Jumat, 06 Agu 2021 09:40
  • Home
  • Ragam
  • PLN & Kemenhut saling lempar tanggung jawab akibatkan Sumut kritis listrik

PLN & Kemenhut saling lempar tanggung jawab akibatkan Sumut kritis listrik

MEDAN (utamanews.com)
Selasa, 11 Feb 2014 16:53
Kondisi kelistrikan di Sumatera Utara dinilai sudah akut sehingga memerlukan penanganan super-ekstra dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk jajaran direksi PT PLN.

“Kalau diibaratkan penyakit kanker, kondisinya sudah stadium akhir,” kata Ketua Komisi E DPRD Sumut Brilian Moktar di Medan, Senin.

Menurut Brilian, kondisi kritis tersebut dapat dilihat dari pemadaman listrik di Sumut yang sering mengalami pemadaman bergilir meski telah menjalankan sejumlah kebijakan, termasuk penyewaan genset.

Terkait kondisi yang sangat kritis tersebut, wajar jika diperlukan penanganan khusus untuk mengatasi, termasuk langkah tegas dan berani dengan menyingkirkan orang-orang yang kurang memiliki kompetensi.

“Orangnya yang harus dibuang, bukan PLN-nya,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Ia mengatakan, salah satu yang perlu dilakukan Pemprov Sumut adalah mengundang direksi PLN untuk menetapkan langkah strategis guna mengatasi krisis energi listrik yang selama ini melanda provinsi itu.

Bahkan, Pemprov Sumut juga perlu mengundang pejabat Kementerian BUMN, Kementerian ESDM dan Kementerian Kehutanan untuk terlibat dalam mengatasi krisis listrik yang sering terjadi di Sumut.

Hal itu disebabkan adanya kesan “saling lempar’ tangggung jawab antara PLN, Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, dan Kementerian Kehutanan dalam masalah kelistrikan di Sumut.

Sebagai anggota Pansus Kelistrikan DPRD Sumut, pihaknya pernah dua kali menjumpai pembuat keputusan di Kementerian BUMN tetapi tidak berhasil.

Ketika berdiskusi dengan pejabat Kementerian ESDM, disebutkan jika krisis listrik di Sumut itu masalah PLN. “Namun, PLN bilang itu kesalahan kehutanan karena adanya SK Menhut 44,” katanya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Demokrat Tahan Manahan Panggabean mengatakan, krisis listrik di Sumut telah berlangsung sejak lama sehingga menjadi keluhan berbagai elemen masyarakat.

Untuk itu, perlu dikaji lebih mendalam tentang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kelistrikan. “Saya melihat, pelaksanaannya yang tidak tepat,” katanya.

Pihaknya berharap direksi PLN dapat mengambil kebijakan cerdas dalam mengatasi masalah itu, termasuk dengan mengganti manajemen yang tidak mampu bekerja dan menyelesaikan masalah yang ada.

Ia mencontohkan problematika PLTU Pangkalan Susu di Kabupaten Langkat yang terkendala dalam transmisi serta penyelesaian PLTA Asahan 3 yang belum menunjukkan kemajuan signifikan,
Pihaknya sangat sepakat jika Pemprov Sumut harus mengambil langkah konkret, termasuk dengan membuat rancangan aturan yang memberikan kemudahan bagi investor kelistrikan.

“Saya tidak bilang gubernur tidak peduli, tetapi sampai saat ini belum melihat ada inisiatif,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengatakan, sesuai dengan janji Menteri BUMN Dahlan Iskan, krisis listrik di Sumut sebenarnya sudah berakhir.

Namun kondisi itu bukan menjadi jaminan jika tidak ada lagi pemadaman karena PLN mungkin menghadapi sejumlah kendala teknis atau adanya pemeliharaan mesin pembangkit.

Ia mencontohkan dengan pembangunan PLTU Labuhan Angin di Kabupaten Tapanuli Tengah yang telah dioperasikan. “Namun ada kendala teknis,” katanya. (Ant)
T#g:DPRDListrikPDIP
Berita Terkait
  • Jumat, 06 Agu 2021 08:06

    Pimpinan DPRD Medan Rekomendasikan RS Bunda Thamrin jadi Provider BPJS Kesehatan

    Pimpinan DPRD Kota Medan, merekomendasikan Rumah Sakit (RS) Bunda Thamrin yang beralamat di jalan Sei Batanghari Kota Medan, Kembali menjadi Provider Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehata

  • Senin, 02 Agu 2021 11:02

    Anak Tanjung Morawa meninggal Dunia Akibat Kesetrum Aliran Listrik Saat Ambil Rambutan

    Seorang pemuda di Dusun II Desa Seim Merah Kecamatan Tanjung Morawa meninggal dunia yang diduga karena kesetrum aliran listrik, Minggu (01/07/2021).Dari informasi yang diterima, korban, Maditiono

  • Minggu, 01 Agu 2021 12:21

    DPC PDI Perjuangan Kota Medan Bantu Material Bangunan Pada Korban Kebakaran

    DPC PDI Perjuangan Kota Medan, Jumat (30/7/2021) menyerahkan bantuan material bangunan kepada warga korban kebakaran di dua tempat berbeda.Bantuan tersebut merupakan swadaya dan gotong-royong kader pa

  • Senin, 26 Jul 2021 17:36

    DPRD Sumut Dalami Informasi Oknum Kepala Sekolah Langgar Permendikbud Nomor 6 tahun 2018

    Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hendro Susanto, berjanji akan segera mencari informasi resmi ke Dinas Pendidikan Provsu, terkait Oknum Kepala Se

  • Rabu, 21 Jul 2021 16:01

    Absen 1, Sebanyak 29 Anggota DPRD Binjai Ikuti Rapat Paripurna Penetapan Calon Wakil Walikota

    Tepat Pukul 14.53 Wib, Rapat Paripurna Penetapan Calon Wakil Walikota Binjai, masa jabatan 2021-2024, digelar di gedung DPRD Binjai, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Rabu (21/7).Dipimpin l

  • Senin, 19 Jul 2021 16:09

    Rizky Yunanda Sitepu Sampaikan Visi Misi Calon Wakil Walikota Binjai

    Rapat Paripurna DPRD Kota Binjai terkait Penetapan Calon Wakil Walikota Binjai, masa jabatan 2021-2024, yang digelar Kantor DPRD Kota Binjai, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Senin (19/7)

  • Senin, 19 Jul 2021 10:49

    DPRD Binjai Paripurnakan Penetapan Calon Wakil Walikota Binjai, Masa Jabatan 2021-2024

    Bertempat di Aula lantai ll Gedung DPRD Kota Binjai, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, berlangsung Rapat Paripurna Penetapan Calon Wakil Walikota Binjai, masa Jabatan 2021-2024, Senin (19/7

  • Rabu, 14 Jul 2021 15:04

    Pelajari Data Desa Presisi, Pemkab Sergai Studi Tiru ke Kabupaten Taput

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya beserta rombongan melaksanakan studi tiru ke Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) terkait program "Data Desa Presisi", Selasa (13/07/2021).Dalam sambutannya

  • Selasa, 13 Jul 2021 21:03

    LVRI Kota Binjai Audensi Perkenalan Pengurus Kepada Ketua DPRD

    Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Binjai yang dipimpin oleh H Tarwan, menggelar audiensi dengan DPRD kota Binjai, di Gedung Dewan, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Selasa (13/7

  • Senin, 12 Jul 2021 20:12

    Pemko Medan Berkomitmen Wujudkan Medan Sebagai Kota Atlet

    Pemko Medan berkomitmen untuk mewujudkan kota Medan sebagai kota atlet. Salah satunya dengan mengoptimalkan potensi, baik itu mencakup olahraga rekreasi, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi.Hal

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak