Sabtu, 30 Mei 2020 02:38
  • Home
  • Ragam
  • Prajurit TNI di Perbatasan Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Kebun Sayur

Prajurit TNI di Perbatasan Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Kebun Sayur

Papua (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Jumat, 08 Nov 2019 10:08
Puspen TNI
Dalam mengisi waktu luangnya sekaligus mewujudkan misi ketahanan pangan nasional, prajurit TNI Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) memanfaatkan lahan kosong untuk cocok tanam.

Berbagai macam jenis sayur-sayuran seperti kacang panjang, sawi, kangkung dan tomat ditanam di lahan kosong yang berada di sekitar Pos Kaliwanggo Satgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad, Distrik Sota, Merauke, Papua.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., Kamis (7/11/2019) menuturkan bahwa pemanfaatan lahan kosong oleh personel Pos Kaliwanggo yang disulap menjadi kebun sayur-sayuran merupakan hal positif yang terus dikembangkan oleh personel pos jajaran Satgas, baik itu di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan prajurit sendiri.


Hal tersebut juga sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman antara TNI dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. "Prajurit penjaga perbatasanpun mengimplementasikannya dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada supaya lebih produktif dan bermanfaat," kata Mayor Inf Rizky Aditya.

"Kegiatan ketahanan pangan juga dilakukan bersama masyarakat yang ada disekitar pos Satgas, hal tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan masyarakat di perbatasan," tambahnya.

Dansatgas juga menegaskan bahwa sesuai dengan tekad Satgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad sejak awal bertugas adalah membawa perubahan baik dan kebermanfaatan bagi masyarakat.

Sementara itu, Komandan Pos Kaliwanggo Kapten Inf Adik Sunarto mengatakan bahwa kegiatan berkebun dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar pos adalah untuk mengisi waktu luang disamping tugas pokok sebagai pasukan penjaga perbatasan yang kita emban sekarang.

"Hasil panennya lumayan bisa untuk dikonsumsi sendiri guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dapur pos, sehingga waktu luang dimedan tugaspun bisa dimanfaatkan untuk hal-hal positif dan bermanfaat," katanya.
Editor: Herda

T#g:SayurTani
Berita Terkait
  • Selasa, 19 Mei 2020 17:09

    Jaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19, Produksi dan Distribusi Pangan Harus Dievaluasi

    Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sudah berlangsung dua bulan, namun hingga saat ini belum ada gejala yang menunjukkan angka penyebaran yang menurun. Karena itu pemerintah perlu mempersiapk

  • Jumat, 24 Apr 2020 16:24

    Di Tengah Wabah Corona, Yonif 411 Kostrad Wujudkan Ketahanan Pangan Dengan Berkebun

    Dalam rangka menjaga ketahanan pangan di tengah situasi wabah Covid-19 atau Virus Corona yang menjadi pandemi dunia termasuk di Indonesia, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad, mengolah lahan kosong menjadi kebun sayur-sayuran.

  • Sabtu, 18 Apr 2020 11:18

    Bercocok Tanam, Brigif Para Raider 18/Kostrad Jaga Ketahanan Pangan

    Ketahanan Pangan adalah salah satu kegiatan yang terus menerus dilakukan oleh Prajurit Brigif Para Raider 18/Kostrad dengan cara bercocok tanam di lahan yang tersedia di lingkungan Asrama.

  • Kamis, 16 Apr 2020 15:46

    Gubsu Resmikan Toko Tani Online, Jual Bahan Pokok Murah

    Gubsu Edy Rahmayadi meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Kamis (16/4), di UPT Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Jalan AH Nasution Medan. Toko Tani menjual hasil produk pangan rumah tangga denga

  • Selasa, 14 Apr 2020 21:34

    Panen Raya di Desa Batu 13, Bupati Soekirman Minta Petani Tetap Kerja Siapkan Logistik Untuk Masa Darurat Covid-19

    Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melaksanakan Panen Raya di Desa Batu 13 Kecamatan Dolok Masihul, sekaligus mengikuti video konferensi dengan Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.H., Selasa (14/4).

  • Selasa, 07 Apr 2020 01:07

    Personel TMMD Kodim 1707 Ajari Warga Kampung Epem Bercocok Tanam

    Tak hanya menjalankan kegiatan fisik berupa pembangunan 20 unit rumah untuk warga Kampung Epem, personel Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-107 Kodim 1707/Merauke, juga melakukan berbagai kegiatan non fisik.

  • Minggu, 05 Apr 2020 14:15

    Dimangsa Harimau, Warga Langkat Tewas Mengenaskan

    R (42), warga Dusun Pir Lok 1, Desa Harapan Makmur, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan dan tidak jauh dari jasad korban, tampak berdiri seekor Harimau,

  • Minggu, 22 Mar 2020 20:22

    Babinsa Ambulu Dampingi KPH Arahkan Petani Kawasan Hutan Jaga Kelestarian Alam

    Dalam rangka memelihara ketertiban dan keamanan sebagai upaya pokok dalam mewujudkan kondusifitas dan pertahanan wilayah, semua elemen masyarakat harus memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya k

  • Minggu, 22 Mar 2020 12:22

    Prajurit Pamtas RI-PNG Yonif 411 Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Kebun Sayur

    Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad dibawah pimpinan Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han. sebagai Komandan Satgas (Dansatgas), memanfaatkan lahan kosong yang berada di sekitar pos menjadi kebun sayur.

  • Senin, 09 Mar 2020 21:09

    Dukung Petani Perbatasan, Satgas Yonif 411 Kostrad Bantu Warga Berkebun

    Dukung petani perbatasan dalam meningkatkan hasil panen, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Bupul 13, membantu warga binaan berkebun di Kampung Kirely, Distrik Ulilin, Kab. Merauke, Pap

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak