Jumat, 19 Apr 2024 15:38
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Berdalih peralatan lebih lengkap, Puskesmas ini patok biaya cek kesehatan calon Jemaah Haji lebih mahal

Langkat (utamanews.com)

Rabu, 27 Apr 2016 14:05

Puskesmas Pangkalan Brandan mematok biaya Rp140.000 bagi setiap calon jemaah haji yang melakukan cek kesehatan. Biaya tersebut, jauh lebih mahal dibandingkan dengan Puskesmas lain yang melaksanakan hal yang sama, dimana setiap calon jemaah dipatok sebesar Rp 100.000. Hal ini diungkap oleh Suhardi Surbakti kepada utamanews, di Pangkalan Brandan, Rabu (27/04/2016).

Suhardi merinci biaya yang dipatok oleh Puskesmas tersebut berupa biaya pendaftaran sebesar Rp5.000 dan cek laboratorium Rp95.000. Kemudian calon jemaah diarahkan ke ruang mata untuk ditimbang dan diukur tinggi badannya serta dikenakan biaya Rp40.000.

"Saat itu saya sedang mengantarkan isteri dan ipar saya melakukan cek kesehatan", ujarnya.

Terpisah, Supardi, Kepala Seksi P2KP Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat, yang dimintai tanggapannya mengatakan bahwa retribusi yang dikenakan biasanya disesuaikan dengan Perda Pelayanan Kesehatan Kabupaten Langkat.

"Mungkin jemaah tersebut mengalami masalah kesehatan dengan resiko tinggi yang memerlukan pemeriksaan penunjang lainnya. Untuk jelasnya, dikonfirmasi saja Kepala Puskesmasnya", jawab Supardi yang juga menjabat sebagai Kabag Umum Dinas Kesehatan Langkat.

Saat ditemui, dr Hasbi, Kepala Puskesmas Pangkalan Brandan, membantah melakukan kesalahan. Ia mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

"Puskesmas Pangkalan Brandan tidak bisa disamakan dengan Puskesmas lain, karena memiliki peralatan yang lebih lengkap dan tidak ada ketetapan standar biaya pemeriksaan dari dinas", kilah Hasbi.

Namun dari sumber yang dipercaya, Hasbi melalui ponselnya telah menghubungi pihak keluarga Suhardi dan berjanji akan mengembalikan biaya cek kesehatan sebesar Rp40.000.

(red)
T#g:HajiLangkat
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️