Sabtu, 15 Mei 2021 09:49
  • Home
  • Politik
  • Presiden Resmikan 2 Bandara Sekaligus, Di Toraja (Sulsel) dan Pantar (NTT)

Presiden Resmikan 2 Bandara Sekaligus, Di Toraja (Sulsel) dan Pantar (NTT)

Toraja (utamanews.com)
Oleh: Mario
Kamis, 18 Mar 2021 18:18
@setkabgoid
Presiden Jokowi meresmikan Bandar Udara (Bandara) Toraja, di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (18/03/2021) pagi. Pada kesempatan tersebut, secara virtual juga diresmikan Bandara Pantar, di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jokowi mengharapkan kedua bandara ini dapat memberikan manfaat terutama bagi pertumbuhan ekonomi di daerah. "Semoga dua bandara ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lebih banyak lagi lapangan kerja, dan memicu, menghidupkan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru," ujarnya saat memberikan sambutan.

Kepala Negara mengungkapkan, dirinya selalu menanyakan progres pembangunan Bandara Toraja kepada Menteri Perhubungan. "Hampir setiap enam bulan selalu saya tanyakan kepada Menteri Perhubungan, kapan bandara di Tana Toraja ini selesai, kok enggak rampung-rampung. Dan akhirnya, hari ini bisa kita resmikan dan sudah beroperasi. Kita patut bersyukur, alhamdulillah," ujarnya.


Bandara Tana Toraja atau juga dikenal dengan Bandara Buntu Kunik memiliki  landasan pacu sepanjang 2.000 x 30 meter. Namun, saat ini yang efektif digunakan adalah sepanjang 1.700 meter. "Bandara ini unik sekali, memotong tiga bukit sehingga runway-nya bisa dibangun. Runway-nya sepanjang 2.000 meter," ungkap Presiden.

Bandara yang dibangun dengan biaya sekitar Rp800 miliar ini memiliki terminal penumpang dengan luas 1.152 meter persegi dan diharapkan dapat melayani 45 ribu penumpang setiap tahunnya.

Presiden menambahkan, bandara ini dapat meningkatkan konektivitas Tana Toraja dengan daerah lainnya. Dicontohkannya, jika sebelumnya dari Toraja ke Makassar membutuhkan waktu 9 jam melalui jalur darat, dengan adanya akses jalur udara hanya membutuhkan waktu tempuh selama 50 menit.

"Tadi saya nyoba dengan [pesawat] ATR [membutuhkan waktu] 50 menit. Artinya apa? Mobilitas orang, mobilitas barang itu akan ada kecepatan," ujarnya.


Dengan konektivitas yang semakin meningkat, juga diharapkan dapat memberikan dampak pada peningkatan sektor pariwisata di daerah tersebut.

"Pariwisata di sini saya meyakini akan sangat berkembang, baik nanti yang dari Makassar, bisa saja nanti yang dari Bali langsung ke sini, bisa saja yang dari Jakarta langsung ke sini, bisa saja ada yang dari Bandung langsung ke Tana Toraja. Untuk melihat negeri di atas angin, melihat Kete Kesu, untuk melihat Pango-Pango," kata Kepala Negara.

Bersamaan dengan Bandara Toraja juga diresmikan Bandara Pantar di Kabupaten Alor, NTT. Bandara ini dibangun sejak tahun 2014 dan saat ini sudah selesai dan dapat beroperasi.

Bandara yang berada di salah satu pulau terluar di Indonesia ini memiliki landasan pacu sepanjang sepanjang 900 x 30 meter dan mampu menampung 35 ribu per tahun. "Ini juga sebuah bandara yang sangat penting, sehingga kalau cuaca lewat laut kurang bersahabat, bisa menggunakan bandara ini," tandas Presiden.

Dalam acara peresmian Presiden didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Hadir pula Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung. Sementara Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef Nae Soi turut hadir secara virtual.

Editor: Erickson

T#g:BandaraNTTToraja
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Mei 2021 14:32

    Kapolri Minta Perketat Pengawasan Warga Dari Luar Negeri

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh petugas di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) untuk memperketat pengawasan bagi WNI dan WNA yang datang masuk ke Indonesia.

  • Rabu, 14 Apr 2021 11:54

    Dari Bupati Hingga Masyarakat Kecam Aksi KSB Bunuh Guru dan Bakar Sekolah

    Aksi Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) yang membunuh dua orang tenaga pendidik (guru) Oktavianus Rayo (42) dan Yonathan Renden (28) serta membakar komplek guru dan sekolah di kampung Julugoma, Distr

  • Minggu, 11 Apr 2021 23:11

    TNI Kerahkan KRI Ahmad Yani 351 Kirim Bantuan Kemanusiaan Untuk NTT

    Pasca terjadinya bencana alam yang melanda Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tanggal 4 April 2021 yang lalu, TNI telah bergerak cepat untuk memberikan bantuan kepada korban yang terdampak. Bencana alam i

  • Sabtu, 10 Apr 2021 18:40

    Kodim 0824/Jember Bantu Korban Bencana NTT

    Bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada awal April 2021 akibat cuaca ektrem siklon tropis Seroja, mangakibatkan ratusan korban meninggal dan ratusan keluarga

  • Jumat, 09 Apr 2021 02:09

    Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Bencana Alam di NTT

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. meninjau langsung korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Kamis

  • Kamis, 08 Apr 2021 20:18

    Panglima TNI Kirim Bantuan Untuk Korban Bencana Alam di NTT

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. mengirimkan bantuan logistik untuk korban bencana alam di Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bantuan tersebut diterbangkan dengan menggunakan pesawat

  • Selasa, 06 Apr 2021 23:36

    Ketum Dharma Pertiwi Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam NTT

    Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto yang juga bagian dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (Oase-KIM) menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam banjir

  • Selasa, 06 Apr 2021 13:06

    Panglima TNI Kerahkan Prajurit dan Alutsista Bantu Korban Bencana Alam di NTT dan NTB

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memerintahkan jajarannya untuk mengerahkan Prajurit dan Alutsista dalam rangka membantu korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur dan Barat (NTT-

  • Kamis, 11 Mar 2021 13:11

    Transformasi Ekonomi, Menteri PPN dan Gubernur Papua Bahas Pengembangan 2 Bandara

    Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menerima audiensi dari Gubernur Papua Barat pada, Rabu 10 Maret 2021. Audiensi tersebut membahas Kebijakan dan Strategi Pembangunan Wilayah Provinsi Papua Bara

  • Selasa, 23 Feb 2021 10:23

    Bertolak ke NTT, Presiden Tinjau Lumbung Pangan dan Resmikan Bendungan Napun Gete

    Presiden Joko Widodo pada Selasa (23/02/2021) didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Selasa (23/02/2021) pagi, bertolak menuju

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak