Selasa, 22 Jun 2021 08:52

Workshop Virtual "Ibu Sehat & Bugar Idaman Keluarga"

Medan (utamanews.com)
Oleh: Anji Prayoga
Kamis, 10 Jun 2021 16:30
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut/ Imam Syahputra
Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumut Nawal Lubis menjadi narasumber pada Workshop Virtual
Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh setiap hari. Terutama bagi para ibu yang banyak beraktivitas dalam urusan keluarga di rumah.

Hal tersebut disampaikan Nawal Lubis saat menjadi narasumber pada acara workshop virtual yang digelar DWP Sumut dengan tema 'Ibu Sehat dan Bugar Idaman Keluarga' di Kantor DWP Sumut Jalan Teuku Cik Ditiro Medan, Rabu (9/6). Hadir Ketua DWP Sumut Linda Haris Lubis, dan penggurus DWP Sumut, serta Ketua DWP kabupaten/kota yang mengikuti secara virtual.

Nawal yang juga Ketua TP PKK Sumut memaparkan, beberapa tips agar tetap sehat dan bugar setiap hari. Pertama menurut Nawal adalah berpikiran positif, yakni dengan mengelola pikiran agar tidak terjadi stres.

Nawal juga mengingatkan para anggota DWP untuk rajin mengonsumsi sayuran dan buahan. Selain itu menjaga berat badan ideal, dengan meminum air putih delapan gelas sehari, agar badan tetap bugar.

"Air itu sangat penting bagi tubuh kita, dan yang paling bagus itu air putih, karena sangat cepat untuk metabolisme tubuh," ungkapnya.

Kemudian, katanya, tetap berolahraga secara rutin, selama 30 menit, lima kali dalam seminggu. Hal ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki dan olahraga ringan lainnya. Ini juga diiringi dengan tidur yang cukup dan berkualitas minimal delapan jam sehari.

"Ibu-ibu harus mengerti dengan tubuh kita, bila sudah capek haruslah beristirahat. Kalau yang sudah monopose memang susah untuk tidur, namun ini harus kita atasi secara pelan-pelan," jelasnya.

Tips selanjutnya menjaga kesehatan dengan rutin mencuci tangan dan membatasi mengonsumsi minuman bersoda dan lainnya. Karena minuman ini menggunakan gula tambahan yang dapat memicu diabetes. Selain itu dapat menghindari makanan junk food, karena rendah serat, protein dan nutrisi lainnya.

"Jangan malas untuk menyiapkan makanan yang kita buat sendiri untuk keluarga, karena ini lebih baik untuk keluarga kita," katanya.

Narasumber lainnya, Guru Besar Fakultas Kedokteran USU sekaligus praktisi kesehatan Aldi S Rambe , yang mengupas seputar hipertensi membeberkan beberapa pencegahan pada penderita hipertensi, yakni dengan mengubah pola makan dengan mengurangi konsumsi garam. Juga menghindari rokok yang efeknya dapat membuat dinding aliran darah menjadi kaku sehingga tekanan darah tinggi.

"Konsumsi garam maksimal 5 gram sehari, rajin makan sayur  dan buah, diringi menambah kegiatan fisik berolahraga, tidak merokok, tidak minum alkohol dan menghindari makanan berlemak," katanya.

Disampaikan Aldi, penderita darah tinggi harus meminum obat seumur hidupnya dan hal ini memang sudah menjadi ketergantungan bagi penderita hipertensi. Menurutnya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, karena obat yang digunakan sudah diteliti sebelumnya.

"Jadi yang menyebabkan ginjal bermasalah itu bukan karena obatnya, namun karena tekanan darah yang begitu tinggi, hingga menyebabkan kerusakan ginjal," katanya.

Sementara Dosen Fakultas Keperawatan USU Asrizal memaparkan tentang perawatan luka di rumah. Menurutnya, hal yang harus diperhatikan ketika anggota keluarga mengalami luka, karena terjatuh atau lainnya, yakni mencuci luka terlebih dahulu dengan NaCL 0,9%  atau air hangat 36 derajat atau sabun bayi dengan menyiramkan pada luka untuk menghilangkan kotoran.

Untuk luka terbuka, Asrizal berpesan, jangan menggunakan alkohol atau betadin, karena obat ini dapat melepas Fibroblast (jaringan ikat kulit baru) untuk luka. Oleskan salep pada luka, bisa metcovazin atau bionect salep, dan burnazin plus.

"Ini bisa kita siapkan di rumah. Luka ini ditutup pakai perban untuk menghindari bakteri. Untuk luka tertutup atau memar dapat menggunakan Thrombophob salep," katanya.
Editor: Herda

T#g:Ibugizi
Berita Terkait
  • Minggu, 20 Jun 2021 08:10

    Panglima TNI Pastikan Asupan Gizi Bagi Prajurit Saat Tinjau Dapur Lapangan

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU., Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsi

  • Sabtu, 12 Jun 2021 18:12

    Tarif Parkir di RS Pringadi Medan Diduga Menyalah, Tertera di Tiket Rp2000 diminta Rp5000

    Sejumlah masyarakat mengeluhkan tarif parkir di RSUD dr Pirngadi Medan karena tidak sesuai dengan yang tertera di tiket. Di tiket parkir yang diserahkan oleh juru parkir (Jukir) tertera Rp2000 untuk k

  • Selasa, 01 Jun 2021 20:01

    Bobby Nasution terus salurkan makanan dan vitamin pada warga yang diisolasi di lingkungan

    Selama isolasi lingkungan, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM menjamin warga yang menjalankannya terus mendapatkan makanan siap saji dan vitamin.

  • Jumat, 28 Mei 2021 08:28

    Indonesia dan Nutrition International Berbagi Pembelajaran Lewat Intervensi Gizi Remaja

    Nutrition International, bekerjasama dengan pemerintah Indonesia, Australia, dan Kanada, telah menyelesaikan program Pencegahan Anemia pada Remaja Putri - MITRA Youth. Program ini dijalankan di sepulu

  • Senin, 24 Mei 2021 00:24

    Selain Swab Gratis, Warga Kembangan Dihibur Kesenian Palang Pintu

    Hari ke tujuh program swab antigen yang digelar di Polsek Kembangan Polres Metro Jakarta Barat terus berlangsung hingga berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

  • Jumat, 21 Mei 2021 10:51

    LBH FSPMI Sumut Nilai Kasus Ketua KC FSPMI Palas adalah Kriminalisasi Aktivis Buruh

    Direktur Lembaga Bantuan Hukum Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (LBH FSPMI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rohdalahi Subhi Purba menilai, kasus pidana yang ditujukan Oleh Jaksa Penuntut Umum

  • Selasa, 06 Apr 2021 16:06

    Koordinasi Ke BKPM RI, Upaya Pemko Tebing Tinggi Tingkatkan Pelayanan Investasi

    Guna koordinasi dan konsolidasi tingkatkan pelayanan investasi menyambut berbagai program startegis nasional, Pemerintah Kota Tebing Tinggi melakukan kunjungan ke BKPM RI melalui Rapat Koordinasi Peni

  • Selasa, 16 Mar 2021 17:56

    Walikota Tebingtinggi Terima Audiensi KPP Pratama Wilayah Tebingtinggi

    Walikota Tebingtinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM didampingi Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Sekretaris BPKPAD Sri Imbang Jaya Putra, menerima kunjungan audiensi dari Kantor Pelayanan Pajak

  • Selasa, 16 Mar 2021 13:46

    Satgas TMMD 110 Kegirangan Ibu Asuh Masak Sayur Pecal Menu Makan Siang

    Prajurit Satgas TMMD 110 Kodim 0209/LB Desa Pematang Kegirangan Ibu Kos memasak menu makan siang sayur pecal. Makan jadi selera serasa di kampung sendiri hilang rasanya capek ini.Demikian ungkapan pra

  • Rabu, 24 Feb 2021 12:24

    Dini hari tadi, si jago merah melalap habis tiga rumah di Pangaribuan Taput

    Sangat naas, sewaktu lelap tidur, rumah warga habis dilalap 'si jago merah'. Hanya dalam tempo satu jam, peristiwa kebakaran yang terjadi di Dusun I Simanombut Desa Silantom Julu Kec. Pangar

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak