Senin, 23 Sep 2019 19:01
  • Home
  • Ragam
  • Langkat Didaulat Adipura & Adiwiyata Mandiri

Langkat Didaulat Adipura & Adiwiyata Mandiri

JAKARTA (utamanews)
Selasa, 11 Jun 2013 15:50
Kabupaten Langkat menorehkan kembali prestasi di bidang lingkungan dengan mencatatkan Kota Stabat sebagai penerima tujuh kali berturut-turut Piala ADIPURA serta empat sekolah dianugerahi Adiwiyata Mandiri dari Pemerintah RI, Senin (10/6) malam di Jakarta.

Kabag Humas Pemkab Langkat Rizal Gultom, menjelaskan raihan kedua prestasi tersebut kepada wartawan saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon sesaat setelah mengikuti prosesi penyerahan penghargaan yang diberikan kepada Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH oleh Presiden RI SBY melalui Menteri Lingkungan Hidup Balthasyar Kambuaya di Hall Birawa Hotel Bidakara.

“Alhamdulillah, semua berkat kerja keras seluruh pihak dan kesadaran bersama tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan. Suatu keberhasilan yang pantas disyukuri bersama,” kata Rizal menyampaikan pesan Bupati Langkat H. Ngogesa tentang penghargaan diraih.

“Adipura kali ini berbeda, bagi daerah yang telah berulang kali dapat seperti Langkat yang sudah tujuh kali berturut-turut diserahkan melalui Menteri, sedangkan daerah yang baru pertama kali langsung oleh Presiden” jelasnya seraya menambahkan bahwa hal itu merupakan ketentuan dari Kementerian LH.

Masih terkait Piala ADIPURA, sebut Rizal, Bupati Ngogesa mengungkapkan peran serta komponen masyarakat merupakan bahagian tidak terlepaskan selain kedisiplinan pasukan kuning sebutan umum bagi petugas kebersihan menjalankan tugas merupakan faktor penting diraihnya keberhasilan tersebut.

Untuk itu diharapkan kesadaran atau kepedulian masyarakat terhadap lingkungan seperti penataan kebersihan baik di lingkungan sekitar domisili ataupun tempat umum terus meningkat seiring berjalannya waktu. Sejalan dengan hal itu, Ngogesa meminta instansi terkait di jajaran Pemkab Langkat komit menjalankan tupoksinya tidak hanya sebatas meraih penghargaan.

Terkait penghargaan Adiwiyata Mandiri untuk sekolah berbasis lingkungan, lanjut juri bicara Pemkab Langkat itu, menjadi kebanggaan tidak kalah penting. Diantara sekolah yang berhasil menggoreskan tinta emas terkait lingkungan yakni SDN 058111 Kampung Satu Sawit Seberang, SDN 050728 Tanjung Pura, SMPN 1 Stabat dan SMAN Padang Tualang, diinformasikan juga bahwa ada 18 sekolah lagi di Langkat yang masuk nominasi Adiwiyata Nasional dan akan dinilai Oktober mendatang.

Sebelum mengakhiri penjelasannya, Rizal mengatakan, Bupati yang saat menerima penghargaan didampingi Plh Sekda dr H Indra Salahudin, Staf Ahli Bupati Eddy Tarigan, Kaban Lingkungan Hidup Herminta Sembiring, Kadis Kebersihan Syahmadi, Kepala BKD Amril, Kadis Dikjar H. Sujarno dijadwalkan akan bertolak kembali ke Langkat dengan membawa sejumlah penghargaan bergengsi yang telah diraih untuk kemudian diadakan resepsi sederhana dan do’a bersama sebagai tanda bersyukur di Serambi Jentera Malay rumah dinas Bupati pada Rabu (12/6) mendatang.

Diilustrasikan dia, penghargaan dimaksud bahagian dari rentetan keberhasilan di raih selama kepemimpinan H. Ngogesa Sitepu, SH misalnya medio Mei lalu piala Wahana Tata Nugraha kedelapan kalinya serta dinobatkan sebagai Pembina Terbaik Nasional K-3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dari Menakertrans persisnya bulan April lalu. (hl)
T#g:Adipura
Berita Terkait
  • Kamis, 21 Feb 2019 12:11

    Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso Ajak Seluruh Masyarakat Berjibaku Untuk Raih Adipura Tahun 2019

    Semangat Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 bergelora di Kabupaten Labuhanbatu. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan Apel Bersama 2.000-an Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri, di pelat

  • Sabtu, 15 Jul 2017 05:05

    Dandim 0824 Ajak Masyarakat, "Ayo Hijaukan Kota Jember Demi Generasi Kita"

    Kesibukan perekonomian yang terpusat di kawasan Pasar Tanjung yaitu jalan Samanhudi, Diponegoro dan Trunojoyo, kota Jember, sebagai urat nadi perekonomian menjadikannya padat dan sibuk sepanjang hari.

  • Jumat, 14 Jul 2017 04:24

    Dandim 0824 motivasi Masyarakat Kota Jember Untuk Raih Adipura 2018

    Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arismaya Parahita, memimpin Rapat Koordinasi Adipura Kabupaten Jember, di Aula PB Sudirman Kodim 0824, Kamis (13/7).

  • Sabtu, 06 Des 2014 19:21

    Tim Pantau Adipura temukan areal SMA Negeri 3 Medan tidak layak nilai

    Tim Pantau Adipura (P1) ke Kota Medan kecewa karena mendapati sejumlah titik penilaian di SMA Negeri 3 Jalan Budi Kemasyarakat Kelurahan Pulo Brayan kota Kecamatan Medan Barat, dengan kondisi kebersih

  • Selasa, 03 Des 2013 20:40

    Masyarakat diminta kelola limbah rumah tangga dengan konsep 3R

    “Sudah saatnya kita memandang sampah mempunyai nilai guna dan manfaat sehingga tidak layak dibuang percuma. Kita harus mengembangkan dan membangun kepedulian masyarakat agar dapat berkawan dengan sa

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak