Rabu, 13 Nov 2019 09:50
  • Home
  • Politik
  • Konsulat Jenderal RRT Madam Qiu Wei Wei Kagumi Produk Unggulan Deli Serdang

Konsulat Jenderal RRT Madam Qiu Wei Wei Kagumi Produk Unggulan Deli Serdang

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Ichwanur
Rabu, 16 Okt 2019 21:16
Istimewa
Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan, Madam Qiu Wei Wei beserta rombongan mengagumi produk unggulan Deli Serdang, seperti tenunan, kuliner, kerajinan (handy craf) dan produk unggula lainnya.

Hal ini dinyatakan pada kunjungan kerjanya dalam rangka lanjutan kerjasama yang saling menguntungkan dalam pengembangan produk-produk unggulan daerah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Deli Serdang, Rabu (16/10), di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Deli Serdang (P3UD) di Tanjung Morawa.

Tampak rombongan disambut Bupati H.Ashari Tambunan didampingi Asisten II dr Aida Harahap MARS, Staf Ahli Bupati Edwin Nasution SH, Kadis Perindag Ir Ramlan Refis, M.Si., Kadis Koperasi H.Tarmiji SH, Kadis Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata H.Faisal Arif Nasution, M.Si dan pimpinan OPD terkait serta sejumlah pelaku UKM lainnya.

Bupati H.Ashari Tambunan menyampaikan terima kasih kepada Konjend RRT atas kunjungan kerjanya di Kabupaten Deli Serdang, sehingga dengan kunjungan ini dapat memperkenalkan dan mempromosikan serta memasarkan produk-produk unggulan Kabupaten Deli Serdang dengan saling tukar menukar pengalaman lewat pelatihan dan berbagai kegiatan lainnya, sehingga produk unggulan ini lebih berkwalitas dan memilki daya saing untuk menembus pasar global atau ekspor kedepan.


Kerjasama sebelumnya juga telah dilaksanakan berupa bantuan percontohan melalui perusahaan Longping Hitech (HUNAN) penggunaan bibit padi hibrida yang dapat menghasilkan 12 ton/ hektar, sedangkan bibit lokal hanya 8 ton/hektar saja, demikian juga adanya kunjungan tim ahli bambu dari provinsi Sinchuan meninjau pengrajin  bambu dan rotan yang ada di Kabupaten Deli Serdang, yang bermaksud memberikan bantuan pendampingan dan pelatihan kemampuan mengolah bambu menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Diharapkan sesegera mungkin dapat merealisasikan bantuan dimaksud.

"Karena itulah, kita bangun Pusat Pengembangan Produk Unggulan Deli Serdang (P3U) yang berlokasi di Kecamatan Tanjung Morawa ini untuk dijadikan sebagai tempat pusat pelatihan, pengembangan dan workshop untuk mengetahui proses produksi kerajinan sekaligus pusat promosi produk- produk unggulan daerah ini", kata Bupati.


Ashari Tambunan meyakini bahwa produk unggulan Deli Serdang ini bisa dikembangkan, mengingat daerah Deli Serdang cukup strategis mengelilingi ibukota Sumatera Utara, yaitu Kota Medan dan beberapa Kota/Kabupaten besar, karenanya disebut sebagai pintu masuk ke Sumatera Utara, juga pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat yang didukung adanya Kualanamu internasonal airport.

Konsulat Jenderal RRT Madam Qiu Wei Wei dalam sambutannya mengatakan, "Kabupaten Deli Serdang dikenal merupakan Kabupaten terbesar di Sumatera Utara dan memiliki potensi besar dan strategis, dekat dengan selat Malaka, demikian juga populasi penduduk yang cukup besar, lebih dari 20 juta penduduk diyakini akan cepat berkembang.

Terkait kerjasama ini, Madam Qiu Wei Wei menjelaskan bahwa menurut catatan sejarah, penduduk Deli Serdang telah menjalin hubungan persahabatan dan datang berkunjung ke Tiongkok sejak tahun 1405 dan hingga saat ini hubungan itu terus semakin erat dengan melakukan berbagai kerjasama yang saling menguntungkan, sebagaimana jalinan kerjasama antara Deli Serdang dengan kota Samwei, sebagai kota sister saling mengunjungi bagi pegembangan sumber daya alam, pertanian, infrastruktur, pariwisata, pendidikan dan lainnya, yang tujuannya adalah memajukan kesejahteraaan masyarakatnya.

Usai pertemuan yang penuh dengan keakraban ini dilanjutkan dengan peninjauan lokasi Pusat Pengembangan Produksi Unggulan Deli Serdang, diantaranya meninjau kegiatan pengoperasian Alat Tenun Bukan Mesain (ATBM), meninjau gedung pameran dan penjualan hasil UKM dan IKM, berupa tenunan, kuliner, kerajinan (handy craft) dan produk UKM lainnya, demikian juga produk di sektor perikanan dan pertanian.

Editor: Herda

T#g:RRTTiongkok
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Kamis, 26 Sep 2019 20:26

    Wakil Wali Kota Hadiri Resepsi Perayaan 70 Tahun Berdirinya RRT

    Ratusan undangan menghadiri resepsi perayaaan 70 Tahun Berdirinya Republik Tiongkok di Grand Aston City Hotel Medan, Rabu (25/9) malam. Acara yang berlangsung meriah dan penuh keakraban ini dihadiri W

  • Kamis, 15 Agu 2019 03:15

    Pemerintah Perlu Fokus Terhadap Investasi

    BKPM menunjukkan fakta bahwa realisasi investasi sepanjang semester 1 tahun 2019 sebesar Rp395,6 triliun, naik 9,4 persen dibanding semester 1 tahun 2018. Investasi yang masuk terutama di bidang indus

  • Sabtu, 27 Jul 2019 14:27

    Akhyar Hadiri Resepsi Makan Malam Perkenalan Konjen Tiongkok

    Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi MH menghadiri acara Resepsi Makan Malam Perkenalan Konsulat Jendral (Konjen) Tiongkok untuk Kota M

  • Kamis, 11 Jul 2019 20:31

    Wali Kota Medan Terima Kunjungan Konjen RRT

    Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Kota Medan, Mrs Qiu Weiwei di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman, Med

  • Rabu, 17 Okt 2018 19:17

    Silaturrahmi Konsulat Jenderal Republik Tiongkok dengan Pimpinan DPRD Sumut

    Konsulat Jenderal Republik Tiongkok Mr. Sun Ang menerima kehadiran Ketua DPRD Sumatera Utara H. Wagirin Arman, S.Sos  dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, di Rumah Dinas Konsulat Jenderal Ti

  • Selasa, 13 Mar 2018 11:13

    Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Dubes RRT

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Kapuspen TNI Mayjen TNI M.S. Fadhilah, Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaks

  • Senin, 24 Jul 2017 23:24

    Terima Konjen Tiongkok, Sun Ang, Gubernur Berharap Hubungan Lebih Baik

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Tiongkok di Medan yang baru, Sun Ang di ruang kerja gubernur di Medan, Senin (24/07/2017).

  • Kamis, 13 Jul 2017 03:03

    Kepolisian Tiongkok Perkuat Kerjasama dengan Polri

    Delegasi Kepolisian Republik Rakyat Tiongkok dipimpin oleh Deputy DG of International Cooperation Departement (ICD) of MPS Mrs Li Li (Irjen Pol), didampigi Director of Asean Division of ICD of MPS Mr

  • Jumat, 12 Mei 2017 16:22

    Gubsu Dukung Investor China Bangun RS Terbesar di Medan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyambut baik rencana pembangunan rumah sakit di Kota Medan oleh investor asal China (Tiongkok) dengan kapasitas hingga 2.000 tempat tidur.

  • Kamis, 13 Apr 2017 17:47

    Donald Trump Bilang Ternyata China Bukan Manipulator Mata Uang

    Kelihatannya pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Xi Jinping berbuah kebaikan. Hal ini bisa dilihat ketika Trump mengatakan Amerika tidak akan lagi melabeli China sebagai manipulator

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak