Kamis, 02 Apr 2020 06:26
  • Home
  • Politik
  • Pemerintah bebaskan izin impor masker dan sejumlah alat pelindung kesehatan lainnya

Pemerintah bebaskan izin impor masker dan sejumlah alat pelindung kesehatan lainnya

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Kamis, 26 Mar 2020 11:26
Istimewa
Kementerian Perdagangan mempercepat importasi alat kesehatan dan pelindung diri dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 28 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedelapan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 87 M-DAG/PER/10/2015 Tentang Ketentuan Impor Produk Tertentu.

"Melalui Permendag ini, Kementerian Perdagangan melakukan relaksasi atau kemudahan impor produk tertentu, khususnya terkait importasi produk alat kesehatan dan alat pelindung diri. Produk-produk tersebut adalah masker, pakaian medis, sarung tangan, dan alat kesehatan lainnya," jelas Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto.

Relaksasi impor yang diberikan adalah pengecualian atas satu-satunya persyaratan yang ada, yaitu ketentuan Laporan Surveyor (LS) di negara asal atau pelabuhan muat, dan pembatasan pelabuhan masuk sehingga impor atas produk-produk tersebut tidak memerlukan perizinan apapun.

Relaksasi ini akan diberikan sampai dengan 30 Juni 2020. Pengapalan produk-produk tertentu tersebut hanya perlu dibuktikan dengan Bill of Loading (B/L).

Secara teknis, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana menjelaskan jenis-jenis barang yang dikecualikan dari ketentuan LS tersebut adalah:

1. Preparat pewangi ruangan baik mengandung desinfektan maupun tidak;

2. Kertas dan tisu, diresapi atau dilapisi dengan pewangi atau kosmetik;

3. Produk antiseptik mengandung sabun maupun tidak;

4. Stocking untuk penderita varises, dari serat sintetik;

5. Pakaian pelindung medis;

6. Pakaian yang digunakan untuk pelindung dari bahan kimia atau radiasi);

7. Pakaian bedah; 

8. Examination gown terbuat dari serat buatan;

9. Masker bedah;

10. Masker lainnya dari bahan nonwoven, selain masker bedah;

11. Termometer infra merah; dan 

12. Sanitary towel, tampon saniter, popok bayi dan barang semacam itu dari bahan selain tekstil, kertas atau pulp kertas untuk sekali pakai.

"Dengan diterbitkannnya Permendag ini, diharapkan dapat mempercepat masuknya alat-alat kesehatan yang dibutuhkan saat pandemi Covid-19 ini sehingga ketersediaan alat tercukupi dan tidak terjadi kekurangan," ujar Mendag.

Permendag ini diterbitkan sebagai tindak lanjut diterbitkannya Keppres Nomor 9 Tahun 2020. Melalui Keppres tersebut, Presiden RI Joko Widodo menetapkan agar importasi barang yang digunakan untuk penanganan COVID-19 mendapatkan perlakuan khusus dalam aturan impor.

Mendag menjelaskan, Kemendag juga sebelumnya telah mengeluarkan larangan ekspor masker, bahan baku ekspor, antiseptik, dan alat pelindung diri melalui Permendag 23 Tahun 2020 yang berlaku hingga 30 Juni 2020.

"Ketersediaan alat kesehatan dan alat pelindung diri yang terjangkau di tengah pandemi Covid-19 ini diyakini dapat mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Virus Korona," pungkas Mendag.
Editor: Herda

T#g:ImporMasker
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 24 Mar 2020 18:24

    Gunakan dana tanggap darurat Rp18 miliar beli masker, Ketua DPRD Sumut: Jangan simpan-simpan di Bank

    Menyikapi langkanya masker dan hand sanitizer, Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting minta Gubernur untuk memakai dana tanggap darurat Rp18 miliar membeli kedua barang tersebut dan membagi-bagikannya ke masyarakat.

  • Selasa, 24 Mar 2020 15:54

    Aliansi nelayan minta pemerintah jangan hanya stop impor ikan dari China

    Hingga saat ini pemerintah belum memperbaharui kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang telah membatasi impor semua ikan dan produk perikanan asal China sejak Februari 2020.

  • Minggu, 22 Mar 2020 14:22

    Distribusikan Sejuta Masker, Pemprov Jabar Gandeng PT Pos Logistik Indonesia

    Pemprov Jawa Barat (Jabar) mendistribusikan 1 juta masker kepada warga mulai Senin (23/3/20). Dalam pendistribusian, Pemda Provinsi Jabar bekerja sama dengan PT Pos Logistik Indonesia.

  • Sabtu, 21 Mar 2020 17:21

    Cegah Penularan COVID-19, Sejuta Masker dari Pemprov Jabar untuk masyarakat

    Pemprov Jawa Barat (Jabar) akan membagikan hampir satu juta masker kepada masyarakat untuk mencegah penularan pandemi global COVID-19, mulai Senin, 23 Maret mendatang.

  • Kamis, 19 Mar 2020 14:39

    Cegah Virus Corona, Polsek Kotarih bersama Koramil Bagi-bagi Masker Gratis

    Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, jajaran Polsek Kotarih bersama Koramil Kotarih melakukan aksi bagi-bagi master gratis di jalan umum depan Mako Polsek Kotarih, Kamis (19/03/2020).

  • Selasa, 17 Mar 2020 18:07

    Antisipasi Covid-19, Pemkab Paluta Bagikan Masker Di Acara Musrenbang

    Untuk mengantisipasi terjangkitnya Covid-19, Pemkab Paluta membagikan 500 masker di aula Sapadia Hotel, Selasa (17/3/2020), sebelum kegiatan Musrenbang.

  • Sabtu, 07 Mar 2020 08:07

    Meski Langka, DPD JBMI Labura Bagi-bagi Masker Kepada Pengendara Motor

    Meskipun saat ini masker sangat langka dan sulit didapatkan, namun Dewan Pimpinan Daerah Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (DPD JBMI) Labura, masih bisa  bagi-bagi masker.Kegiatan ini dilaksan

  • Kamis, 27 Feb 2020 16:07

    Asahan Perkuat Pengawasan Orang Asing Melalui Pembentukan Timpora Tingkat Kabupaten Dan Kecamatan

    Tanggung jawab pengawasan Orang Asing bukan hanya tanggung jawab Imigrasi Tanjung Balai saja. Untuk itu perlu sinergitas dari seluruh instansi yang ada seperti Polres Asahan, Kodim 0208/Asahan, Pemkab

  • Kamis, 26 Sep 2019 17:16

    Sapma IPK Komisariat Unversitas Methodist Medan Bagikan Masker

    Sapma Ikatan Pemuda Karya (IPK) Komisariat Unversitas Methodist Medan dalam menyikapi semakin pekatnya asap yang timbul akibat dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang telah memasuki wilayah Kot

  • Sabtu, 14 Sep 2019 12:44

    Plt Bupati Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB bagikan masker pada warga masyarakat di jalan umum

    Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT bersama Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso didampingi Camat Bilah Hulu Hamdi Erazona, ST, MM kembali mewujudkan kepeduliannya kepada warga ma

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak