Sabtu, 30 Mei 2020 03:38
  • Home
  • Opini
  • Visi Utama Jokowi Itu Bernama 'Indonesiasentris'

Visi Utama Jokowi Itu Bernama 'Indonesiasentris'

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Firhan Rahman (Netizen/Relawan Forum Pegiat Media Sosial Independen)
Jumat, 08 Nov 2019 14:18
Istimewa
Jokowi
Periode kedua pemerintahan Jokowi akan fokus pada salah satunya, pembangunan sumber daya manusia (SDM). Namun, bisa dipastikan, Jokowi tetap akan melanjutkan pembangunan infrastruktur hingga ke daerah-daerah. Meneruskan apa yang telah dilakukan pada periode pertama.

Indonesiasentris: Wujud Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Pembangunan ini merupakan implementasi dari nilai Pancasila guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pada Era Baru Pembangunan Nasional ini, paradigma tentang peningkatan insfrastruktur dinilai perlu untuk direvolusi. Jawasentris yang dianggap menimbulkan kesenjangan harus diubah dengan pelaksanaan pembangunan secara lebih merata. Maka dari itu konsep "Indonesiasentris" kemudian diangkat pada kepemimpinan Jokowi wajib disambut baik sebagai babak baru pembangunan nasional.

Awalnya konsep ini bertajuk Jawasentris, namun dalam perjalanannya, pembangunan insfrastruktur hanya terfokus di wilayah Jawa dan Jakarta saja. Sehingga pelaksanaan di sekitar pulau Jawa dianggap tidak begitu efektif.


Berdasarkan pengalaman tersebut, Presiden Jokowi akhirnya mengambil inisiatif untuk mengubah konsep ini menjadi lebih luas dan besar, yang kini populer dengan sebutan Indonesiasentris.

Dalam konsep ini pemerintah menargetkan pengembangan hingga 45.592 kilometer jalan nasional serta pembangunan 2.650 kilometer jalan baru selama 2014-2019. Sejumlah pihak menyebutkan bahwa pembanguan dengan konsep ini akan mampu menyeimbangkan kondisi infrastruktur di berbagai wilayah Indonesia sehingga mempunyai peningkatan yang sama.

Bahkan, Indonesiasentris ini juga turut mendukung pengembangan pusat-pusat pertumbuhan baru, khususnya di kawasan timur Indonesia, termasuk perbatasan negara di daerah terluar. Esensi mulia dari Indonesiasentris ialah mendorong terwujudnya kesejahteraan rakyat secara adil dan merata.Yang dapat mempercepat pembangunan di berbagai sektor, sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagai pelaksana pembangunan, telah dipilih tiga kementerian yaitu, Kemenhub, Kementerian Pekerjaan Umum, serta Kementerian Desa, PDT serta Transmigrasi atau Kemendes. Guna mendukung pembangunan ini, pemerintah telah menggelontorkan sejumlah dana yang cukup fantastis. Yang nantinya akan dialokasikan sesuai lembaga kementerian yang telah ditunjuk.


Pelaksanaan peningkatan insfrastruktur di Kota lain, salah satunya ialah pembangunan tol Manado-Bitung sepanjang 39 kilometer. Yang sekaligus merupakan bagian dari 1.000 kilometer jalan tol yang akan dikembangkan di seluruh Indonesia selama lima tahun mendatang. Dalam Perpres No. 3 tahun 2016 terdapat sekitar 225 proyek yang fokus pada pembangunan jalan tol, bandar udara, pelabuhan, jalan nasional, jaringan kereta api, perumahan, bendungan, insfrastruktur pariwisata, energi hingga ketenagalistrikan.

Lokasi pembangunanya-pun tak lagi didominasi di area pulau Jawa, tapi juga meluas ke daerah lainnya, seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan juga wilayah Papua. Untuk wilayah Papua sendiri, terobosan-terobosan untuk mendukung jalannya pembangunan satu persatu telah terealisasikan. Banyak infrastruktur yang sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Bumi Cendrawasih ini.

Salah satunya ialah peresmian jembatan Holtekamp sebagai penghubung wilayah Hamadi dengan kota lainnya. Manfaat nyata dari pembangunan jembatan ini selain meringkas jarak tempuh, juga menimbulkan potensi pertumbuhan ekonomi baru, seperti di sektor Pariwisata. Yang nantinya akan berdampak pada peningkatan perekonomian warga sekitar. Selain itu, pendistribusian beragam produk kebutuhan akan mudah diakses. Sebab, jalan pendukung juga telah banyak terbangun.

Tak hanya itu, sejumlah capaian di Tanah Papua termasuk penerapan harga BBM dengan satu harga juga dianggap berhasil. Menyusul peningkatan di sektor kesehatan dan juga pendidikan. Sehingga diharap, Papua akan mampu mengejar ketertinggalannya dari wilayah lain.

Berdasarkan bukti nyata ini mencerminkan komitmen serta keseriusan Presiden Jokowi dalam proses memajukan kesejahteraan Indonesia secara adil dan merata. Dan tidak menutup kemungkinan, capaian-capaiannya ini akan semakin cemerlang. 
Editor: Iman

T#g:Jokowi
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Sabtu, 23 Mei 2020 11:53

    Presiden Jokowi: Kita Mampu Lewati Ujian Ini

    Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1441 H. Jokowi menyadari Idul Fitri kali ini dirayakan dengan cara yang berbeda.Menurut Jokowi, Idul Fitri tahun ini dira

  • Senin, 18 Mei 2020 08:48

    Motor listrik bertanda tangan Presiden Jokowi laku Rp2.5 miliar

    Motor listrik buatan anak bangsa yang bertanda tangan Presiden Jokowi akhirnya laku Rp2.5 miliar dalam lelang di konser "Berbagi Kasih Bersama Bimbo", Minggu (17/5).

  • Kamis, 07 Mei 2020 15:27

    Pak Presiden Joko Widodo, Mohon Tegas Terhadap Wabah Covid-19

    Belum genap 1 bulan peraturan larangan mudik yang diterbitkan presiden, sudah langsung inkonsisten. Padahal awalnya peraturan itu sudah sangat tepat agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apala

  • Jumat, 27 Mar 2020 22:27

    Para Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Ibunda Presiden Jokowi

    Sejumlah pemimpin negara menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo atas wafatnya Sang Ibunda Hj. Sudjiatmi Notomihardjo pada 25 Maret 2020 yang lalu.

  • Rabu, 25 Mar 2020 17:55

    Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo Meninggal Dunia

    Kabar duka, Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, telah meninggal dunia, tutup usia pada umur 77 tahun.

  • Sabtu, 21 Mar 2020 01:21

    Selain 'Rapid Test' dan Infrastruktur Pendukung, Ini Langkah Pemerintah Hadapi Covid-19

    Pemerintah telah memutuskan melakukan desentralisasi Rapid Test dan mempersiapkan infrastruktur- infrastruktur pendukung yaitu rumah isolasi dan rumah sakit.

  • Kamis, 19 Mar 2020 19:19

    Hasil Tes, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Negatif Corona

    Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengumumkan hasil tes deteksi Virus Korona (Covid-19) di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Kamis (19/3), yang hasilnya menyatakan bahwa negatif Covid-19.

  • Senin, 16 Mar 2020 06:26

    Presiden: Saatnya Bekerja, Belajar, dan Beribadah dari Rumah

    Presiden Jokowi meminta seluruh rakyat Indonesia, agar tetap tenang, tidak panik, tetap produktif dengan meningkatkan kewaspadaan sehingga penyebaran COVID-19 ini bisa dihambat dan disetop.

  • Jumat, 13 Mar 2020 17:13

    Presiden RI Tinjau Sterilisasi Bandara Soekarno Hatta

    Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., mendampingi Presiden RI Ir. Joko Widodo saat meninjau proses sterilisasi di Bandara Internasional Soekarno- Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3/2020).

  • Minggu, 16 Feb 2020 18:46

    Dimana Lahan 150 Hektar untuk Pariwisata Danau Toba yang dijanjikan Bupati Samosir pada Jokowi?

    Kabupaten Samosir adalah kabupaten yang memiliki teritorial dikelilingi Danau Toba dengan tagline, Negeri Indah kepingan Surga.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak