Jumat, 27 Nov 2020 00:56
KPU
  • Home
  • Politik
  • Gubernur Jabar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ruang Terbuka Publik di Pantai Barat Pangandaran

Gubernur Jabar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ruang Terbuka Publik di Pantai Barat Pangandaran

Pangandaran (utamanews.com)
Oleh: Efendi
Minggu, 25 Okt 2020 11:25
Humas Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meletakkan batu pertama pembangunan ruang terbuka publik di Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jumat (23/10/20).

Pembangunan tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Jabar Nomor 593/kep.661-BPKAD/220 tentang Penetapan Status Penggunaan Barang Milik Daerah Provinsi Jabar Berupa Tanah Terletak di Jl. Raya Pamugaran Bulak Laut, Kab. Pangandaran, untuk dioperasikan oleh PT Panca Jaya Makmur Bersama sebagai Ruang Terbuka Publik.

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- berharap dengan pembangunan tersebut aset daerah yang tidak terpakai dapat menjadi ruang budaya, ekonomi, dan interaksi. 

"Kami lakukan reformasi pengelolaan aset agar bermanfaat bagi masyarakat. Bisa dikelola sendiri, diserahkan kepada BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), ada yang dikerjasamakan," kata Kang Emil. 

Menurut Kang Emil, ruang terbuka publik tersebut dapat menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar.


"Ini untuk kepentingan masyarakat. Kami yakin kalau ini diperbaiki dan dibangun (berbagai fasilitas), akan banyak dikunjungi masyarakat," ucapnya. 

Kang Emil pun menamai ruang terbuka publik tersebut dengan nama Paamprokan (Pangandaran Menyediakan Wisata Objek Pantai).

"Dalam Bahasa Sunda kata amprok itu artinya bertemu. Ditambah pa dan -an menjadi tempat bertemu," katanya. 

Selain itu, Kang Emil pun turut menyaksikan penandatanganan perjanjian antara Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jabar dan PT Panca Jaya Makmur Bersama tentang Penggunaan Barang Milik Daerah Berupa Tanah di Jl. Raya Pamugaran Bulak Laut untuk Pembangunan Ruang Terbuka Publik. 

Kepala Disperkim Jabar Boy Iman Nugraha mengatakan, Paamprokan akan dilengkapi dengan area terbuka, jalan akses, menara, selter UMKM, ruang bermain anak, arena olahraga rekreasi, serta arsitektur penunjangnya. 

"Pemda Provinsi Jabar dan PT Panca Jaya Makmur Bersama bekerja sama untuk pembangunan dan pemeliharaannya dalam skema CSR selama 5 tahun, dan dapat diperpanjang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," kata Boy. 


Boy juga menjelaskan, pelaksanaan pembangunan ruang terbuka publik merupakan salah satu wujud kolaborasi Pemda Provinsi Jabar dengan dunia usaha, khususnya dalam penyediaan sarana prasarana permukiman.

"Ruang terbuka publik atau alun-alun ini pun menjadi stimulus pengembangan permukiman yang dapat menjadi pengikat kegiatan pariwisata di Jabar," ucapnya. 

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jabar Bedi Budiman mengapresiasi langkah Pemda Provinsi Jabar dalam memanfaatkan aset tidak terpakai menjadi ruang terbuka publik atau alun-alun. 

"Ruang publik adalah unsur untuk meningkatkan indeks kebahagiaan. Kami mengapresiasi pembangunan dan kerja sama dengan swasta," kata Bedi. 



Serahkan Maskara

Dalam acara tersebut, Kang Emil pun menyerahkan 11 Maskara (Mobil Aspirasi Kampung Juara) kepada 11 desa berstatus Desa Mandiri di tiga daerah, yakni Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar.

Kang Emil berharap pemberian Maskara dapat memicu desa lain untuk menjadi Desa Mandiri. 

"Kami memotivasi desa berkembang dan maju untuk naik kelas menjadi Desa Mandiri," kata Kang Emil. 

Kepala Desa (Kades) Situmandala, Kabupaten Ciamis, Dadang Ruskandar memastikan Maskara akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. 

"Maskara akan saya gunakan untuk menyosialisasikan protokol kesehatan dan juga menjadi transportasi untuk mengangkut hasil pertanian," ucap Dadang.
Editor: Mario Abdillah

T#g:PangandaranRTH
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Jumat, 30 Okt 2020 20:30

    Wagub Jabar Sebut Pangandaran Juga Punya Potensi Wisata Gunung

    Selama ini, Kabupaten Pangandaran di wilayah selatan Jawa Barat (Jabar) dikenal dengan destinasi wisata pantainya. Meski begitu, Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pangandaran j

  • Minggu, 13 Sep 2020 19:23

    Soroti Minimnya RTH Medan, Bobby Nasution Kembali Singgung Anggaran Rp30 T

    Setiap kawasan perkotaan, termasuk Kota Medan ditargetkan memiliki 30 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH), mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penyediaan dan

  • Jumat, 21 Agu 2020 23:21

    Besok, Operasi Gabungan Penggunaan Masker Digelar di Pantai Pangandaran

    Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) -selanjutnya ditulis Gugus Tugas Jabar- akan menggelar operasi penegakan kedisiplinan menggunakan masker di objek wisata Pantai Pangan

  • Kamis, 11 Jun 2020 21:31

    Pangandaran Contoh Penerapan AKB Sektor Pariwisata

    Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengapresiasi penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di objek wisata Pangandaran.

  • Kamis, 04 Jun 2020 19:04

    Mulai hari ini, 130 Pejuang Covid-19 menginap di Wisma Atlet Pemprovsu

    Wisma Atlet Pemprov Sumut resmi difungsikan sementara waktu untuk penginapan para pejuang Covid-19, yakni para tenaga medis yang menangani Corona Virus Disease (Covid-19).

  • Selasa, 19 Mei 2020 19:49

    Gunakan Besek, Atalia Ridwan Kamil Apresiasi Dapur Umum di Pangandaran

    Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil meninjau pelaksanaan dapur umum di tiga daerah yakni Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar pada Selasa (19/5/20).

  • Selasa, 05 Mei 2020 17:15

    Kunjungi RS Martha Friska CBD Polonia, Gubernur pastikan tidak ada pasien Covid-19 yang terlantar

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau kondisi pasien dan petugas kesehatan di rumah sakit (RS) rujukan penanganan Covid-19, Martha Friska Medan, Selasa (5/5).

  • Jumat, 10 Apr 2020 15:10

    Gugus Tugas: RS Martha Friska dan RS GL Tobing Optimal Tangani Pasien Covid-19

    Rumah Sakit (RS) Martha Friska Multatuli dan RS GL Tobing sudah beroperasi optimal sebagai RS rujukan yang menangani Coronavirus Disease (Covid-19). 2 RS tersebut ditujukan untuk penanganan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

  • Kamis, 14 Mar 2019 22:14

    AirAsia dukung pariwisata Lombok dengan perkuat konektivitas

    AirAsia hari ini, Kamis 14 Maret 2019, memulai penjualan tiket penerbangan rute terbaru Lombok- Perth sebagai wujud komitmen mendukung program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam rangka me

  • Senin, 26 Jun 2017 18:16

    Pernyataan Pers Airasia X Mengenai Penerbangan D7-237

    Keselamatan penumpang dan awak pesawat merupakan hal terpenting bagi kami. Saat ini kami tengah melaksanakan investigasi sehubungan dengan penyebab dari insiden, bersama dengan Rolls-Royce selaku pema

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak