Senin, 19 Apr 2021 01:28
  • Home
  • Ekonomi
  • Edy Rahmayadi Senang Produksi Bawang Merah STM Hulu Makin Meningkat

Edy Rahmayadi Senang Produksi Bawang Merah STM Hulu Makin Meningkat

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Tony
Minggu, 30 Agu 2020 21:50
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut/ Veri Ardian
Edy Rahmayadi melaksanakan panen bawang merah di Desa Liang Pematang Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu Kabupaten Deliserdang, Minggu (30/8/2020).
Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang kembali melakukan panen bawang merah. Kali ini, panen dilakukan di Desa Liang Pematang, dengan luas lahan 1,5 hektare (Ha) yang memproduksi kurang lebih 40 ton bawang merah.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi senang dan antusias melihat peningkatan produksi bawang merah di STM Hulu. Edy Rahmayadi berharap Sumut segera mampu memenuhi kebutuhan bawang merahnya sendiri.

"Tentu kita senang STM Hulu mampu memproduksi bawang merah dengan kualitas yang baik dan jumlahnya juga terus meningkat. Kita akan terus dorong ini agar Sumut mampu memenuhi kebutuhan sendiri bawang merahnya, bahkan mudah-mudahan kita bisa mengekspornya," kata Edy Rahmayadi usai memanen bawang merah bersama warga di Desa Liang Pematang, Minggu (30/8).

Sebelumnya, pada awal bulan Mei, Edy Rahmayadi juga memanen bawang merah bersama warga di desa yang sama. Saat itu Edy Rahmayadi dan warga memanen bawang di lahan seluas 1 Ha dengan jumlah produksi sekitar 16 ton.



Edy Rahmayadi berharap semakin banyak petani di STM Hulu yang menanam bawang merah, karena sampai saat ini, Sumut masih defisit bawang merah sebesar 50%. Dia juga mengatakan akan terus mendorong agar peningkatan produksi bawang merah STM Hulu terus meningkat.

"Kita terus giatkan bawang merah ini, bekerja sama dengan kelompok tani dan masyarakat setempat. Secara ekonomi ini sangat menjanjikan karena kita tahu harga bawang di Sumut bahkan di sebagian besar daerah di Indonesia sangat mahal," tambah Edy Rahmayadi yang di dampingi Sekcam STM Hulu Antonius Tarigan.

Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut Dahler, mengatakan bawang merah dari STM Hulu memiliki kualitas yang baik. Dahler juga menambahkan bawang merah STM Hulu juga sudah mampu dikembangkan untuk menjadi bibit.

"Kualitas bawang merah di sini sangat bagus dan besar-besar. Bila ada musim kemarau produksi bisa lebih banyak lagi. Kita akan terus berupaya mengembangkannya dengan bekerja bersama petani-petani yang ada di sini. Para petani akan kita bantu, kita bina sehingga bawang merah ini mampu meningkatkan pendapatan mereka," kata Dahler.



Pembina petani bawang merah di STM Hulu Edy Kaluwak mengatakan, ketinggian dan struktur tanah di beberapa tempat di STM Hulu sangat cocok ditanami bawang. Dengan teknik yang tepat, menurutnya akan menghasilkan bawang merah yang berkualitas.

"Kalau struktur tanahnya sangat pas. Bahkan sebenarnya petani-petani di sini sebelumnya sudah menanam bawang merah, hanya saja tidak di kelola dengan tepat sehingga satu demi satu hilang. Sekarang setelah dilakukan pembinaan, hasilnya terlihat dan petani-petani kita kembali tertarik menanam bawang," ujarnya.

Sejauh ini menurut keterangan Kepala Desa Liang Pematang Bahagia Tarigan, ada sekitar 50 petani yang membudidayakan bawang merah dengan total luas lahan sekitar 50-60 Ha.

"Petani semakin berminat dan sudah ada dua kelompok taninya, yakni Arih Ersada dan Ponti 4. Kata orang di pusat pasar, grade bawang ini A, makanya kita di sini semakin semangat," kata Bahagia.
Editor: Herda

T#g:Deli SerdangPanenSTM Hulubawang
Berita Terkait
  • Sabtu, 10 Apr 2021 08:10

    Pererat Silaturahmi, Satgas Pamtas Yonif 642 Bantu Masyarakat Panen Ubur-Ubur

    Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas membantu memanen ubur-ubur di Dusun Maludin, Desa Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas, Kalbar. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Danpos Temajuk, Letda Inf Ryan Hi

  • Kamis, 25 Mar 2021 01:25

    Ali Yusuf Siregar Resmikan Sentra Ternak Dompet Dhuafa

    Wakil Bupati Deli Serdang, M. Ali Yusuf Siregar meresmikan program sentra ternak Dompet Dhuafa Waspada yang dinamakan Dompet Dhuafa Farm (DD Farm) di Desa Bulu Cina, Kecamatan Hamparan Perak, Kab

  • Selasa, 23 Mar 2021 22:53

    Luhut Sambut Positif Hasil Komoditas Food Estate Humbahas

    Tiga Menteri yakni Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Menteri Pertanian dan Menteri Pekerjaan Umum menyambut positif hasil komoditas di Food Estate (FE) Kabupaten&n

  • Sabtu, 13 Mar 2021 06:13

    Satgas Yonif 642 Terjun Langsung ke Sawah Bantu Warga Memanen Padi

    Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas terus berupaya agar dapat selalu hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat binaan, salah satunya dengan terjun langsung ke sawah untuk membantu warga memanen padi di D

  • Kamis, 04 Mar 2021 08:04

    Kombes Pol Yemi Mandagi Sambut Audensi PAMK Deli Serdang

    Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK terima audensi dari Forum Pemuda Agama Mitra Kamtibmas (PAMK) Kabupaten Deli Serdang, Senin (01/03/2021).

  • Kamis, 25 Feb 2021 03:25

    Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas Bantu Panen Padi Warga Sei Daun

    Dalam mewujudkan ketahanan pangan, sebagai wujud kemanunggalan TNI-Rakyat, Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas Pos Sei Daun turut membantu warga dalam melaksanakan panen padi di Dusun Sei Daun, Desa Maleng

  • Kamis, 18 Feb 2021 18:18

    DPRD Deli Serdang Kunjungi Penangkaran Bibit Holtikultura Binjai

    Beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Deli Serdang, melakukan kunjungan ke penangkaran bibit Holtikultura Binjai, yang berada di jalan Madura, Kecamatan Binjai Utara, Kamis

  • Selasa, 09 Feb 2021 23:19

    Koperasi Beringin Jaya LMHAI Lapor Ke Presiden Jokowi, Minta Penyelesaian Konflik Pertanahan Di Perkebunan Kuala Namu

    Pengurus Koperasi Beringin Jaya LMHAI melalui Ketuanya Wagiman dan LMM Batu Bara pada Selasa, tanggal 9 Februari 2021 mengantarkan langsung surat laporan minta penyelesaian konflik pertanahan di

  • Selasa, 09 Feb 2021 20:39

    Diduga Gara-Gara Uang Sampah Tidak Dibayar, Warga Ini Mengaku Tidak Dilayani Aparat Desa

    Herti Pane (40) warga Jalan Pala 16, Perumnas Simalingkar mengeluhkan diduga buruknya pelayanan di Kantor Desa Perumnas Simalingkar Kecamatan Pancur Batu hanya gara-gara tidak bayar retribusi sampah R

  • Kamis, 28 Jan 2021 05:28

    Kompak, Personel Satgas Yonif 125/Simbisa Panen Cabai Bersama Warga Perbatasan

    Untuk memelihara hubungan tali silaturahmi dan kekompakan tetap terjaga, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa di bawah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW memanen cabai bersama warga

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak