Sabtu, 06 Mar 2021 15:09
  • Home
  • Pemilukada
  • Diduga Tak Terima Ditegur, Akhyar Nasution Nyaris Memukul Ketua Panwascam Medan Deli

Diduga Tak Terima Ditegur, Akhyar Nasution Nyaris Memukul Ketua Panwascam Medan Deli

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Rabu, 28 Okt 2020 20:28
Istimewa
Calon Walikota Medan, Akhyar Nasution diduga nyaris memukul Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Deli, Faisal Haris. Kejadian ini diduga berawal ketika Panwascam Medan Deli memberi surat teguran tertulis kepada Akhyar Nasution, Selasa (27/10/2020).

Surat teguran tersebut diberikan karena acara pasangan calon nomor urut 1 itu tidak dilaporkan kepada Bawaslu.

Selain itu, Panwas juga mendapati terjadinya pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan tersebut di Jalan Alumunium I, Kel Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli.

Saat dikonfirmasi wartawan, Ketua Panwascam Medan Deli, Faisal Haris menjelaskan, mulanya Pengawas Kelurahan Tanjung Mulia melakukan pengawasan kegiatan kampanye Akhyar bersama Paguyuban Pejuang Keluarga Legiman.


"Saat itu, Panwas kelurahan kita melakukan pengawasan dan melihat jumlah yang hadir lebih dari 50 orang. Tidak mengatur jarak sesuai dengan peraturan dan ketentuan. Makanya, kita memberikan teguran secara lisan sebanyak tiga kali. Namun, tidak diindahkan," ungkap Faisal kepada wartawan, Rabu (28/10/2020).

Menurut Faisal, sesuai dengan Undang- undang Nomor 7 tahun 2017, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 tahun 2020 dan Peraturan Bawaslu nomor 4 tahun 2020, pihaknya berhak mengeluarkan surat peringatan kepada pihak penyelenggara kegiatan tersebut. Apalagi, kegiatan tersebut tidak dibarengi pemberitahuan kepada Bawaslu dan kepolisian.


"Kemudian, Panwas kelurahan berkoordinasi dengan Panwas Kecamatan Medan Deli untuk melakukan teguran secara tertulis kepada panitia acara," tutur Faisal sembari menegaskan kegiatan Akhyar itu merupakan aktivitas kampanye lantaran ada penyampaian visi dan misi.

Namun, pihak penyelenggara kegiatan menolak menerima surat teguran resmi Panwascam Medan Deli.

"Saya turun langsung ke lokasi kegiatan. Kita menjelaskan tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dalam kegiatan kampanye. Mereka tidak terima. Alasannya, kegiatan tersebut bukan kampanye, tapi arisan keluarga pejuang Legiman. Saat itulah terjadi adu mulut (antara panitia dengan petugas yang diturunkan Panwascam Medan Deli)," jelas Faisal.

Kemudian, Faisal mengungkapkan, panwas kelurahan sempat ditarik keluar dari lokasi tersebut oleh pihak penyelanggara. 

Saat terjadi keributan, Faisal mengungkapkan tiba-tiba Akhyar Nasution datang dan nyaris ‎memukul dirinya. Namun, hal itu langsung dilerai oleh masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

"Saat itu, Panwas Kelurahan dan Panwascam sempat ribut dengan panitia. Tiba-tiba muncul Paslon No Urut 1, Akhyar Nasution, mendatangi dan diduga nyaris memukul saya. Dia pasang kuda- kuda untuk menerkam saya sebelum meninggalkan lokasi. Syukurnya dihalangi masyarakat di situ dan tidak sempat terjadi pemukulan," ungkap Faisal.

Faisal menyayangkan sikap Akhyar Nasution terhadap pihak Panwascam Medan ‎Deli. Dia mengatakan, pihaknya sudah bekerja sesuai undang-undang dan peraturan.

Sejauh ini, lanjut Faisal, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Medan untuk menindaklanjuti permasalahan ini. "Yang jelas pelanggaran prokesnya kita laporkan ke Bawaslu Kota. Sedangkan untuk menghalang-halangi tugas pengawas, kita masih akan berkoordinasi dengan Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) Pilkada Kota Medan," tutupnya.

Di lain pihak, Sekretaris Tim Pemenangan AMAN (Akhyar Nasution-Salman Alfarisi), Wasis Wiseso menilai, wajar jika Akhyar kesal kegiatannya ditegur Panwascam Medan Deli.

Menurut Wasis, teguran itu tidak pada tempatnya. Akibat teguran Panwas, terjadi keributan bahkan Akhyar nyaris memukul Ketua Panwascam Medan Deli, Faisal Haris.

"Itu acara keluarganya Pak Akhyar. Terus Panwasnya entah apa yang dibicarakan di situ seolah-olah ingin masuk memantau. Padahal itu acara keluarga," seru Wasis yang dikonfirmasi, Rabu (28/10/2020).

"Kalau sama keluarga sendiri, yang melanggar disitu apa? Di acara keluarga kalaupun ada kampanye kan itu di tempat sendiri. Tidak di tempat ibadah, enggak ranah Bawaslu," tambahnya.
Editor: Budi

T#g:AkhyarpksProtokol kesehatan
Berita Terkait
  • Kamis, 11 Feb 2021 20:31

    Gubernur Edy Rahmayadi Lantik Akhyar Nasution Jadi Walikota Medan

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Akhyar Nasution sebagai Walikota Medan definitif sisa masa jabatan 2016-2021, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (11/2). Sebelumnya, Akhyar menja

  • Minggu, 07 Feb 2021 14:47

    Kapolsek Kembali Laksanakan Ops Yustisi di Kecamatan Medan Area

    Kapolsek Medan Area Kompol Faidir Chaniago SH MH bersama Koramil 03 Medan Area, Koramil 04 Medan Kota, Satpol PP, Dishub Kota Medan, 3 pilar dan instansi terkait melaksanakan Ops Yustisi terhadap pela

  • Sabtu, 06 Feb 2021 05:06

    Cara Unik Koramil 0824/07 Laksanakan Sosialisasi Protkes

    Dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid 19 di wilayah Kab. Jember dan khususnya Kecamatan Silo, Anggota Koramil 0824/07 Silo melakukan sosialisasi (Woro Woro) Protokol Kesehatan (Protkes) di Pasa

  • Selasa, 02 Feb 2021 20:02

    Cegah Penyebaran Covid-19, Kodim Puncak Jaya Gelar Operasi Yustisi Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan

    Sebagai upaya memutus penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Puncak Jaya, Kodim 1714/Puncak Jaya bersama Polres Puncak Jaya dan Satpol PP Kab. Puncak Jaya menggelar Operasi Yustisi Penegakan Disipli

  • Senin, 01 Feb 2021 08:11

    Jajaran Korem 174 Merauke Bagikan Ribuan Masker Gratis dan Sosialisasi Prokes Covid-19

    Bertempat di wilayah Kota Merauke dan sekitarnya, Korem 174/ATW Merauke menggelar aksi sosialisasi Protokol Kesehetan (Prokes) pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) terkait meningkatnya kasus

  • Minggu, 31 Jan 2021 17:11

    Panglima TNI dan Kapolri Pantau Prokes di Pasar Tanah Abang

    Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan pemantauan terkait penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) penanganan Covid-19 atau virus corona di Pasar Tan

  • Jumat, 22 Jan 2021 18:52

    Tak Mengindahkan Protokol Kesehatan, Polresta Deli Serdang Bersama Pemkab Bubarkan Acara Grand Opening Cafe

    Polresta Deli Serdang bersama Pemkab Deli Serdang membubarkan kerumunan massa yang menghadiri kegiatan Grand Opening AMT 99 Cafe dan Resto di Desa Empl. Kuala Namu Kec. Beringin Kab. Deli Serdang, Kam

  • Rabu, 20 Jan 2021 18:20

    Babinsa Koramil 04/LB Kodim 0209/LB Laksanakan Protokol Kesehatan

    Penegakan protokol kesehatan covid-19 senantiasa dilaksanakan Kodim 0209/LB beserta jajaran. Kali ini personel Babinsa Koramil 04/Labuhan Bilik melaksanakan kegiatan tersebut di pelabuhan Tanjung Sara

  • Senin, 18 Jan 2021 00:18

    Gubernur Sumut Minta Para Kepala Daerah Tetap Dorong Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

    Meski sudah mulai dilakukan vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut), Gubernur Edy Rahmayadi meminta para bupati/walikota se-Sumut tetap konsisten mendorong masyarakatnya untuk menerapkan protokol

  • Rabu, 30 Des 2020 08:40

    Protokol Kesehatan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Labuhanbatu Cukup Baik

    Pengiat Anti Korupsi Dewan Pimpinan Pusat LSM Corruption Indonesia Funtionary Observation Reign disingkat CIFOR menilai penerapan protokol kesehatan pada pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah Kabup

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak