Selasa, 28 Sep 2021 21:58
  • Home
  • Sosial Budaya
  • IMABARA Sebut Kemiskinan di Kabupaten Batu Bara Menjadi Ajang Bisnis, Ini Alasannya

Pemerintah Batu Bara Diterpa Gelombang Unras, Kini Hadir Dari Massa IMABARA

IMABARA Sebut Kemiskinan di Kabupaten Batu Bara Menjadi Ajang Bisnis, Ini Alasannya

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Mukhlis Aci
Selasa, 15 Sep 2020 08:55
Mukhlis Aci
Massa IMABARA saat berunjuk rasa dan diterima Bupati Batubara, Zahir.
Belum selesai soal tuntutan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Batu (AMPERA) empat hari yang lalu, atau tepatnya pada Kamis (10/09/2020), muncul pula gelombang massa yang dinamakan Ikatan Mahasiswa Batu Bara (IMABARA) menggelar aksi di depan Gedung DPRD Kabupaten Batu Bara.

Berdasarkan pantauan di lapangan, gelombang massa tiba di depan Gedung DPRD, Jalan Perintis Kemerdekaan, Batu Bara sekitar pukul 13.15 Wib, Senin (14/09/2020). Massa terlihat membawa sejumlah alat peraga yaitu, spanduk, poster bertuliskan, "Program BPNT Menjadi Ladang Bisnis Berkedok Distributor." Poster berikutnya, "Kemiskinan di Kabupaten Batu Bara Menjadi Ajang Bisnis Oknum Orang Tidak Bertanggung Jawab."

Koordinator Aksi Lapangan Nazli Aulia mengatakan dalam orasinya, pihaknya menduga adanya penyelewengan Dana Bantuan Pangan Non Tuna (BPNT) yang terjadi di Kabupaten Batu Bara. Lalu Nazli bersama massa menyerukan terkait hal tersebut di hadapan para Wakil Rakyat yang sudah tiba di hadapan mereka. 



Kemudian secara bergantian, setelah Nazli, lalu disambut oleh rekan juangnya yaitu, Abiyuda yang juga sebagai Koordinator Aksi. 

Berikutnya dia meminta dan membacakan delapan poin diantaranya sebagai berikut : 

1. Meminta klarifikasi Bank Mandiri terkait dugaan penyelewengan dana Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang ada di Batu Bara misalnya saldo Nol, Malfunction dan Pick Up Card Stolen. 

2. Meminta Bank Mandiri agar dapat mengeluarkan Rekening Koran pemilik KPM yang hari ini haknya dirampas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Meminta Kabupaten Batu Bara terbuka mengenai e-Warung kepada masyarakat. 



4. Meminta DPRD Batu Bara atau Pemerintah Batu Bara agar membentuk Panitia Khusus (Pansus) melakukan pendataan kelayakan e-Warung yang dinilai fiktif dan mewujudkan penyaluran yang tepat sasaran.

5. Meminta Kejari Batu Bara usut tuntas dugaan penyelewengan dana Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diduga keras dilakukan oleh Bank Mandiri dan pihak terkait lainnya.

6. Mendesak Kejari Batu Bara agar menghadirkan BPK untuk segera mengaudit, memeriksa dugaan korupsi dana program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Batu Bara. 

7. Meminta Bupati Batu Bara agar memindahkan penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui Bank Negara lainnya, dan tidak lagi bekerja sama dengan Bank Mandiri

8. IMABARA minta kepada Kejari, apabila  dalam tempo 7X24 jam tidak melakukan pemeriksaan terhadap Bank Mandiri, maka IMABARA akan turun kembali bersama masyarakat dengan membawa bukti yang nyata.

Setelah usai membacakan tuntutan, massa langsung disambut Ketua DPRD dari Partai PDIP, dan Wakil Ketua DPRD Syafrizal, serta Ketua Komisi III DPRD Amad Muktas. 

Permintaan IMABARA dapat diterima lewat Ketua DPRD. Namun ada syaratnya, ucap Syafi'i, hanya lima orang saja diperbolehkan masuk.



"Oke, kami setuju", jawab dari massa IMABARA. 

Dalam kesempatan itu, pihak perwakilan IMABARA selama berada di ruangan Komisi III, mendapatkan jawaban atas semua tuntutannya, karena, di ruangan Komisi III tersebut, mereka juga disambut oleh Bupati Batu Bara Ir. Zahir, MAP. 

Di ruangan itu, Bupati menyebutkan, jujur diakuinya, persoalan BPNT e-Waroeng memang santer sejak lama dan membuatnya pusing.

"Oleh sebab itu, bila Bank Mandiri selalu menimbulkan masalah maka tolong bantu saya untuk dasar penggantiannya", ungkapnya.

Lalu Bupati Zahir mengemukakan, ia meminta Kepada Komisi III, agar kasus tersebut segera diselesaikan. Apabila e-Waroeng tidak lagi memenuhi persyaratan dan dianggap tidak layak ditolong, cepat diganti, termasuk oknum TKSK yang bermasalah. 

"Selain itu, untuk penyaluran bantuan jika tidak tepat sasaran maka perlu diganti bank sebagai lembaga bayar," tegas Zahir dalam penyampaianya di hadapan perwakilan IMABARA. 

Massa peserta aksi merasa lega setelah tuntutannya direspon. "Terimakasih kepada Bupati dan DPRD", ucap Koordinator Aksi Nazli Aulia setelah keluar dari ruangan Komisi III.

Editor: Ade

T#g:BankZahire-warunge warung
Berita Terkait
  • Selasa, 21 Sep 2021 14:21

    Wagub Musa Rajekshah Minta Bank Sumut Bekerja Profesional

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta seluruh direksi dan jajaran PT Bank Sumut agar dapat bekerja secara profesional. Hal tersebut agar pekerjaan yang dilakukan bisa di

  • Sabtu, 18 Sep 2021 11:28

    Jokowi Sebut APBD Pemko Medan Triliunan di Bank, Bobby: Segera Dimaksimalkan

    Wali Kota Medan Bobby Nasution menjelaskan soal realisasi APBD Kota Medan sebesar Rp1,6 Triliun yang masih berada di Bank.Awalnya, hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat kunjungan ke Medan Kamis (16

  • Sabtu, 11 Sep 2021 18:11

    Rahmat Pohan Terpilih Jadi Dirut Bank Sumut

    Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT Bank Sumut akhirnya tuntas dilakukan, Jumat (10/9). Hasilnya, rapat yang dilakukan di Ruang Direksi Kantor Pusat Bank Sumut Jalan Imam Bonjol, Medan, ter

  • Rabu, 18 Agu 2021 17:08

    Dipersulit, Kelompok Tani Ingin Maju, Kecewa Layanan KCP BNI 46 Sidikalang

    Merasa dipersulit saat akan melakukan pinjaman lanjutan (tahap II), Kelompok Tani Ingin Maju Desa Tanjung Saluksuk, Kecamatan Pegagan Hilir, Kabupaten Dairi keluhkan layanan BNI 46 Sidikalang. Ke

  • Selasa, 27 Jul 2021 22:07

    ATM Mandiri Syariah Ketelan Mesin, Tabungan Ibu Ini Raib Rp38 Juta

    Berbulan kasus hilangnya uang tabungan Asni (62), warga Jalan Letda Sujono, di rekening Mandiri Syari'ah miliknya sebanyak Rp 38 Juta, belum juga terungkap siapa pelakunya. Mengetahui uang t

  • Jumat, 18 Jun 2021 22:18

    Ilyas Sitorus: Melalui SIPLah Membantu Negara Menghimpun Pajak

    SIPLah membuka peluang usaha bagi UMKM dan penyedia lokal menjadi lebih berkembang, disamping itu juga SIPLah meningkatkan kualitas belanja satuan pendidikan.Hal tersebut dikatakan Bupati Batu Bara Ir

  • Selasa, 15 Jun 2021 20:25

    Ahli Waris Alm Budi Utomo dapat Santunan Rp7,1 Miliar

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi kinerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) atas pemberian santunan sebesar Rp7,1 Miliar kepada ahli war

  • Senin, 14 Jun 2021 13:54

    Migrasi Nasabah, KCP PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) Stabat, berganti menjadi BSI (Bank Syariah Islam)

    Kantor Cabang Pembantu (KCP) PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) Stabat, resmi berganti nama menjadi BSI (Bank Syariah Islam) setelah merger dengan PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah.Perubahan

  • Kamis, 10 Jun 2021 09:30

    DPRD Minta Bank Sumut Perkuat Layanan ke Masyarakat

    Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) Daerah Pemilihan 2,  meminta Bank Sumut terus memperkuat layanan kepada masyarakat. Dengan begitu diharapkan jumlah nasabah bank d

  • Rabu, 02 Jun 2021 15:02

    Walikota Tebing Tinggi, DPR RI dan Bank Indonesia Bahas Peningkatan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19

    Walikota Tebing Tinggi Ir. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menghadiri acara diskusi oleh anggota DPR RI Fraksi PDIP Marsiaman Saragih, SH bersama Bank Indonesia dengan pelaku UMKM Kota Tebing Tinggi bertaju

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak