Rabu, 12 Agu 2020 18:44
  • Home
  • Kesehatan
  • Soal Tewasnya Crew Kapal Sun Shine di Pangkalan Susu, dr. Alwi: Bukan Karena Corona

Soal Tewasnya Crew Kapal Sun Shine di Pangkalan Susu, dr. Alwi: Bukan Karena Corona

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Senin, 10 Feb 2020 17:00
Sam
Kadis Kesehatan Sumut didampingi Kabid Dokkes dan Tim Pinere RS Adam Malik Medan, Senin (10/2).
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dr. Alwi Mujahit Hasibuan M.Kes., menegaskan bahwa warga crew kapal Sun Shine berbendera Panama yang tewas di perairan Pangkalan Susu, bukan akibat virus Corona.

"Hasil penyelidikan epidemiologi, bahwa crew kapal Sun Shine, warganegara Korea Selatan, usia 21 tahun, jenis kelamin laki-laki, diketahui bahwa sebelum meninggal tidak ada demam, tidak ada sesak, dan 14 hari sebelum meninggal tidak ada riwayat perjalanan ke negara terjangkit, maka kesimpulannya, Crew kapal Sun Shine meninggal bukan karena penyakit akibat Virus Corona", ungkap dr. Alwi, Senin siang (10/2).

Pernyataan ini ditegaskan beliau dalam konferensi pers di aula pertemuan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, jalan Prof HM Yamin No.41AA, didampingi Tim Pinere Rumah Sakit Pusat Adam Malik, Kabid Dokkes Polda Sumut, KKP dan sejumlah perwakilan rumah sakit.

dr. Alwi meyakini bahwa tewasnya crew kapal tersebut akibat serangan jantung. "Karena pada pagi harinya, seluruh crew kapal menjalani pemeriksaan KKP di Batam dan korban tidak ada demam. Padahal sekiranya pun dia demam, seperti orang yang terjangkit virus Corona, tentunya tidak akan langsung mati di malam hari. Kematian orang terjangkit virus Corona tidak mendadak", jelasnya.

Pernyataan ini disampaikan dr. Alwi mewakili pemerintah provinsi Sumatera Utara agar masyarakat tidak stres dan menduga virus Corona sudah masuk ke daerah ini. 

"Kami tegaskan hingga saat ini belum ada masyarakat Indonesia khususnya Sumatera Utara yang terjangkit virus Corona. Kami mohon supaya hal ini ditulis dengan bahasa yang jelas kepada masyarakat, jangan dengan bahasa bombastis, supaya masyarakat jangan stres", tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Kabid Dokkes Polda Sumut, Kombes Pol dr Raden Harjuno SPJ, yang mengingatkan bahwa masyarakat perlu diajak untuk mewaspadai berita terkait virus Corona, dengan terlebih dahulu meneliti sumbernya darimana. "Karena mungkin saja ada orang yang menghendaki situasi yang tidak aman, situasi mencekam. Maka kita harus tahu sumbernya darimana", tuturnya.

Editor: Budi

T#g:Pangkalan SusuVirus Corona
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Sabtu, 25 Apr 2020 03:55

    Makin Menyebar, 7 Fakta Penting Virus Corona yang Perlu Diketahui

    Kasus positif COVID-19 di dunia semakin bertambah setiap hari. Sifat penularannya yang masif dan global membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melabeli penyakit yang disebabkan virus Corona ini seba

  • Selasa, 31 Mar 2020 10:51

    DPK KNPI Minta Rumah Sakit Transparan Soal Warga Medan Denai, Meninggal Akibat Corona Atau Bukan?

    Di tengah beredarnya virus corona yang melanda, DPK KNPI Medan Denai angkat bicara atas beredarnya di berita daring mengenai terjadinya perdebatan antara pihak kepolisian dan salah seorang anggota DPRD Kota Medan.

  • Jumat, 27 Mar 2020 13:07

    Di Paluta, 4 Orang ODP dan 188 Orang Pelaku Perjalanan Masuk Dalam Pantauan

    Sebanyak 4 orang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 188 orang yang baru melakukan perjalanan keluar daerah masuk dalam daftar pantauan Tim Terpadu Percepatan Penanganan Corona Virus

  • Senin, 23 Mar 2020 16:13

    Maklumat Kapolri, Kapolres Sergai Bubarkan Hiburan Organ Tunggal Tanpa Izin

    Maklumat Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid 19), Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robinson  Simatupang

  • Minggu, 22 Mar 2020 09:22

    Jubir Penanganan Corona: Klorokuin, obat untuk penyembuhan, bukan pencegahan

    Achmad Yurianto, mengkonfirmasi bahwa pemerintah sudah mulai mendatangkan obat yang secara evidence based, secara pengalaman, digunakan oleh negara yang lain dan memberikan respons yang positif.

  • Minggu, 22 Mar 2020 08:22

    TNI-Polri dan Unsur CIQ PLBN Sota Cegah Virus Corona di Perbatasan RI-PNG

    TNI-Polri bersama dengan CIQ (Custom, Immigration, Quarantine) PLBN Sota sepakat bersinergi meningkatkan berbagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Perbatasan RI-PNG, Distrik Sota.

  • Minggu, 22 Mar 2020 03:22

    WHO Memuji Penanganan Virus Corona Pemerintah Indonesia

    Badan Kesehatan Dunia, WHO, memuji aksi tanggap Corona di Indonesia. Selain penanganan Virus Corona sudah optimal, strategi Indonesia untuk menanggulangi wabah penyakit tersebut telah sesuai standar i

  • Jumat, 20 Mar 2020 13:10

    Antisipasi Virus Corona, Kodim 0209/LB Dirikan Rumah Sakit Lapangan

    Langkah preventif terus dilakukan Kodim 0209/LB untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19), khususnya di Kabupaten Labuhanbatu.

  • Jumat, 20 Mar 2020 08:40

    Per 19 Maret, Total 309 Orang Positif Covid-19, Sembuh 15 dan Meninggal 25 Orang

    Pemerintah merilis bahwa hingga Kamis (19/3) total kasus terlaporkan positif Covid-19 sebanyak 309 orang, yang sudah sembuh ada 15 orang, dan meninggal dunia sejumlah 25 orang.

  • Kamis, 19 Mar 2020 11:19

    Dandim 0824 Dampingi Bupati Jember Semprotkan Disinfektan Di Tempat Pelayanan Umum

    Bupati Jember Faida, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, dan Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono, melakukan penyemprotan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, khususnya di

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak