Sabtu, 05 Des 2020 09:35
KPU
KPU Binjai
  • Home
  • Pemilukada
  • Diduga Tak Terima Ditegur, Akhyar Nasution Nyaris Memukul Ketua Panwascam Medan Deli

Diduga Tak Terima Ditegur, Akhyar Nasution Nyaris Memukul Ketua Panwascam Medan Deli

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Rabu, 28 Okt 2020 20:28
Istimewa
Calon Walikota Medan, Akhyar Nasution diduga nyaris memukul Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Deli, Faisal Haris. Kejadian ini diduga berawal ketika Panwascam Medan Deli memberi surat teguran tertulis kepada Akhyar Nasution, Selasa (27/10/2020).

Surat teguran tersebut diberikan karena acara pasangan calon nomor urut 1 itu tidak dilaporkan kepada Bawaslu.

Selain itu, Panwas juga mendapati terjadinya pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan tersebut di Jalan Alumunium I, Kel Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli.

Saat dikonfirmasi wartawan, Ketua Panwascam Medan Deli, Faisal Haris menjelaskan, mulanya Pengawas Kelurahan Tanjung Mulia melakukan pengawasan kegiatan kampanye Akhyar bersama Paguyuban Pejuang Keluarga Legiman.


"Saat itu, Panwas kelurahan kita melakukan pengawasan dan melihat jumlah yang hadir lebih dari 50 orang. Tidak mengatur jarak sesuai dengan peraturan dan ketentuan. Makanya, kita memberikan teguran secara lisan sebanyak tiga kali. Namun, tidak diindahkan," ungkap Faisal kepada wartawan, Rabu (28/10/2020).

Menurut Faisal, sesuai dengan Undang- undang Nomor 7 tahun 2017, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 tahun 2020 dan Peraturan Bawaslu nomor 4 tahun 2020, pihaknya berhak mengeluarkan surat peringatan kepada pihak penyelenggara kegiatan tersebut. Apalagi, kegiatan tersebut tidak dibarengi pemberitahuan kepada Bawaslu dan kepolisian.


"Kemudian, Panwas kelurahan berkoordinasi dengan Panwas Kecamatan Medan Deli untuk melakukan teguran secara tertulis kepada panitia acara," tutur Faisal sembari menegaskan kegiatan Akhyar itu merupakan aktivitas kampanye lantaran ada penyampaian visi dan misi.

Namun, pihak penyelenggara kegiatan menolak menerima surat teguran resmi Panwascam Medan Deli.

"Saya turun langsung ke lokasi kegiatan. Kita menjelaskan tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dalam kegiatan kampanye. Mereka tidak terima. Alasannya, kegiatan tersebut bukan kampanye, tapi arisan keluarga pejuang Legiman. Saat itulah terjadi adu mulut (antara panitia dengan petugas yang diturunkan Panwascam Medan Deli)," jelas Faisal.

Kemudian, Faisal mengungkapkan, panwas kelurahan sempat ditarik keluar dari lokasi tersebut oleh pihak penyelanggara. 

Saat terjadi keributan, Faisal mengungkapkan tiba-tiba Akhyar Nasution datang dan nyaris ‎memukul dirinya. Namun, hal itu langsung dilerai oleh masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

"Saat itu, Panwas Kelurahan dan Panwascam sempat ribut dengan panitia. Tiba-tiba muncul Paslon No Urut 1, Akhyar Nasution, mendatangi dan diduga nyaris memukul saya. Dia pasang kuda- kuda untuk menerkam saya sebelum meninggalkan lokasi. Syukurnya dihalangi masyarakat di situ dan tidak sempat terjadi pemukulan," ungkap Faisal.

Faisal menyayangkan sikap Akhyar Nasution terhadap pihak Panwascam Medan ‎Deli. Dia mengatakan, pihaknya sudah bekerja sesuai undang-undang dan peraturan.

Sejauh ini, lanjut Faisal, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Medan untuk menindaklanjuti permasalahan ini. "Yang jelas pelanggaran prokesnya kita laporkan ke Bawaslu Kota. Sedangkan untuk menghalang-halangi tugas pengawas, kita masih akan berkoordinasi dengan Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) Pilkada Kota Medan," tutupnya.

Di lain pihak, Sekretaris Tim Pemenangan AMAN (Akhyar Nasution-Salman Alfarisi), Wasis Wiseso menilai, wajar jika Akhyar kesal kegiatannya ditegur Panwascam Medan Deli.

Menurut Wasis, teguran itu tidak pada tempatnya. Akibat teguran Panwas, terjadi keributan bahkan Akhyar nyaris memukul Ketua Panwascam Medan Deli, Faisal Haris.

"Itu acara keluarganya Pak Akhyar. Terus Panwasnya entah apa yang dibicarakan di situ seolah-olah ingin masuk memantau. Padahal itu acara keluarga," seru Wasis yang dikonfirmasi, Rabu (28/10/2020).

"Kalau sama keluarga sendiri, yang melanggar disitu apa? Di acara keluarga kalaupun ada kampanye kan itu di tempat sendiri. Tidak di tempat ibadah, enggak ranah Bawaslu," tambahnya.
Editor: Budi

T#g:AkhyarpksProtokol kesehatan
Berita Terkait
  • Sabtu, 05 Des 2020 06:35

    Ustad Usman Jakfar dan Jajaran PKS Binjai turun langsung ke lokasi banjir bantu masyarakat

    Bencana banjir yang melanda beberapa kecamatan di Kota Binjai, Jumat (4/12) mengundang simpati dan reaksi kemanusiaan dari berbagai kalangan, termasuk Partai Politik (Parpol).Adalah, Partai Keadilan S

  • Senin, 30 Nov 2020 02:30

    Kerumunan Rizieq Shihab Timbulkan Klaster Baru Corona Perlu Ditindak Tegas

    Rizieq Shihab membuat ulah dengan sengaja mengundang 10.000 orang dalam pesta pernikahan putrinya, dengan alasan sekalian memperingati maulid. Ia juga masih sempat mengisi acara di Bogor dan tempat la

  • Minggu, 22 Nov 2020 12:22

    PKS Binjai Flash Mob Di Tengah Hujan Gerimis, Usman Jakfar: Ini Bentuk Kampanye Kami

    Sedikitnya 300 pengurus, kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Binjai, melakukan "Flash Mob" berbagi bahan kampanye RAHMAN (Bang Rahmat Sorialam Harapah SH MH dan Ustadz Dr H Usman

  • Minggu, 22 Nov 2020 06:52

    Prajurit TNI Yon Arhanud 11/WBY sosialisasikan Prokes ke sejumlah tempat keramaian di Binjai

    Beberapa Fasilitas Umum atau tempat tempat keramaian di Kota Binjai, seperti Terminal Bus dan Stasiun Kereta Api, serta tempat ibadah seperti Mesjid dan Gereja, juga merupakan tujuan Prajurit TNI AD d

  • Minggu, 22 Nov 2020 02:22

    Polisi Harus Selidiki Dugaan Pidana Kerumunan Massa Habib Rizieq

    Kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia ternyata menimbulkan segudang masalah. Selain tidak patuh untuk melaksanakan karantina diri, Habib Rizieq justru mengundang banyak orang untuk hadir dalam berbagai

  • Sabtu, 21 Nov 2020 20:11

    250 Prajurit TNI Yon Arhanud 11/WBY gelar Operasi Kedisiplinan Protokol Kesehatan di Binjai

    Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Batalyon Arhanud 11/WBY, menggelar Operasi kedisiplinan Protokol Kesehatan.Kegiatan yang diikuti oleh 250 Prajurit TNI Yon Ar

  • Sabtu, 21 Nov 2020 11:21

    Bawaslu Ajukan Berkas Dugaan Pelanggaran Kampanye Salman ke Polrestabes Medan

    Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan sedang mengajukan surat dugaan pelanggaran kampanye Calon Wakil Wali Kota Medan Nomor Urut 01, Salman Alfarisi, saat menghadiri acara di Masjid Al-Irma pada

  • Rabu, 18 Nov 2020 21:58

    AKBP Robin Simatupang: ASN, TNI-Polri Harus Menjadi Contoh Masyarakat

    ASN, TNI-Polri harus menjadi contoh masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Para Pejabat harus berani menindak anggotanya yang melanggar Protokol Kesehatan.Demikian dikatakan Kapolres Serdang B

  • Selasa, 17 Nov 2020 20:17

    Gugus Tugas Covid 19 Jember, Gelar Operasi Yustisi Pendisiplinan Masyarakat Kawasan Kota

    Ruas jalan raya PB Sudirman Jember menjadi sasaran Operasi Yustisi Skala Besar oleh Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember, pada Senin (16/11/2020).Pada kegiatan tersebut, seluruh unsur yang tergabung

  • Senin, 16 Nov 2020 23:36

    Menangkan Paslon Rahman, Hendra Susanto Pimpin Apel Siaga Kader PKS Kota Binjai

    Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Binjai, mengelar Apel Siaga Kader yang dipusatkan di Jalan Kemuning, Kelurahan Jati Makmur, Kecamatan Binjai Utara. Kegiatan tersebut dil

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak