Jumat, 03 Jul 2020 02:23
  • Home
  • Opini
  • Cluster Isolation Kota Medan, Solusi atau Ilusi

Cluster Isolation Kota Medan, Solusi atau Ilusi

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Meliana Br Gultom, S.Pd., (Ketua GMKI Medan)
Kamis, 21 Mei 2020 10:31
PP GMKI
Virus COVID-19 kian menyerang berbagai sisi kehidupan manusia, tidak terkecuali Indonesia. Masing-masing daerah mengeluarkan kebijakan dan himbauan kepada masyarakat di wilayahnya dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19, yang per tanggal berita ini dibuat sudah 19.189 terkonfirmasi positif terjangkit COVID-19 (Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19).

Di Kota Medan sendiri yang sudah sejauh ini 163 orang positif terjangkit COVID-19 (Data Pemko Medan). Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Walikota Kota Medan telah mengeluarkan Perwal No 11 Tahun 2020 tentang Karantina Kesehatan dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Medan Pada 30 April 2019 lalu.

Menurut pengamatan kami, GMKI Medan, ini adalah upaya yang baik dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19 di Kota Medan, namun pada pelaksanaannya ini seperti sekedar peraturan belaka yang dalam rangka menunjukkan Pemko Medan seolah-olah serius dalam memutus rantai penyebaran COVID-19.


Hal ini bukan tidak berdasar, selaku warga Medan mulai dikeluarkannya Perwal No 11 Tahun 2020 ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan, jalan protokol Kota Medan tetap terlihat ramai dengan kendaraan bermotor lalu lalang, rumah makan yang sejatinya diharapkan hanya membuka untuk pesanan take away malah  sebaliknya, dan banyak melanggar protokol dari pemerintah.

Cluster Isolation yang didengungkan Plt. Walikota Medan di beberapa media juga hanya sebagai ilusi semata, tidak ada kita perhatikan upaya Pemko Medan menerapkan Cluster Isolation tersebut.

Jika Pemko Medan memang serius, seharusnya sudah banyak terlihat police line di rumah yang dikarantina dan dijaga oleh petugas karantina, Polri/TNI/ Gugus Tugas Kota Medan dan Kecamatan. Faktanya tak ada satu pun police line yang terlihat dan tim yang menjaga. Realita di lapangan begitu maraknya masyarakat yang beraktifitas di luar tanpa menggunakan masker dan pelaku-pelaku usaha yang tidak menjalankan usahanya sesuai protokol pemerintah, maka seharusnya sudah banyak police line yang terlihat dan petugas karantina atau Polri/TNI/Gugus Tugas Kota dan Gugus Tugas Kecamatan yang mengawal tempat tersebut sebagai sanksi seperti yang tercantum di Pasal 9 huruf d Perwal No 11 Tahun 2020 ini.

GMKI Cabang Medan meminta kepada Pemerintah Kota Medan untuk serius dalam Penanganan COVID-19 serta menindak tegas pihak-pihak yang tidak mengikuti Perwal ini serta mensterilkan tempat-tempat usaha yang sudah terjangkit COVID-19 agar tidak menyebar kemudian.

Begitu pun kami tetap berharap pada seluruh masyarakat kota Medan, mari bekerjasama memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini. Jangan mudik dulu, tetap jalin kebersamaan dengan tidak mudik.

Editor: Budi

T#g:Cluster isolationGMKI
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 02 Jun 2020 18:22

    GMKI Sayangkan Rapat Pembahasan Covid-19 di DPRD Pematangsiantar Tertutup Untuk Umum

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar-Simalungun menyikapi pertemuan tertutup pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Gu

  • Minggu, 24 Mei 2020 14:18

    GMKI Komisariat Pertanian USU Gelar Aksi Berbagi

    Di tengah masa pandemi covid-19, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan Komisariat Fakultas Pertanian USU melakukan aksi peduli kepada anak rantau, yakni mahasiswa/i yang berada di ko

  • Selasa, 05 Mei 2020 23:25

    Diskusi Daring GMKI Pematangsiantar- Simalungun Lahirkan Catatan Evaluasi Polemik Bansos COVID-19

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menggelar diskusi publik melalui video conference daring pada Senin, (04/05). Diskusi tersebut mengusung thema "Bansos Pemko Siantar; Solusi atau masalah baru?"

  • Senin, 04 Mei 2020 21:04

    Akhyar Pimpin Razia Masker Di Pasar Sentosa Baru, 16 KTP Disita

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi turun langsung memimpin razia penggunaan masker di Pasar Sentosa Baru, Kecamatan Medan Perjuangan, Senin (4/5/2020).

  • Sabtu, 02 Mei 2020 21:52

    Aksi Solidaritas GMKI Medan dengan Panti Asuhan

    Pemerintah Kota Medan menerapkan karantina rumah untuk pasien dalam pengawasan dengan gejala ringan, orang dalam pemantauan, orang tanpa gejala, dan pelaku perjalanan. Karantina rumah dilakukan untuk

  • Sabtu, 02 Mei 2020 19:32

    Pemuda Sumut, Muslim dan Kristen Serukan Pesan Damai Bulan Ramadhan

    Peristiwa intimidasi dan kekerasan yang dialami oleh pemilik warung di Batang Kuis mendapat respon dari berbagai kalangan lintas agama.

  • Kamis, 30 Apr 2020 18:50

    Kompak, Gugus Tugas Provinsi Sumut Apresiasi Cluster Isolation di Medan

    Mulai Jum'at, 1 Mei 2020, peraturan Wali Kota Medan dalam rangka percepatan Penanganan Covid-19 akan diberlakukan.

  • Kamis, 30 Apr 2020 16:30

    Perwal Karantina Kesehatan Mulai Belaku, Warga Wajib Masker & Screening Massal Diberlakukan

    Peraturan Wali Kota (Perwal) Karantina Kesehatan dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-2019) di Kota Medan resmi diberlakukan mulai Jumat (1/5/2020).

  • Minggu, 19 Apr 2020 15:09

    Cipayung Plus Kota Medan Minta Pemko Evaluasi Penanganan COVID-19

    Potensi peningkatan kasus Covid-19 di kota Medan sangat besar. Hal ini berdasarkan amatan pada aktifitas di luar rumah yang dilakukan masyarakat serta minimnya tingkat kepatuhan pada jarak fisik (phys

  • Selasa, 07 Apr 2020 07:07

    GMKI Bagikan Masker Gratis di Kota Pematangsiantar

    GMKI Cabang Pematangsiantar- Simalungun melalui komisariat USI, melakukan aksi peduli pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) dengan berbagi masker secara gratis kepada masyarakat yang terpaksa harus bekerja.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak