Jumat, 06 Agu 2021 09:24

Polda Sumut Tangkap Dalang Kerusahan Demo Tolak UU Cipta Kerja di Batu Bara

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Sabtu, 17 Okt 2020 08:47
Istimewa
Pelaku saat orasi dan setelah diamankan Polisi
Ditreskrimum Polda Sumut menangkap satu tersangka yang menjadi dalang atau provokator tindakan anarkis aksi demo tolak Omnibus Law di depan kantor DPRD Kabupaten Batubara.

Adapun tersangka tersebut berinisial ASL (28) warga Desa Bahari Indah, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara yang menjadi pemimpin masa aksi dan menyampaikan orasi yang menghasut pengunjuk rasa melakukan tindakan anarkis hingga melukai petugas.

Sebelum ditangkap, ASL sempat kabur dari kediamannya di Desa Bahari Indah ke Medan, dan setelah dilakukan penyelidikan petugas berhasil mengamankan ASL di Jalan Riwayat Desa Marendal I, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang pada hari Jumat (16/10/2020) sekira pkl 15.00 wib.

Petugas yang mengamankan tersangka juga menyita barang bukti berupa 1 (Satu) unit handphone Android Xiaomi Redmi 5 A warna silver berikut dengan simcard yang melekat.


Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja ketika dikonfirmasi awak media membenarkan perihal penangkapan tersangka.

"Saat ini satu tersangka inisial ASL yang menjadi provokator aksi demo yang berujung anarkis sudah kami amankan. Penyelidikan juga terus berlanjut terhadap tersangka yang belum tertangkap", katanya, Sabtu (17/10/2020).

Pada unjukrasa di depan gedung DPRD Batu Bara, Senin (12/10/2020) yang semula berlangsung tertib akhirnya berubah menjadi anarkis. Tak terima dilarang masuk, massa mulai ribut berteriak-teriak dan melemparkan ratusan batu kecil dan besar.

Kasat Shabara Polres Batu Bara AKP DP Sinaga.

Akibatnya, batu yang dilempar massa ke arah petugas di dalam halaman gedung Dewan mengenai kepala Kasat Shabara Polres Batu Bara AKP DP Sinaga hingga menyebabkan darah bercucuran dari kepala hingga membasahi wajah DP Sinaga.

Pasca kejadian tersebut, Polres Batubara juga telah menahan 7 tersangka yakni Suh (44) warga Desa Simpang Gambus Kecamatan Lima Puh, Mh. A (20) warga Desa Sipare-pare Kecamatan Air Putih, Mh. F (23) warga  Desa Bandar Sono Kecamatan Nibung Hangus.

Kemudian Mh S (23) warga  Desa Kuala Tanjung Kecamatan Sei Suka, AG (40) warga Blok X Desa pamatang Cengkring Kecamatan Medang Deras, JS (20) serta BDP (20) warga Kabupaten Simalungun.
Editor: Budi

T#g:BatubaraProvokatorUU Cipta Kerja
Berita Terkait
  • Jumat, 30 Jul 2021 07:40

    DPC GAMKI Kabupaten Batu Bara Laksanakan Sidang Pleno

    Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPC GAMKI) Kabupaten Batu Bara melaksanakan Sidang Pleno pada hari Kamis, 29 Juli 2021 bertempat di Wisma Sopo Toba, Kecamatan Air Putih

  • Senin, 19 Jul 2021 07:19

    Ibu ini berjuang sendiri demi anak yang ditelantarkan oknum ASN Guru SMPN 3 Batu Bara

    Malang nian nasib seorang ibu muda digugat cerai suami hanya karena hal sepele hingga membuatnya menderita batin menanggung beban selama dua tahun lebih, hidup sendiri menafkahi anak semata wayangnya.

  • Senin, 21 Jun 2021 20:21

    Kartini KSJ Pusat KukuhKan Pengurus Kartini KSJ Kota Tebing Tinggi Masa Bhakti 2021-2026

    Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. hadiri pengukuhan dan pengesahan Pengurus Kartini KSJ (Komunitas Sedekah Jumat) Kota Tebing Tinggi periode 2021- 2026.Acara berlangsung di Ge

  • Minggu, 20 Jun 2021 21:20

    Ilyas: Mari Bersama Kita Sukseskan PPDB Online Batu Bara 2021/2022

    PPDB Online Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi saat ini yang semakin canggih dan terjangkau masyarakat. Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Bar

  • Jumat, 18 Jun 2021 22:18

    Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Serahkan Sembako Bagi Masyarakat

    Polda Sumatera Utara bersama Polres Batubara mengadakan bakti sosial dalam rangka Hari Bhayangkara ke 75 di Gor Inalum, Sei Suka, Kabupaten Batubara, Jumat (18/6/2021).Kegiatan bakti sosial itu turut

  • Minggu, 02 Mei 2021 18:22

    Miladiyah BKPRMI Batu Bara ke-45 Tahun, Bupati Zahir Berikan Apresiasi Serta Ucapkan Selamat

    Ketua Pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Batu Bara, Mukhrizal Arif, M.Pd.I bersama 12 pengurus BKPRMI tingkat kecamatan menggelar Tasyakur Miladiyah ke-45 Tah

  • Jumat, 30 Apr 2021 07:50

    Sungguh Miris, Lapak Jualan Hingga Ruas Jalan Dilanda Banjir Rob di Batu Bara

    Sungguh miris melihat lapak jualan hingga sepanjang ruas jalan dilanda banjir rob. Keberadaan pasar bak seperti berjualan di atas air sungai atau danau. Ironisnya warga penjual buah sampai menggunakan perahunya untuk bertransaksi.

  • Kamis, 29 Apr 2021 21:59

    Geger! Kantor DPD PDI-P Kabupaten Batu Bara Diikat Rantai Besi Lalu Digembok

    Menggegerkan, kantor Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jalan Lintas Sumatera Utara, yang berada di Desa Sumber Padi, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, diikat dengan rantai besi dan menggunakan gembok mangga.

  • Kamis, 22 Apr 2021 19:22

    Ilyas Sitorus: Kunci Sukses PTM Butuh Dukungan Semua Pihak Untuk Terapkan Prokes

    Pemerintah Kabupaten Batu Bara saat ini telah melaksanakan kembali Kombinasi Pembelajaran Tatap Muka dengan Belajar dari Rumah sejak 19 April 2021, yang sebelumnya pernah dibuka sejak 7 September 2020

  • Kamis, 08 Apr 2021 19:28

    Abdul Kadir Simarogkir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua PC IKA UNIMED Batu Bara

    Meskipun lewat voting di Musyawarah Daerah (Musda) Abdul Kadir Simarongkir, S.pd, M.Si syah terpilih menjadi Ketua Pengurus Cabang Ikatan Alumni Universitas Negeri Medan (IKA UNIMED) Kabupaten Batu Ba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak