Sabtu, 16 Okt 2021 10:13
  • Home
  • Olahraga
  • Ormas LMP Sambut Kedatangan Atlit Beladiri "Sambo" dari PON XX, Bawa 3 Medali Emas dan 1 Perak

Ormas LMP Sambut Kedatangan Atlit Beladiri "Sambo" dari PON XX, Bawa 3 Medali Emas dan 1 Perak

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Rabu, 13 Okt 2021 20:33
Istimewa
Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Organisasi Kemasyarakatan Laskar Merah Putih (LMP) Sumut dan Kota Binjai, menyambut kedatangan atlit Beladiri "Sambo" yang baru saja berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, tahun 2021, yang mewakili Provinsi Sumatera Utara. 

Penyambutan yang digelar di salah satu Cafe yang beralamat di Jalan Pangeran Diponegoro, Kecamatan Binjai Timur, Rabu (13/10) sore, dihadiri oleh seluruh atlit Sambo asal Sumut, Ketua dan Pengurus Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Sumut dan Kota Medan dan Binjai, Pengurus Markas Daerah LMP Sumut, serta Pengurus Markas Cabang Kota Binjai. 

Diakui Ketua Umum Persambi Sumut, Bripka Pol Jansa Putra Nainggolan, Tim Sambo yang tergabung dalam Persambi Sumut, hari ini kembali dari Exsibisi PON XX Papua 2021.

"Hari ini kami kembali dari PON XX Papua 2021 dengan hasil yang tidak mengecewakan, yaitu berhasil membawa 3 Medali Emas dan 1 Medali Perak," ungkap Jansa Putra Nainggolan. 

Adapun para atlit Sambo asal Sumut yang berhasil meraih medali menurutnya, atlit asal Medan yang berhasil meraih 2 Medali Emas, atlit asal Kabupaten Asahan 1 Medali Emas, serta atlit asal Tanah Karo meraih 1 Medali Perak. 

Namun dikarenakan masih Exsibisi, lanjut Jansa Putra, maka para atlit Sambo asal Sumut yang diberangkatkan pada PON XX Papua 2021, memakai biaya secara mandiri. 

"Beruntung Ketua Persambi Kota Medan Bapak Syaiful Bahri, berpartisipasi atas keberangkatan kami ke Papua," urai pria berpostur tinggi ini. 

Disinggung apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Persambi Sumut kepada para atlit Sambo yang berprestasi serta ikut mengharumkan Provinsi Sumut pada PON XX Papua ini, pria yang juga merupakan seorang Polisi ini menegaskan bahwa pihaknya akan terus membina para atlit atlit Sambo berbakat.

"Atas prestasi ini, anak anak ini akan kita ajukan ke KONI, selanjutnya akan kita asah terus kemampuannya untuk menghadapi PON XXI tahun 2024. Kebetulan Sumut menjadi tuan rumah," tegas Jansa Putra Nainggolan.

Disoal apakah para atlit Sambo asal Sumut yang dimaksud akan diberikan reward usai berlaga di PON XX Papua dan berhasil menggondol Medali, Ketua Persambi Sumut ini menjelaskan bahwa hal itu akan diserahkan ke pengurus daerah masing masing asal atlit.

"Untuk reward, akan kita usulkan ke daerah daerah masing masing. Sebab atlit ini telah mengharumkan nama Sumut, khususnya daerah asal," bebernya.

Di tempat yang sama, Ketua Markas Daerah LMP Sumut, Syaiful Bahri, memberikan apresiasi kepada para atlit dan Pengurus Persambi Sumut.

"Sambo menurut kami merupakan salah satu cabang olahraga yang saat ini sedang naik daun di Sumut secara khususnya, dan Indonesia secara umum," ujar Syamsul Bahri. 

Pria yang juga dipercaya menjabat sebagai Ketua Persambi Kota Medan ini juga menegaskan, saat ini, olahraga beladiri saat ini kerap di pertandingkan di berbagai event, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.

"Olahraga ini juga dipertandingkan di negara Asia dan Asean. Pada PON XXI Sumut yang akan digelar pada tahun 2024 nanti, olahraga ini juga akan kembali dipertandingkan, " kata Syaiful Bahri, sembari mengatakan bahwa olahraga ini sudah dipertandingkan di tingkat dunia.

Sebagai Ketua Markas Daerah LMP Sumut, sekaligus Ketua Persambi Kota Medan, Syaiful Bahri mengatakan, para atlit yang meraih Medali serta para pengurus Persambi, merupakan pejuang pejuang olahraga di Exsibisi PON XX Papua 2021.
 
"Pesan moral kami, kalaupun Pemerintah belum mau menyambut, maka kami dari salah satu Ormas di Sumut ini sangat menghormati para atlit dan pengurus yang telah berjuang dan mengharumkan nama Sumut," beber Syaiful Bahri. 

Diketahui, PON XX Papua 2021, Persambi Sumut mengirimkan 6 orang atletnya serta berhasil meraih 3 Medali Emas dan 1 Perak.

Adapun atlit Sambo yang meraih Medali Emas yaitu :

Willy Pratama (Putra)
Andry Irwansyah Silaen (Putra)
Azlina Ramadini (Putri)

Sedangkan peraih Medali Perak yaitu Ayu Wulandari (Putri).

Sambo merupakan seni bela diri modern yang dikembangkan di Uni Soviet, serta merupakan beladiri tanpa senjata. 
Editor: Herda

T#g:atletLMPPON XXSambo
Berita Terkait
  • Sabtu, 16 Okt 2021 06:16

    Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Terima Bendera Tuan Rumah PON 2024

    Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Hal itu ditandai dengan penyerahan bendera PON oleh Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman kepada Gub

  • Selasa, 12 Okt 2021 07:52

    Atlit Tinju Saroha Lumbantobing Masuk Final PON Papua, Manajer Tim Sabam Manalu Mohon Doa Warga Sumut

    Final cabang olahraga Tinju di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 akan dilangsungkan Rabu 13 Oktober 2021.Petinju asal Sumut Saroha Lumbantobing di kelas 69 kg lolos ke babak fina

  • Jumat, 08 Okt 2021 03:08

    Saksikan Lomba Layar, Pangdam XVII/ Cenderawasih Beri Dukungan Kepada Atlet Papua

    Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A menyaksikan secara langsung Cabang Olahraga Layar PON XX di Pantai Hamadi, Jayapura, Rabu (06/10/2021).Kajasdam XVII/Cenderawasih

  • Kamis, 07 Okt 2021 19:37

    Penuh Rasa Bangga, Kapoldasu Sambut Atlet Wushu Peraih 5 Emas PON 2021

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi, menyambut kedatangan Kontingen Atlet Wushu PON 2021 dari Papua di Mapolda Sumatera Utara, Kamis (7/10/2021).Sebagai bentuk penghormatan Kont

  • Rabu, 06 Okt 2021 03:06

    Yakinkan PON XX Papua Cluster Timika Aman, Danrem 174 Merauke Cek Pasukan Pengamanan

    Dalam kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Mimika,  Selasa (5/10/2021), Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko mengecek langsung kesiapan aparat keamanan dalam mengamankan pelaksanaan PON X

  • Minggu, 03 Okt 2021 19:23

    Pembukaan PON XX Sukses, Kodam XVII/Cenderawasih Turut Ambil Bagian Dalam Pengamanan

    PON XX yang secara resmi dibuka oleh Presiden RI Ir. H Joko Widodo pada tanggal 2 Oktober 2021 mengukir sejarah dan menjadi kebanggaan tidak hanya masyarakat Papua namun juga bagi masyarakat Indonesia

  • Minggu, 03 Okt 2021 18:43

    Terbang ke Papua, Irjen Panca Semangati Atlet Sumut Raih Juara PON 2021

    Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi, berangkat ke Papua menyaksikan langsung para atlet Sumatera Utara yang bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021.Setibanya di Pap

  • Minggu, 03 Okt 2021 07:23

    Panglima TNI Pastikan Pembukaan PON XX Papua Aman

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., mendampingi Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dalam Upacara pembukaan PON XX Papua yang diselenggarakan di Stadion Lukas Enembe, Sentani,

  • Sabtu, 02 Okt 2021 21:32

    Presiden Jokowi Buka PON XX, Pertama di Tanah Papua

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, Sabtu (02/10/2021) malam, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura."Dengan mengucap

  • Sabtu, 02 Okt 2021 20:22

    Panglima TNI Dampingi Presiden RI Resmikan Tujuh Arena PON XX Papua

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan tujuh arena pertandingan yang akan digunakan dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak