Kirana Kompi Senapan C Yonif 126/KC Rantauprapat memberikan bantuan berupa sembako ke panti asuhan putri Al Washliyah Al- A

  • Kamis, 22 Apr 2021 21:22

    Tim Dispsiad Bekali Prajurit Korum dan Anggota Persit KCK Cabang XV Yonarhanud 11/WBY

    Lagi, Tim Dispsiad memberikan pembekalan kepada Prajurit Korum dan anggota Persit KCK Cabang XV Yonarhanud 11/WBY, di Garasi Beratap Batalyon Arhanud 11/WBY, Jalan Bejomuna, Kecamatan Binjai Timur, Kamis (22/4).

  • Kamis, 22 Apr 2021 16:22

    Diduga Jadi Sarana Propaganda KKB, FLKN Papua Laporkan jubi.co.id Ke Dewan Pers dan Polisi

    Diduga sebagai sarana propaganda Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), media online jubi.co.id dilaporkan ke Dewan Pers dan Polisi oleh Forum Lintas Kerukunan Nusantara (FLKN) Provinsi Papua.FLKN menila

  • Kamis, 22 Apr 2021 11:52

    Bobby Nasution Siap 'Doorstop' Di Kantor Maupun Lapangan

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM berharap persoalan miskomunikasi dengan dengan wartawan berakhir.

  • Jumat, 16 Apr 2021 20:16

    Bakti Sosial Persit Di Sekitar Asmara Baterai Meriam B Yon Arhanud 11/WBY

    Puluhan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XV Ranting 3 Yonarhanud 11, menggelar bakti sosial dengan membagikan 100 bungkus Sembako kepada warga di sekitar Asmara Baterai Meriam B Yon Arhanu

  • Kamis, 08 Apr 2021 07:08

    Ketua Persit KCK Cabang 38 Kodim 0824/Jember Senam Bersama Anggota Ranting 25 Koramil 084/24 Ambulu

    Keberadaan Persatuan Istri Prajurit (Persit) Karika Chanda Kirana(KCK) yang merupakan wadah organisasi istri TNI AD, ditingkat Kodim adalah Ketua Persit KCK Cabang yang memiliki tanggung jawab pembina

  • Rabu, 07 Apr 2021 18:17

    Aspers Panglima TNI Buka Rakornisset TNI TA 2021

    Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi membuka Rapat Koordinasi Teknis Kesekretariatan (Rakornisset) TNI TA 2021 dengan tema "Meningkatkan Kesekretariatan yang Tertib, Modern, dan Profesional

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak