Jumat, 14 Mei 2021 00:45
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Bupati Sergai Ir H Soekirman, Didoakan Dalam Kebaktian Penahbisan Pendeta, Guru, Bibelvrouw, Diakones, Eporus HKBP

Bupati Sergai Ir H Soekirman, Didoakan Dalam Kebaktian Penahbisan Pendeta, Guru, Bibelvrouw, Diakones, Eporus HKBP

Sergai (utamanews.com)
Oleh: Derman Yatviko
Senin, 21 Sep 2020 07:21
Istimewa
Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman yang saat ini sedang menjalani isolasi akibat terkonfirmasi positif COVID-19, didoakan agar segera sembuh dan kembali dapat menjalankan tugas memimpin pemerintahan di Kabupaten Sergai.

Permohonan kesembuhan Bupati tersebut disampaikan dalam doa syafaat yang dibawakan oleh Kepala Departemen Diakonia Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt Debora P Sinaga MTh pada acara ibadah penahbisan pendeta, guru huria, bilbelvrouw dan diakones yang dipimpin Ephorus HKBP, Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing yang dilaksanakan di HKBP Resort Pematang Terang, Kecamatan Tanjungberingin, Sergai, Minggu (20/9/2020).

Sebelum ibadah penahbisan dimulai, Bupati Sergai, Ir H Soekirman melalui aplikasi video call menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ephorus HKBP, Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing atas dipilihnya HKBP Resort Pematang Terang sebagai tempat penahbisan para Pendeta, Guru Huria, Bibelvrouw dan Diakones HKBP tersebut.

Tampak mengenakan pakaian adat Batak, Ir H Soekirman menyampaikan kepada warga jemaat jika dirinya dalam keadaan sehat. Meskipun dirinya sangat berkeinginan untuk hadir, namun tidak bisa karena sedang menjalani isolasi.



Ada tiga hal yang disampaikan Bupati Ir H Soekirman agar ke depannya HKBP tetap menjadi pilihan yakni, HKBP harus melakukan reposisi, revitalisasi kearifan lokal dan revitalisasi toleransi.

"Para pendeta HKBP, terutama yang baru ditahbiskan, harus menjadi pelopor pemersatu antar umat beragama," ungkapnya.

Tidak lupa, Ir H  Soekirman mohon didoakan agar dapat segera sembuh, sehingga dapat kembali menjalankan tugas memimpin pemerintahan di Kabupaten Sergai.

"Napuran tano-tano, rangging marsiranggoman, tung pe badan tai padao-dao, tondi ta ma marsigonggoman (walaupun badan/tubuh kita saling bejauhan, namun roh/jiwa kita saling melindungi)," tutup Soekirman dengan menyampaikan pribahasa dalam bahasa Batak.

Masih lewat video call, Ephorus HKBP, Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing menyampaikan dukungan semangat serta doa agar kiranya Bupati Sergai, Ir H Soekirman dapat segera sembuh.



Ephorus HKBP juga memberikan cendera mata berupa ulos untuk Bupati yang diserahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan, Drs Joni Walker Manik MM yang hadir mewakili bupati di acara tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan ibadah penahbisan pendeta, guru huria, bibelvrouw dan diakones yang dipimpin Ephorus HKBP Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Turut hadir, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt  David F Sibuea MTh DMin beserta Kepala Departemen (Kadep) Koinonia, Marturia dan Diakonia, Praeses HKBP Distrik XIV Tebingtinggi Deli, Pdt Santun Silitonga MSc beserta para pendeta se-Distrik XIV Tebingtinggi-Deli dan diikuti para pendeta, guru huria, bibelvrouw dan diakonis yang akan ditahbiskan, serta warga jemaat HKBP Resort Pematang Terang.

Ephorus HKBP Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing dalam khotbah yang diambil dari nats Lukas 17 : 26-32 dengan topik Tuhan menyatakan kekuasaanNya melalui ciptaanNya (Dipapatar Debata huaso Na marhite na tinompa).

Eporus HKBP Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing menyampaikan agar melayani dengan hati. Melaksanakan program-program pelayanan dengan tindakan nyata yang menyentuh kepada jemaat dan masyarakat sekitar, sehingga pelayanan membawa dampak yang positif.

Usai kebaktian penahbisan, dilanjutkan dengan acara umum penyampaian kata-kata sambutan, dan diakhiri makan siang bersama. Adapun calon pendeta yang ditahbiskan sebanyak 20 orang, guru huria 12 orang, 3 orang bibelvrouw dan 1 orang diakones.
Editor: Donini Ari Rajagukguk

T#g:HKBPPendetasoekirman
Berita Terkait
  • Selasa, 20 Apr 2021 17:20

    Satgas Nemangkawi Tangkap Pendeta Penyandang Dana Pembelian Senjata KKB

    Satgas Nemangkawi menangkap Paniel Kogoya, seorang pendeta yang diduga menjadi penyandang dana pembelian senjata serbu M-4 dan M-16 untuk diberikan kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Papua (TPNPB).

  • Jumat, 09 Apr 2021 16:29

    Rumah Persembahan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Medan Bantu Sembako Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Sumut

    Keluarga besar Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Sumut mengapresiasi dan ucapan terima kasih banyak kepada pimpinan Rumah Persembahan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Medan atas bantuan Sembako yang diterima

  • Minggu, 04 Apr 2021 06:04

    Warga Pegunungan Papua Deklarasi Tolak Kekerasan KKB

    Setelah warga pesisir di Papua menolak kekerasan yang masif dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), kini masyarakat wilayah pegunungan mulai jengah dengan perilaku dan tindak tanduk yang kerap d

  • Minggu, 28 Mar 2021 23:28

    Ketua PAMK Dairi: Bom Bunuh Diri Merupakan Tindakan Keji dan Tidak Terpuji

    Pemuka Agama Mitra Kamtibmas (PAMK) Kabupaten Dairi dengan tegas mengutuk keras pelaku bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (28/3/2021) pagi. Ka

  • Minggu, 28 Mar 2021 18:28

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Kecam Keras Tindakan Biadab Pelaku Bom Katedral

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengecam aksi bom bunuh diri yang menelan korban di Gereja Katedral Makassar Jalan Kajaolalodo - Botolempangan, Minggu (28/3/2021). Bom bunuh diri terjadi sekita

  • Senin, 11 Jan 2021 07:21

    Penyerangan Misionaris di Papua, Awal dari Lenyapnya Perjuangan KKB

    Akademisi dari Universitas Cenderawasih (Uncen) Papua, Marinus Yaung mengecam penyerangan terhadap pesawat jenis twin otter milik Mission Aviation Fellowship (MAF), di Kampung Pagamba, Distrik Biandog

  • Selasa, 05 Jan 2021 22:05

    Edy Rahmayadi Hadiri Perayaan Natal HKBP

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan tentang pentingnya toleransi demi pembangunan di daerah ini. Keberagaman adalah kebanggaan Sumut, bukan menjadi penghalang."Sumut merupakan p

  • Selasa, 29 Des 2020 10:59

    Kapolda Sumut Terima Audensi Ephorus HKBP

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi menerima audiensi Ephorus HKBP di ruang perjamuan Lt. II Mapolda Sumut Jl. SM. Raja Km 10,5 Medan, Senin (28/12/2020).Turut hadir Ephorus HKBP Bapak Pdt

  • Senin, 14 Des 2020 11:14

    Kapolres Maybrat 'Mengutuk' Pelaku Penganiayaan Terhadap 'Hamba Tuhan'

    Plt. Kapolres Maybrat Kompol Bernadus Okoka mengutuk pelaku penganiayaan terhadap seorang Hamba Tuhan. Kejadian yang menewaskan 1 orang korban bernama Otis Aifat dan juga seorang Hamba Tuhan Karel Saa

  • Minggu, 13 Des 2020 17:30

    YDPK Minta HKBP Pusat Agar Tetap Menolak Rencana Relokasi Gereja Oleh PT DPM

    Relokasi Gereja HKBP Sikhem Sopo Komil Desa Longkotan, Parongil, Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Kabupaten Dairi yang dilakukan oleh PT DPM terus mendapat penolakan dari masyarakat sekitar dan jemaat,

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak