Selasa, 28 Sep 2021 19:55
  • Home
  • Kesehatan
  • Vaksin Dosis Kedua Kosong, Begini Penjelasan Satgas Covid-19 Dairi

Vaksin Dosis Kedua Kosong, Begini Penjelasan Satgas Covid-19 Dairi

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Kamis, 05 Agu 2021 11:55
Istimewa
Satgas Penanganan Covid-19 Dairi melalui Kadis Kesehatan Ruspal Simarmata menjelaskan penyebab kekosongan vaksin dosis kedua di Dairi.

Menurutnya, kekosongan dosis vaksin kedua ini akibat kurangnya stok vaksin yang dikirim dari Pemerintah pusat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Jumlah vaksin yang diterima Pemerintah Kabupaten Dairi, kata Ruspal, nyatanya masih jauh dari jumlah calon penerima vaksin dosis kedua di Dairi.

Berdasarkan data saat ini, jumlah penerima vaksin dosis pertama di Dairi sampai sejauh ini sebanyak 36.907 orang atau 15,37%.

Sedangkan penerima dosis kedua baru sebanyak 22.093 orang atau 9,42%. Artinya, masih ada sekitar 14.814 orang yang menunggu vaksinasi dosis kedua.

Jumlah ini tidak seimbang dengan jumlah kedatangan vaksin di Dairi yang hanya 59.000 dosis dalam beberapa kali pengiriman dibanding jumlah sasaran 234.820 jiwa dikali 2 dosis.

Ruspal menjelaskan, masalah keterbatasan vaksin dosis kedua ini tidak hanya dialami masyarakat Dairi, tapi juga dialami masyarakat di daerah lain.

Untuk melakukan percepatan vaksinasi termasuk kebutuhan dosis kedua saat ini, Pemerintah Kabupaten Dairi tentu melakukan langkah-langkah penanganan.

"Pemerintah Kabupaten Dairi saat ini sedang berupaya keras agar ketersediaan vaksin dapat tercapai, sehingga target sasaran masyarakat penerima vaksin dapat terpenuhi", jelas Ruspal.

Hal itu disampaikan Ruspal Simarmata sejalan dengan arahan dari Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang menginginkan kekebalan kelompok atas vaksinasi dapat segera terwujud ditengah masyarakat Dairi. 

Pemerintah Kabupaten Dairi terus berkoordinasi dengan Provinsi Sumatera Utara mengingat ketersediaan vaksin di Dairi memang bergantung pengiriman dari pusat.

"Ini problemnya. Memang dari pusat, dari Kemenkes. Kami sudah berusaha maksimal agar dapat kuota sebanyak-banyaknya. Kami juga sudah rapat koordinasi tentang bagaimana vaksinasi ini," jelasnya.

Selanjutnya Ruspal menambahkan keterlambatan pemberian dosis kedua dari jadwal yang ditentukan sebelumnya tidak perlu dikhawatirkan. 

"Kalaupun terlambat menerima dosis kedua bagi masyarakat yang telah menerima dosis pertama itu masih tetap efektif dan aman,"jelasnya.

Dikutip dari berbagai sumber, juru bicara vaksinasi covid-19 Kementrian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan stok vaksinasi covid-19 terhambat karena proses produksi Bio Farma hingga pengawasan kualitas vaksinasi covid-19. 

Ia mengklaim efektivitas vaksin covid-19 tidak akan terganggu meskipun diberikan dalam waktu yang lebih lama.
Editor: Ivan

T#g:DairiRuspal SimarmataVaksin
Berita Terkait
  • Selasa, 28 Sep 2021 06:18

    Pangkogabwilhan II Tinjau Serbuan Vaksinasi Massal Di Solo

    Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E. dalam hal ini yang diwakili oleh Asisten Potensi Wilayah (Aspotwil) Kaskogabwilhan II Brigjen TNI Mar

  • Senin, 27 Sep 2021 21:27

    Persiapan Kuliah Tatap Muka, Edy Rahmayadi Tinjau Vaksinasi di Kampus USU

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau sekaligus membuka kegiatan vaksinasi masal untuk mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang berlangsung di Aula Pancasila Kampus USU Jalan D

  • Sabtu, 25 Sep 2021 19:55

    Bersama Menteri BUMN dan Ketua Kadin Indonesia, Bobby Nasution Tinjau Vaksinasi Massal

    Bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang dihelat Kadin beke

  • Sabtu, 25 Sep 2021 22:25

    Tidak Kenal Libur, Danlanal Perintahkan Babinpotmar TNI AL Lanal TBA Pantau Serbuan Vaksinasi

    Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lanal TBA yang bertugas di Posal maupun Posmat bersama dengan unsur kewilayahan lain turut memantau pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi, Sabtu (25/9/20

  • Sabtu, 25 Sep 2021 18:15

    DPC Partai Gerindra Kota Medan Gelar Vaksinasi Untuk Masyarakat

    Kegiatan vaksinasi merupakan ikhtiar Partai Gerindra dalam membantu Pemerintah mempercepat kekebalan komunitas dan upaya menekan penyebaran Covid19.Sabtu pagi (25/9/2021) di Jalan Alfalah No 19a, Keca

  • Sabtu, 25 Sep 2021 18:05

    Kapolsek Percut Kembali Bagikan 500 Vaksin Pada Masyarakat di Lapangan Bola Saentis

    Lagi-lagi masyarakat dengan antusias menyerbu Lapangan sepak bola Saentis Kecamatan Percut Seituan, Sabtu pagi (25/9/2021), guna mendapatkan vaksin gratis yang digelar oleh Polsek Percut Seituan.Untuk

  • Sabtu, 25 Sep 2021 13:45

    Wali Kota Tebingtinggi Tinjau Vaksinasi DPK Apindo Untuk Pekerja

    Wali Kota Tebingtinggi Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan MM, menunjau langsung pelaksanaan vaksinasi karyawan/i, Pekerja oleh DPK Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Kota Tebingtinggi, Sabtu (25/8/21

  • Jumat, 24 Sep 2021 20:24

    Jamal Ajak Para Pelajar Ikuti Program Vaksinasi Covid 19

    Walikota Sibolga, Jamaluddin Pohan mengimbau siswa sekolah untuk selalu merangkul teman sebaya mengikuti program vaksinasi Covid-19."Harus 90 persen masyarakat Kota Sibolga divaksin, barulah kita bisa

  • Jumat, 24 Sep 2021 19:34

    Dukung Vaksinasi Polri, KAMI: Agar Indonesia Cepat Pulih

    Program vaksinasi merdeka Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) bersama Kaum Milenial Indonesia (KAMI) di hari kedua, penyelenggara berhasil menyuntikkan 1485 dosis vaksin kepada masyarakat k

  • Jumat, 24 Sep 2021 12:54

    Seorang nenek mendapat kejutan di Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL Lanal TBA

    Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA) menggelar kegiatan dengan judul Serbuan Vaksinasi Maritim yang bekerja sama dengan Polres Kota Tanjungbalai dan Pemerintah Kota Tanjungbalai

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak