Senin, 19 Apr 2021 01:42

ODHA di Labuhanbatu Diprediksi Meningkat

LABUHAN BATU (utamanews.com)
Kamis, 08 Okt 2015 08:10
Dipicu tren pergaulan bebas di masyarakat, orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dewasa ini banyak diderita oleh usia produktif 19 tahun s/d 30 tahun. Demikian dikatakan oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Labuhanbatu.

"Setiap bulannya kami mendapat 3 kasus penderita ODHA," kata Ade Irma, Ketua PKBI, Rabu (7/10) siang di Kantor Dinas Kesehatan Labuhanbatu.

Ia menilai, angka ini diprediksi naik hingga 15 persen setiap tahunnya seiring ditemukan beberapa penyakit infeksi menular seksual (IMS) di kalangan pelajar Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menegah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Labuhanbatu.

Meningkatnya penularan, bisa saja dibawa dari luar Kota Rantauprapat, karena, Kota Rantauprapat merupakan kawasan titik istirahat bagi pekerja transportasi yanga mau ke Medan atau sebaliknya. "Ini bisa saja membawa penyakit menular seksual," katanya.

Ade menghimbau kepada semua pihak agar ikut berpartisipasi dalam penanggulangan dan antisipasi penularan. Dengan menguatkan sosialisasi dampak dan akibat dari sex bebas, tidak diskriminasi dan menyiapkan program-program perencanaan di masyarakat.

Catatan PKBI, terdapat 140 orang terpapar sebagai ODHA di Labuhanbatu  hingga September 2015, 5 (lima) pria diantaranya adalah berstatus PNS di Pemkab Labuhanbatu dan sebagian besar oleh ibu-ibu rumah tangga dan yang telah meninggal dunia 43 orang.

Kondisi ini diperparah oleh adanya ODHA dari daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan yang masih bergantung pelayanan case support treatment (cst) dari Kabupaten Labuhanbatu. "Hal ini sungguh memberatkan para pendamping sebaya," ungkap Bobby Agus Tirtana, Konselor HIV/AIDS Labuhanbatu.

Menurut dia, biaya CST sangat membebani para petugas di Labuhanbatu. Hal ini disebabkan identitas penderita ODHA yang berasal dari luar Labuhanbatu dan anggarannya tidak ditampung oleh APBD.

"Sangat memberatkan sekali, bila ada penderita ODHA dari luar, karena kami akan patungan membayar biayanya dengan alasan kemanusiaan karena untuk alat tersebut hanya ada di Labuhanbatu," ungkap Bobby.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, dr Alwi Mujahid Hasibuan mengaku telah berupaya mensosialisasikan program-program pencegah penularan penyakit HIV/AIDS dengan melibatkan komponen masyarakat seperti KPA, PKBI, PMI, rekan-rekan wartawan dan ibu-ibu rumah tangga.

Sosialisasi ini ditujukan kepada populasi kunci yakni pekerja seksual, waria dan gay yang ada. Selain itu, kata Alwi, telah ditemukannya kasus HIV/AIDS pada siswa SMP, membuat Kota Rantauprapat yang religius terbantahkan. (TR)
T#g:AIDSkesehatanLabuhanbatu
Berita Terkait
  • Sabtu, 17 Apr 2021 20:47

    Temuan Mayat Di Rumah Kosong Milik Mantan Wakil Bupati Labuhanbatu Diduga Depresi

    Warga Kampung Songo Kelurahan Sigambal Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu dihebohkan dengan temuan mayat seorang laki-laki di rumah kosong milik mantan Wakil Bupati Labuhanbatu, H Sudarwanto,

  • Jumat, 16 Apr 2021 06:26

    Satgas Yonif 512 Pererat Tali Persaudaraan Dengan Pelayanan Kesehatan

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Kalipay melaksanakan kegiatan anjangsana dan memberikan pelayanan kesehatan bagi warga perbatasan yang sakit di Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Kee

  • Rabu, 14 Apr 2021 20:34

    Polres Labuhanbatu Gelar Acara Zoom Meeting Deklarasi Tolak Narkoba Menuju Sumut Bersinar

    Polres Labuhanbatu menggelar acara zoom meeting deklarasi tolak narkoba menuju Sumut bersinar, bertempat di Aula Tunggal Panaluan Mapolres Labuhanbatu Jalan MH Thamrin Kelurahan Rantauprapat Kecamatan

  • Kamis, 08 Apr 2021 12:08

    TNI Buka Layanan Kesehatan Gratis di Papua

    Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan warga, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 131/Braja Sakti Pos Kout Km 31 Kampung Arso 1, Kabupaten Keroom, Papua, membuka layan

  • Senin, 05 Apr 2021 19:45

    PDI Perjuangan Labuhanbatu Laksanakan Rakercab dan Konsolidasi Pemenangan PSU

    DPC PDI Perjuangan Kabupaten Labuhanbatu laksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Ke II Tahun 2021 yang dilaksanakan di Hotel Permata Land Rantauprapat pada Senin (5/4/2021).

  • Minggu, 04 Apr 2021 11:04

    Jumlah Pelayanan Bakti Kesehatan Bermartabat di Pantai Barat Melebihi Target

    Tim dokter dari Program Bakti Kesehatan Bermartabat Sumatera Utara (BKB Sumut) melanjutkan pelayanan kesehatan keliling, ke kawasan Pantai Barat yakni Tapanuli Utara (Taput), Tapanuli Tengah (Tapteng)

  • Sabtu, 03 Apr 2021 10:53

    Supir Travel Pemerkosa Mahasiswi Dalam Mobil Berhasil Ditangkap Polisi

    Pasca kejadian tindak pidana dugaan pemerkosaan yang dilakukan supir mobil travel lintas Rantauprapat - Pekan Baru terhadap penumpangnya, bunga (nama samaran), mahasiswi, warga Kecamatan Rantau Utara,

  • Sabtu, 03 Apr 2021 10:33

    Mahasiswi Diduga Diperkosa Supir Travel Dalam Perjalanan Dari Pekan Baru ke Rantauprapat

    Sungguh malang nasib Bunga (nama samaran) bermaksud pulang ke rumah, di tengah perjalanan diperkosa oleh supir mobil travel lintas Rantauprapat - Pekan Baru di dalam mobil yang dinaikinya, di jalan li

  • Jumat, 02 Apr 2021 07:02

    Pangkogabwilhan I Hadiri Launching Penegakan Prokes di Tempat Umum dan Pelabuhan

    Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. bersama Gubernur Kepri dan para Pejabat FKPD Provinsi Kepri menghadiri launching Protokol Kesehatan di tempat-tempat umum dan pelabuhan

  • Kamis, 01 Apr 2021 08:51

    Gubsu Lantik 3 Pj. Bupati Pasca Putusan MK, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Samosir

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Samosir, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan (Labusel), Rabu (31/3).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak