Jumat, 06 Agu 2021 10:34
  • Home
  • Pemilukada
  • Diduga Tak Terima Ditegur, Akhyar Nasution Nyaris Memukul Ketua Panwascam Medan Deli

Diduga Tak Terima Ditegur, Akhyar Nasution Nyaris Memukul Ketua Panwascam Medan Deli

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Rabu, 28 Okt 2020 20:28
Istimewa
Calon Walikota Medan, Akhyar Nasution diduga nyaris memukul Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Deli, Faisal Haris. Kejadian ini diduga berawal ketika Panwascam Medan Deli memberi surat teguran tertulis kepada Akhyar Nasution, Selasa (27/10/2020).

Surat teguran tersebut diberikan karena acara pasangan calon nomor urut 1 itu tidak dilaporkan kepada Bawaslu.

Selain itu, Panwas juga mendapati terjadinya pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan tersebut di Jalan Alumunium I, Kel Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli.

Saat dikonfirmasi wartawan, Ketua Panwascam Medan Deli, Faisal Haris menjelaskan, mulanya Pengawas Kelurahan Tanjung Mulia melakukan pengawasan kegiatan kampanye Akhyar bersama Paguyuban Pejuang Keluarga Legiman.


"Saat itu, Panwas kelurahan kita melakukan pengawasan dan melihat jumlah yang hadir lebih dari 50 orang. Tidak mengatur jarak sesuai dengan peraturan dan ketentuan. Makanya, kita memberikan teguran secara lisan sebanyak tiga kali. Namun, tidak diindahkan," ungkap Faisal kepada wartawan, Rabu (28/10/2020).

Menurut Faisal, sesuai dengan Undang- undang Nomor 7 tahun 2017, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 tahun 2020 dan Peraturan Bawaslu nomor 4 tahun 2020, pihaknya berhak mengeluarkan surat peringatan kepada pihak penyelenggara kegiatan tersebut. Apalagi, kegiatan tersebut tidak dibarengi pemberitahuan kepada Bawaslu dan kepolisian.


"Kemudian, Panwas kelurahan berkoordinasi dengan Panwas Kecamatan Medan Deli untuk melakukan teguran secara tertulis kepada panitia acara," tutur Faisal sembari menegaskan kegiatan Akhyar itu merupakan aktivitas kampanye lantaran ada penyampaian visi dan misi.

Namun, pihak penyelenggara kegiatan menolak menerima surat teguran resmi Panwascam Medan Deli.

"Saya turun langsung ke lokasi kegiatan. Kita menjelaskan tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dalam kegiatan kampanye. Mereka tidak terima. Alasannya, kegiatan tersebut bukan kampanye, tapi arisan keluarga pejuang Legiman. Saat itulah terjadi adu mulut (antara panitia dengan petugas yang diturunkan Panwascam Medan Deli)," jelas Faisal.

Kemudian, Faisal mengungkapkan, panwas kelurahan sempat ditarik keluar dari lokasi tersebut oleh pihak penyelanggara. 

Saat terjadi keributan, Faisal mengungkapkan tiba-tiba Akhyar Nasution datang dan nyaris ‎memukul dirinya. Namun, hal itu langsung dilerai oleh masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

"Saat itu, Panwas Kelurahan dan Panwascam sempat ribut dengan panitia. Tiba-tiba muncul Paslon No Urut 1, Akhyar Nasution, mendatangi dan diduga nyaris memukul saya. Dia pasang kuda- kuda untuk menerkam saya sebelum meninggalkan lokasi. Syukurnya dihalangi masyarakat di situ dan tidak sempat terjadi pemukulan," ungkap Faisal.

Faisal menyayangkan sikap Akhyar Nasution terhadap pihak Panwascam Medan ‎Deli. Dia mengatakan, pihaknya sudah bekerja sesuai undang-undang dan peraturan.

Sejauh ini, lanjut Faisal, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Medan untuk menindaklanjuti permasalahan ini. "Yang jelas pelanggaran prokesnya kita laporkan ke Bawaslu Kota. Sedangkan untuk menghalang-halangi tugas pengawas, kita masih akan berkoordinasi dengan Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) Pilkada Kota Medan," tutupnya.

Di lain pihak, Sekretaris Tim Pemenangan AMAN (Akhyar Nasution-Salman Alfarisi), Wasis Wiseso menilai, wajar jika Akhyar kesal kegiatannya ditegur Panwascam Medan Deli.

Menurut Wasis, teguran itu tidak pada tempatnya. Akibat teguran Panwas, terjadi keributan bahkan Akhyar nyaris memukul Ketua Panwascam Medan Deli, Faisal Haris.

"Itu acara keluarganya Pak Akhyar. Terus Panwasnya entah apa yang dibicarakan di situ seolah-olah ingin masuk memantau. Padahal itu acara keluarga," seru Wasis yang dikonfirmasi, Rabu (28/10/2020).

"Kalau sama keluarga sendiri, yang melanggar disitu apa? Di acara keluarga kalaupun ada kampanye kan itu di tempat sendiri. Tidak di tempat ibadah, enggak ranah Bawaslu," tambahnya.
Editor: Budi

T#g:AkhyarpksProtokol kesehatan
Berita Terkait
  • Senin, 26 Jul 2021 17:36

    DPRD Sumut Dalami Informasi Oknum Kepala Sekolah Langgar Permendikbud Nomor 6 tahun 2018

    Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hendro Susanto, berjanji akan segera mencari informasi resmi ke Dinas Pendidikan Provsu, terkait Oknum Kepala Se

  • Senin, 12 Jul 2021 20:52

    Rajudin Sagala: Kota Medan Welcome Atas Infestasi Dari Luar Tapi Taati Peraturannya

    Terkait ditutupnya pusat perbelanjaan Centre Point oleh Walikota Medan Bobby Nasution mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Wakil Ketua DPRD Medan, H Rajudin Sagala S.pd.I."Kit

  • Jumat, 09 Jul 2021 21:19

    Anggota DPRDSU Hendro Susanto Serap Aspirasi Masyarakat Lewat Reses di Binjai

    Disela sela kesibukannya menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sumatera Utara, legislator dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hendro Susanto, tetap menyempatkan dirinya untuk

  • Jumat, 09 Jul 2021 20:39

    Sambil Layani Warga, Petugas Kesehatan TMMD Sosialisasi Prokes

    Di masa pandemi covid-19 masyarakat harus terus diingatkan tentang bahaya wabah tersebut agar selalu waspada dan menjaga diri jangan sampai terpapar.Untuk itu di sela-sela pelaksanaan tugas berbagai s

  • Jumat, 09 Jul 2021 18:49

    PKS Sesalkan Pemko Binjai Tiadakan Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka

    Menyikapi kebijakan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai yang menegaskan bahwa pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 Hijriyah ditiadakan di Lapangan Merdeka Binjai, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Binjai menyes

  • Rabu, 09 Jun 2021 17:49

    Ketua DPD PKS Kota Binjai Sambut Baik Keputusan Pembatalan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2021

    Pemerintah Indonesia akhirnya secara resmi tidak akan memberangkatkan ibadah Haji 1442 H/2021 M. Pembatalan ini disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.Dalam konferensi pers di ged

  • Selasa, 25 Mei 2021 07:04

    Camat Binjai Barat Sosialisasi Protokol Kesehatan Cegah Covid-19 di Pasar Sore

    Berbagai cara terus dilakukan Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, termasuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), lockdown, social distancing, hingga physical distancing di era new normal.

  • Jumat, 02 Apr 2021 20:42

    DPD PKS Binjai Sayangkan Pertamina Naikkan BBM Non Subsidi Atas Dasar Pergub Sumut

    Terhitung sejak Kamis (1/4) kemarin, PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian terhadap harga bahan bakar minyak (BBM) di Provinsi Sumatera Utara. Namun, harga BBM di daerah atau Provinsi lainnya t

  • Jumat, 02 Apr 2021 07:02

    Pangkogabwilhan I Hadiri Launching Penegakan Prokes di Tempat Umum dan Pelabuhan

    Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. bersama Gubernur Kepri dan para Pejabat FKPD Provinsi Kepri menghadiri launching Protokol Kesehatan di tempat-tempat umum dan pelabuhan

  • Kamis, 11 Feb 2021 20:31

    Gubernur Edy Rahmayadi Lantik Akhyar Nasution Jadi Walikota Medan

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Akhyar Nasution sebagai Walikota Medan definitif sisa masa jabatan 2016-2021, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (11/2). Sebelumnya, Akhyar menja

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak