Minggu, 28 Feb 2021 19:48

Tips Milenial Tanpa Hoax

Medan (utamanews.com)
Oleh: Heni Cahyanti, Pengamat Masalah Sosial Politik
Sabtu, 02 Jan 2021 05:22
@CNN
Ilustrasi
Kaum milenial sangat identik dengan dunia modern. Semua serta teknologi. Kehidupan semakin mudah dibantu oleh alat-alat yang canggih. Mereka adalah hasil karya manusia. Hinar binar dunia yang semakin maju tak luput akan gesekan. Gesekan timbul dari kemajuan teknologi, contohnya Hoax.

Hoax adalah hasil dimana tujuannya yang menyebarkan isu yang bohong. Isu yang menimbulkan dampak kurang baik bagi bangsa. Kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman suku dan bangsa. Keanekaragaman tersebut seharusnya tidak memecah belah warganya, karena sesuai sila ke tiga, yakni persatuan Indonesia. Terlebih kaum milenial adalah penerus bangsa.
Keanekaragaman dan perbedaan seharusnya menjadikan Indonesia sebagai negara yang semakin maju dan kaya. Selain itu, menjadikan Indonesia sebagai tempat favorit untuk berlabuh dan menghabiskan masa liburan bagi warga negara lain dengan keaslian serta keasriaannya.

Hoax sendiri memiliki dampak yang luar biasa. Selain pencemaran nama baik. Hoax juga akan mempengaruhi psikologi mereka yang terkena dampaknya. Dampak lain adalah adanya hubungan hkurang baik antar warga.


Untuk itu mari cerdas menanggapi berita hoax. Berikut ini tips menanggapi penyebaran hoax :

1. Jika anda mendapatkan berita, artikel, gambar atau apapun harus dilihat dan cermati pengirimnya atau lebel yang menyertai.

2. Hati- hati dengan judul. Biasanya judul akan bersifat provokasi.

3. Jangan langsung share, bagikan atau copy paste ke orang lain, baik itu melalui sosial media atau sekedar lisan.

4. Perhatikan fakta.
Cari informasi melalui web, akun sosial media resmi milik nama yang terlibat dalam hoax tersebut. Benar atau salah akan ada konfirmasi dari pemilik nama melalui akun-aku mereka, untuk tindakan pertama mengurangi dampak hoax.

5. Jangan memberikan like atau comment dalam isu atau berita hoax tersebut. Lebih baik diabaikan dan diamkan sampai adanya fakta dan bukti yang muncul.

6. Ikuti berbagai kegiatan, baik seminar, diskusi, atau forum yang anti hoax. Tujuannya agar semakin baik dalam menilai berita atau isu yang muncul agar tidak terjerumus.

Terima kasih sudah menyimak informasi yang saya bagikan. Ini tidak lain adalah bagian dari pengalaman saya terkait hoax dan beberapa diskusi yang pernah saya ikuti. Semoga bermanfaat. Salam pena.
Editor: Iman

T#g:Tips
Berita Terkait
  • Minggu, 22 Mar 2020 15:22

    Ini 7 Cara Unik Menabung yang Bikin Uang Cepat Terkumpul!

    Ingin menabung tapi kok wacana terus, ya? Coba deh terapkan cara menabung unik ini di rumah. Lihat berapa total uang yang kamu kumpulkan di akhir tahun nanti! Pasti enggak nyangka.Zaman sekarang, uang

  • Senin, 09 Des 2019 16:09

    10 Benda yang Pantang Tertinggal Saat Traveling Sendirian

    Kalian yang hobi traveling, lebih suka traveling sendirian atau barang teman dan keluarga? Traveling sendirian kedengarannya seram ya? Eits, jangan salah, traveling sendirian justru akan menjadikan pe

  • Sabtu, 16 Nov 2019 15:16

    Jangan Cuma Jadi Diri Sendiri. Ini 7 Alasan Mengapa Kamu Perlu Jadi Orang Lain Sesekali

    "Be yourself!" Itulah yang kerap dikatakan orang lain agar kamu bisa nyaman menjadi dirimu sendiri. Agar kamu nggak sibuk berpura-pura menjadi orang lain, atau menjalani hidup yang palsu. Be yourself

  • Sabtu, 12 Des 2020 14:12

    Tips Mengatasi Wajah Berminyak

    Minyak berlebih dapat merusak riasan, membuat kulit kusam dan bahkan menjadi penyebab jerawat. Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum atau minyak berlebih dari kelenjar sebaceous yang ter

  • Rabu, 17 Apr 2019 12:17

    Tips 'Move On' dan Tetap Rukun Pasca Pemilu

    Masyarakat terutama pendukung dan tim kampanye diharapkan dapat kembali bangkit membangun kebersamaan pasca Pemilihan Umum yang berlangsung pada 17 April nanti. Karenanya perang tagar di media sosial

  • Senin, 02 Jul 2018 12:02

    6 Makanan Untuk Menghilangkan Rasa Pedas

    Rasa pedas pada suatu masakan memang akan terasa nikmat, apalagi bagi penggemar masakan pedas. Namun terkadang karena saking nikmatnya makan makanan pedas, membuat lidah dan mulut Anda terasa panas dan seperti terbakar.

  • Minggu, 24 Jun 2018 08:24

    Tips Berlibur ke Pantai

    Berlibur ke pantai menjadi pilihan favorit banyak orang. Ternyata, bermain air memang terbukti membuat bahagia.

  • Jumat, 22 Jun 2018 08:22

    Bagaimana Cara Merawat Kulit?

    Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 dapat membantu merawat kulit. Tabir surya dapat dioleskan secara menyeluruh dan diulangi setiap dua jam atau lebih sering jika berada di ruang terbuka dalam waktu lama dan berkeringat.

  • Senin, 28 Mei 2018 00:28

    Cara Hidup Rukun Dengan Saudara

    Memiliki saudara adalah keinginan setiap orang. Dengan memiliki sudara, maka semuanya akan terasa menyenangkan. Tetapi tak jarang seseorang justru tak senang memiliki sudara, karena selalu terlib

  • Minggu, 08 Mar 2015 09:36

    Ingin Sukses? Pelajari Cara Musuh Anda!

    Ya, kebanyakan kiat sukses adalah ‘ambilah’ atau ‘contohlah’ sepak-terjang tokoh-tokoh sukses yang ada dan terapkan itu dalam gerak kerja Anda. Basi.Sama halnya dengan sederet kata inspiratif

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak