Kamis, 21 Jan 2021 12:41

Operasional perdana KNIA sukses!

DELI SERDANG (utamanews.com)
Kamis, 25 Jul 2013 23:01
Operasional perdana Kuala Namu International Airport pada Kamis (25/7/2013) berlangsung sukses. Meneg BUMN Dahlan Iskan yang mengikuti proses berakhirnya tugas Bandara Polonia dan operasional perdana Bandara Kuala Namu mengaku puas atas kelancaran proses operasional dua bandara ini.

Meski sempat khawatir atas kepindahan semua layanan penerbangan dalam dan luar negeri dari Bandara Polonia ke KNIA, namun Dahlan Iskan mengakui semua proses kepindahan dan layanan bisa dikatakan lancar dan sukses.

Dahlan yang menyaksikan detik-detik operasional KNIA didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menerangkan, dirinya sempat khawatir penerbangan perdana akan penuh kendala. Seperti penumpang terlambat, atau pesawat terlambat sehingga mengganggu seluruh penerbangan dalam dan luar negri.

Namun dari pantauan detik per detik, semua kekhawatiran itu berangsur-angsur hilang. Dalam konferensi persnya, Dahlan Iskan mengaku sangat puas karena tidak ada satupun penerbangan baik keberangkatan dan kedatangan yang terlambat.

Dalam operasional perdana KNIA turut hadir Dirut Angkasa Pura II Tri S Sunoko. Begitu tiba mereka langsung meninjau seluruh keadaan bandara, mulai penyerahan tiket masuk penumpang, system bagasi, ruang tunggu, stasiun kedatangan kereta api, kantin, hingga toilet dan mushola bandara.

Sesekali Dahlan berdialog dengan para penumpang tentang proses kepindahan bandara Polonia ke KNIA. Dari dialog itu, tergambar jelas para penumpang mengaku sangat kagum dengan kemegahan arsitektur dan kecanggihan fasilitas yang dimiliki KNIA.

"Karena baru pertama ada sedikit rasa canggung dan bingung, namun harus diakui saya kagum dengan kemegahan dan kecanggihan bandara KNIA. Ini bisa dibilang terbaik di Indonesia," kata seorang penumpang.

Dirut AP II Tri S Sunoko melaporkan penerbangan perdana dari KNIA dilakukan maskapai Garuda Indonesia GA 181 tujuan Jakarta. Pesawat jenis Boeing 737-800 itu lepas landas sekitar pukul 05.15 WIB. Lalu disusul pesawat tujuan Bandung, Padang dan Palembang.

"Semua sudah berangkat tepat waktu dan alhamdulillah tidak ada masalah besar," jelas Tri S Sunoko.

Dahlan kemudian tersenyum lebar dan memuji Sunoko yang telah menjawab segala kehawatirannya selama ini. “Hebat, betul betul hebat, semula saya khawatir terdapat masalah dalam penerbangan perdana ini, tapi nyatanya tidak, hebat, hebat”, kata Dahlan puas.

Dahlan juga memuji Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang pro aktif menyiapkan kepindahan bandara dari Polonia ke KNIA.

"Kelancaran ini karena persiapan yang matang dan tak lepas dari partisipasi Pempropsu yang sangat peduli menggiring proses pembangunan hingga terbang perdana hari ini," imbuh Dahlan.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang kesiapan bandara menghadapi lonjakan penumpang mudik lebaran, Dahlan menjelaskan berdasarkan data statistic penerbangan 5 tahun terakhir, lonjakan tersebut tidak terlalu tinggi sehingga ke depan KNIA tetap masih siap menyongsong lonjakan penumpang.

Terkait sejumlah fasilitas seperti penunjuk arah, penerangan jalan dan lain lain, Dahlan menerangkan sejumlah masalah pendukung akan diselesaikan bertahap dan segera mulai hari perdana operasional KNIA. “Kan yang paling penting kelancaran system penerbangannya. Nah, sekarang kan sudah lancar, maka berikutnya konsentrasi pihak bandara adalah pada faktor penunjang lainnya," jelasnya.

Wagubsu dalam keterangannya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada pemerintah pusat yang telah menyelesaikan pembangunan bandara kebanggaan Sumut itu.

"Kami warga Sumatera Utara sudah 19 tahun menantikan bandara ini, sejak tahun 1990 pembebasan lahan sudah dimulai dan Alhamdulillah hari ini sudah selesai dan hasilnya sangat memuaskan,”kata Tengku Erry.

Wagubsu berharap dengan beroperasinya bandara dengan nama resmi Kuala Namu International Airport (KNIA) ini, Sumut akan semakin bangkit dan tak lupa mengajak seluruh masyarakat untuk sama menjaga dan memelihara bandara kebanggaan Sumut dan Indonesia itu. Terkait akses dari dan ke bandara, Wagubsu menjelaskan bahwa sudah tersedia berbagai moda transport yang lengkap mulai dari bus, taksi dan kereta api yang sudah beroperasi.

Usai temu pers, Dahlan dan Wagubsu menunggu kedatangan perdana di lantai 2 bandara. Setibanya penumpang pertama, Dahlan dan wagubsu memberikan kalungan bunga serta souvenir sebagai rasa syukur dan terimakasihnya atas keselamatan seluruh penumpang yang datang. (Hrd-Utm)
T#g:KNIAKualanamu
Berita Terkait
  • Jumat, 21 Agu 2020 20:51

    Angkasa Pura II Rilis Alasan Traveler Makin Pede Naik Pesawat di Tengah Pandemi

    Penerbangan di Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II seperti Bandar Udara Soekarno-Hatta dan Bandar Udara Kualanamu Deliserdang perlahan kembali pulih di masa adaptasi kebiasaan baru, di mana optim

  • Rabu, 01 Jul 2020 06:01

    Sekdaprov Sabrina Tinjau dan Evaluasi Kesiapan Bandara Kualanamu

    Bandara Kualanamu sebagai pintu masuk dan keluar orang-orang ke Sumatera Utara (Sumut) tentunya memegang peranan penting dalam menghambat penyebaran Covid-19. Jika pintu gerbang sudah diamankan, maka

  • Selasa, 02 Jun 2020 13:02

    Penumpang pesawat di Kualanamu-Medan anjlok 78,70 persen

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penumpang angkutan udara domestik pada April 2020 sebanyak 838,1 ribu orang atau turun 81,70 persen dibanding Maret 2020.

  • Kamis, 14 Mei 2020 19:54

    Batik Air dari Soekarno-Hatta - Kualanamu hari ini bawa 87 penumpang

    Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menyampaikan keterangan resmi sehubungan operasional dan layanan penerbangan bahwa dijalankan dengan mengacu pada standar operasional prosedur.

  • Selasa, 17 Mar 2020 20:17

    Dampak Virus Corona, Kualanamu Sepi, Puluhan Penerbangan Dibatalkan

    Wabah virus corona mengakibatkan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Kualanamu Deliserdang menjadi sepi, bahkan puluhan jadwal penerbangan baik domestik maupun internasional terpaksa dibata

  • Minggu, 01 Mar 2020 09:01

    PT Angkasa Pura II Siapkan Diskon PSC 20% untuk 1 Juta Kursi Penumpang Pesawat

    PT Angkasa Pura II (Persero) memberikan insentif berupa diskon passenger service charge (PSC) sebesar 20% di seluruh bandara yang dikelola perseroan. Diskon PSC ini merupakan bagian dari program

  • Senin, 03 Feb 2020 14:53

    WN China Belum 'Dilarang Masuk' Lewat Kualanamu

    Kekhawatiran dunia atas ancaman virus Corona sudah direspon Pemerintah dengan melarang masuk, dengan menghentikan semua penerbangan dari Indonesia ke China mulai Rabu (5/2/2020) pukul 00.00 wib nanti.

  • Kamis, 10 Okt 2019 17:10

    Lion Air Group Tawarkan Tarif Promo Jelajahi Sumatera Utara

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW) dan Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini mengumumkan program harga fantastis dalam pameran biro perjalanan

  • Rabu, 21 Agu 2019 22:11

    PT. Ori Ginalnest Indonesia Terima Penghargaan Dari KPPBC Kualanamu

    Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Kualanamu, memberikan apresiasi kepada para pengusaha importir dan eksportir yang telah berkontribusi dengan baik dalam melaku

  • Minggu, 21 Apr 2019 13:11

    JT-303 Rute Medan Kualanamu ke Soekarno-Hatta Terlambat Akibat Ucapan "Bom"

    Seorang pria, MT, usia 50 tahun, menjadi penyebab terlambatnya penerbangan pesawat Lion Air JT-303 Rute Medan Kualanamu ke Soekarno-Hatta, Sabtu (20/4/2019).Informasi diperoleh dari Corporate Communic

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak