Jumat, 24 Sep 2021 23:11
  • Home
  • Politik
  • Uu Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Cicurug Sukabumi

Uu Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Cicurug Sukabumi

Sukabumi (utamanews.com)
Oleh: Dito
Rabu, 23 Sep 2020 13:23
Humas Jabar
Wagub Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum meninjau lokasi banjir bandang di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/9/20).

Selain meninjau rumah yang terdampak banjir bandang, Kang Uu juga memastikan bahwa kondisi pengungsian layak serta kebutuhan logistik para warga terdampak terpenuhi dengan baik.

"Kami turut prihatin. Saya hadir di sini sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, dengan harapan mudah-mudahan banjir atau bencana tidak terulang di wilayah sini," ucap Kang Uu.

Saat ini, posko pengungsi telah dibangun di Masjid Kampung Cibuntu dan area parkir PT Hoya di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug. Lokasi tersebut memiliki kerusakan terparah akibat banjir bandang yang terjadi pada Senin, 21 September 2020, pukul 17:00 WIB ini.

Adapun banjir bandang turut merendam Kecamatan Parungkuda dan Cidahu. Totalnya, banjir bandang itu menyebabkan 234 rumah terendam, dua rumah rusak sedang, satu rumah rusak berat, dan empat rumah hanyut, serta delapan unit jembatan terputus. 

Sekitar 210 Kepala Keluarga mengungsi, 20 orang mengalami luka-luka, dua orang meninggal dunia, dan satu warga yang hanyut belum ditemukan akibat banjir bandang yang disebabkan meluapnya Sungai Citarik-Cipeuncit itu.

"Kami juga ucapkan belasungkawa atas mereka yang terkena dampak (banjir bandang), khususnya (yang) meninggal dunia, kita kirim doa," ucap Kang Uu.

Selain itu, terkait prakiraan musim hujan 2020/2021 di awal Oktober, ia menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Provinsi Jabar telah menginstruksikan kepala daerah 27 kabupaten/kota se-Jabar untuk waspada dan mengantisipasi bencana banjir atau longsor.

Kepada masyarakat, Kang Uu pun mengimbau agar selalu waspada terhadap potensi bencana alam seperti angin kencang atau angin puting beliung, banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

Sosok yang juga Panglima Santri Jabar ini pun mengajak masyarakat untuk tetap sabar dan selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan.

"Ke depan, kami berharap seluruh masyarakat waspada dan hati-hari menghadapi musim hujan," kata Kang Uu.

"Dan sabar bagi mereka yang terkena bencana, kami juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah (untuk menanganinya)," tutupnya.
Editor: Herda

T#g:banjirSukabumi
Berita Terkait
  • Senin, 06 Sep 2021 11:26

    DPP HIMPIPSOS: Mikirkan Solusi Banjir Tanjungbalai Itu Tugas Pemerintah, Bukan Masyarakat

    Tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir di Kota Tanjungbalai serta tergerusnya bibir tanggul air yang ada di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan mengakibatkan banjir di beberapa titik w

  • Sabtu, 12 Jun 2021 20:52

    Setukpa Lemdiklat Polri Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis untuk Anak-anak

    Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (​Lemdiklat) Polri menggelar Baksti Sosial (Baksos) operasi bibir sumbing dan celah lagit gratis bagi 13 anak, usia di bawa

  • Sabtu, 29 Mei 2021 09:29

    Pemko Minta Konsultan ESP Berikan Gambar Teknis Penanganan Banjir di Medan

    Pemko Medan mengharapkan konsultan Engineering Services Project (ESP) memberikan gambaran teknis penanganan banjir berikut titik-titik pembebasan lahan yang harus dilakukan di Daerah Aliran Sungai Bedera dan Babura.

  • Kamis, 20 Mei 2021 15:50

    Terkait Banjir Di Parapat, Warga: Jangan Hanya Jadi Ajang Kunjungan Seremonial Pejabat

    Warga Parapat, Kabupaten Simalungun meminta agar pejabat pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan pejabat pemerintah kabupaten Simalungun serta DPRD Provinsi Sumatera Utara agar tidak menjadikan banjir sebagai ajang kunjungan seremonial.

  • Selasa, 18 Mei 2021 09:07

    Wali Kota dan BWS Bertemu Bahas Solusi atasi Permasalahan Banjir di Medan

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM melakukan pertemuan dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II di Ruang Khusus Wali Kota, Kantor Wali Kota, Senin (17/5/2021).

  • Senin, 17 Mei 2021 16:57

    Antisipasi Banjir Bandang di Tebingtinggi, Pemko Himbau Warga Untuk Tetap Waspada

    Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunadi Hasibuan ketika dimintai keterangannya oleh beberapa awak media tentang pengendalian banjir di Kota Tebingtinggi di Lantai 4 Gedung Balai Kota Jalan Sutomo Kota Tebi

  • Jumat, 14 Mei 2021 13:54

    Ratusan Kendaraan Menuju Palabuhan Ratu Sukabumi Diputarbalik

    Kendaraan yang masuk wilayah Palabuhan Ratu diputarbalik di pos penyekatan Jln. Raya Cikembang, Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (14/05/2021).

  • Jumat, 14 Mei 2021 07:04

    Polisi Lakukan Pembersihan Sisa Banjir di Parapat

    Personil Polres Simalungun bersama Polsek Parapat dibantu petugas TNI melakukan pembersihan sisa luapan banjir yang terjadi di Jalan Anggarajim dan Sisingamangaraja Kelurahan Parapat Kecamatan Girsang

  • Selasa, 11 Mei 2021 10:51

    Bangun Benteng Cegah Rob, Bobby Ingin Warga Kampung Nelayan Bersuka Cita Rayakan Idul Fitri

    Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan Benny Iskandar dan Camat Medan Labuhan Rudi Asriandi, mengunjungi warga Lingku

  • Jumat, 30 Apr 2021 07:50

    Sungguh Miris, Lapak Jualan Hingga Ruas Jalan Dilanda Banjir Rob di Batu Bara

    Sungguh miris melihat lapak jualan hingga sepanjang ruas jalan dilanda banjir rob. Keberadaan pasar bak seperti berjualan di atas air sungai atau danau. Ironisnya warga penjual buah sampai menggunakan perahunya untuk bertransaksi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak